Letak Astronomis Benua Asia Beserta Pengaruh, Iklim & Batas Wilayahnya

Dunia-Pendidik.Com - Asia adalah salah satu nama benua di dunia. Benua Asia adalah benua terbesar di dunia menurut total luas wilayahnya, serta menjadi benua dengan jumlah warga terbanyak di dunia. Negara-negara di Asia juga dikenal mempunyai kebudayaan dan menjadi sumber kemajuan dunia.

Letak Astronomis Benua Asia Beserta Pengaruh, Iklim & Batas Wilayahnya

Secara geografis, letak geografis benua Asia ada salah satu benua Eropa, benua Afrika dan benua Australia. Faktanya daratan benua Asia menyambung dengan benua Eropa, yang tidak jarang disebut sebagai Eurasia. Asia dipisahkan menjadi sejumlah kawasan, yaitu Asia Barat, Asia Selatan, Asia Tengah, Asia Utara, Asia Timur, dan Asia Tenggara.

Total ada 51 nama negara di benua Asia dari semua area yang ada. Beberapa negara Asia yang familiar contohnya ialah Jepang, Korea Selatan, India, Arab Saudi, China, Iran, Qatar, Singapura, dan Indonesia. China dan India menjadi dua negara dengan populasi warga terbanyak di dunia, yaitu lebih dari 1 miliar jiwa penduduk.

Letak benua Asia memang paling strategis sebab menjadi jalur perniagaan dunia. Asia berbatasan dengan sejumlah wilayah perairan laksana Samudera Pasifik, Samudera Hindia, dan Samudera Arktik. Nah kali ini akan dibicarakan letak benua Asia secara astronomis beserta akibat dan pengaruhnya.

Letak Astronomis Benua Asia

Letak astronomis benua Asia terletak pada di 77°LU–26°LS dan 26°BT–169°BT. Penentuan letak astronomis didasarkan pada letak distrik pada garis bujur dan garis lintang.

Artinya distrik benua Asia terbentang dari titik 77 derajat lintang unsur utara sampai 26 derajat lintang selatan, serta dari 26 derajat bujur unsur timur sampai 169 derajat bujur timur.

Keseluruhan distrik benua Asia berada di distrik bumi unsur timur, tetapi secara vertikal benua Asia berada di distrik bumi bagian unsur utara dan unsur selatan, sampai-sampai wilayahnya menghampar dari lintang unsur utara (LU) hingga lintang unsur selatan (LS).

Pengaruh Letak Astronomis Benua Asia

Terdapat sejumlah pengaruh berhubungan letak benua Asia secara astronomis yang disaksikan dari posisi garis lintang dan garis bujur. Berikut merupakan akibat dan pengaruh letak astronomis benua Asia beserta penjelasannya.

Iklim

Iklim di benua Asia paling bervariasi pada tiap-tiap kawasannya. Berikut merupakan sejumlah iklim yang terdapat di benua Asia.
  • Iklim tropis, mencakup sebagian besar Asia Tenggara (ASEAN) dan unsur barat India.
  • Iklim sub-tropis basah, mencakup sebagian besar Asia Timur.
  • Iklim tropis basah, mencakup wilayah Asia Selatan.
  • Iklim sedang, mencakup sebagian kecil Asia Timur dan beberapa kecil Asia Tenggara.
  • Iklim kutub, mencakup wilayah Siberia Utara dan Asia Utara.
  • Iklim gurun, mencakup daerah-daerah gurun laksana Mongolia, Tibet, beberapa China, dan negara-negara Timur Tengah.

Curah Hujan

Curah hujan di benua Asia pun sangat bervariasi. Curah hujan tinggi bisa dijumpai di negara-negara Asia Tenggara dan Asia Timur. Sedangkan curah hujan rendah terdapat pada negara-negara di area Asia Barat atau beberapa Asia Tengah.

Ekonomi

Perekonomian warga di benua Asia mayoritas ada pada bidang agraris dan pertambangan. Hal tersebut diprovokasi faktor iklim dan cuaca. Beberapa negara saja yang telah mempunyai sektor industri yang maju, laksana Jepang, Korea Selatan, dan Singapura.

Pembagian Waktu
Salah satu dampak letak astronomis ialah adanya pembagian waktu. Di Asia, pembagian waktu dipecah menjadi sebagai berikut:
  • GMT+2, mencakup Israel, Yordania, Suriah, Palestina, Lebanon.
  • GMT+3, mencakup Bahrain, Irak, Kuwait, Qatar, Yaman, Arab Saudi.
  • GMT+3.30, mencakup Iran.
  • GMT+4, mencakup Oman, Uni Emirat Arab.
  • GMT+4.30, mencakup Afghanistan.
  • GMT+5, mencakup Kirgisztan, Pakistan, Maladewa, Tajikistan, Uzbekistan, Turkmenistan, Kazakhstan Barat.
  • GMT+5.30, mencakup India, Sri Lanka.
  • GMT+5.45, mencakup Nepal.
  • GMT+6, mencakup Bangladesh, Bhutan, Kazakhstan Timur.
  • GMT+6.30, mencakup Myanmar
  • GMT+7, mencakup Indonesia Barat, Thailand, Vietnam, Laos, Kamboja, beberapa kecil Mongolia.
  • GMT+8, mencakup Indonesia Tengah, Malaysia, China, Brunei, Filipina, Singapura, mayoritas Mongolia, Hong Kong, Makau, Taiwan.
  • GMT+9, mencakup Indonesia Timur, Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, Timor Leste.

Batas Wilayah Benua Asia Secara Astronomis

Secara astronomis distrik benua Asia pun mempunyai batas-batas distrik di sekitarnya. Batas astronomis ini sebetulnya tidak bertolak belakang dengan batas distrik secara geografis, sebab pada dasarnya menyaksikan wilayah yang berbatasan dengan Asia.

Sebelah Utara

Di sebelah utara, distrik benua Asia berbatasan dengan perairan Samudera Arktik dan Selat Bering.

Sebelah Timur

Di sebelah timur, distrik benua Asia berbatasan dengan perairan Samudera Pasifik.

Sebelah Selatan

Di sebelah selatan, distrik benua Asia berbatasan dengan perairan Samudera Hindia. Asia pun berbatasan dengan benua Australia di unsur selatan.

Sebelah Barat

Di sebelah barat, distrik benua Asia berbatasan dengan Laut Tengah dan Laut Merah. Asia pun berbatasan langsung dengan benua Eropa di unsur barat.

Nah itulah referensi letak astronomis benua Asia beserta pengaruh dan batas-batas wilayahnya. Semoga dapat menambah referensi dan pengetahuan mengenai geografi dunia.

Belum ada Komentar untuk "Letak Astronomis Benua Asia Beserta Pengaruh, Iklim & Batas Wilayahnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel