Letak Geografis Benua Australia Beserta Kondisi dan Pengaruhnya

Dunia-Pendidik.Com - Benua Australia adalah salah satu nama benua yang terletak di Bumi belahan unsur timur dan selatan. Australia menjadi benua terkecil di dunia menurut luas wilayahnya. Letak benua Australia paling dekat dengan Indonesia, bahkan sebagian distrik Indonesia bagian unsur timur masuk dalam distrik benua Australia.

Letak Geografis Benua Australia Beserta Kondisi dan Pengaruhnya

Benua Australia sering diserupakan dengan area Oceania, meski dua-duanya berbeda. Hanya terdapat 3 negara di benua Australia yaitu Australia, Papua Nugini, dan beberapa Indonesia. Sedangkan area Oceania merangkum wilayah yang lebih luas, tergolong negara-negara mikro dan kepualauan yang terdapat di Samudera Pasifik.

Benua Australia juga tidak melulu terdiri dari dataran utama Australia saja, tapi pun mencakup distrik pulau Papua atau New Guinea. Letak astronomis benua Australia ialah 113°BT – 153°BT dan antara 10°LS – 43°LS. Lantas bagaimanakah letak geografis benua Australia ditinjau dari aspek geografisnya?

Letak Geografis Benua Australia

Berikut adalah penjelasan tentang letak benua Australia secara geografis beserta kondisi, pengaruh dan batas distrik benua Australia selengkapnya.

1. Letak Benua Amerika Secara Geografis

Benua Australia seluruhnya terletak di belahan bumi unsur barat dan unsur selatan. Letak geografis benua Australia dijepit oleh dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Samudera Hindia terdapat di sebelah barat dan selatan, sementara Samudera Pasifik terdapat di sebelah baratnya.

Benua Australia terletak di sebelah unsur selatan negara Indonesia. Wilayah benua Australia tidak termasuk area Oceania, sebab keduanya adalahterminologi yang berbeda. Wilayah benua Australia menjangkau dataran utama negara Australia serta Papua Nugini dan sebagai distrik Indonesia.

2. Kondisi Geografis Benua Australia

Benua Australia adalah benua terkecil di dunia menurut luas wilayahnya. Total lokasi benua Australia ialah 8,6 juta km persegi saja. Wilayah benua Australia terdiri dari dataran utama Australia, pulau Tasmania, dan pulau Papua yang terdiri dari negara Papua Nugini dan Indonesia unsur timur.

Australia pun menjadi benua dengan populasi penduduk sangat sedikit kedua, sesudah benua Antartika (yang memang tidak dihuni secara tetap). Pada distrik pulau Papua atau Irian, masih tidak sedikit dijumpai warga yang bermukim di wilayah hutan atau suku-suku yang masih belum terjamah.

Hal ini bertolak belakang dengan dataran utama Australia yang telah maju. Di bagian unsur timur dataran utama Australia tidak sedikit ditemui pegunungan yang membentang. Di unsur barat tidak sedikit ditemui dataran tinggi dan sejumlah gurun pasir. Di samping itu tidak sedikit ditemui pun lembah yang dialiri aliran sungai, baik di unsur barat atau unsur timur negara Australia.

3. Batas Wilayah Benua Australia
Benua Australia mempunyai batas batas di sekian banyak  penjuru (utara, barat, timur, selatan). Batas-batas Australia ini mencakup batas daratan benua Amerika dan batas laut benua Amerika. Inilah batas distrik benua Australia selengkapnya.
  •     Batas distrik benua Australia unsur Utara : Benua Asia
  •     Batas distrik benua Australia unsur Timur : Samudera Pasifik
  •     Batas distrik benua Australia unsur Selatan : Samudera Hindia
  •     Batas distrik benua Australia unsur Barat : Samudera Hindia

4. Pengaruh Letak Benua Australia

Letak geografis benua Australia pasti memberikan tidak sedikit pengaruh untuk negara-negara di benua tersebut. Berikut merupakan sejumlah dampak letak geografis pada benua Australia.
  • Benua Australia mempunyai dua iklim yaitu iklim tropis dan iklim sedang.
  • Terdapat tidak sedikit kawasan subur guna pertanian dan peternakan di benua Australia.
  • Posisinya lumayan strategis sebab terhubung dengan benua Asia dan area Oceania sampai-sampai menjadi jalur perdagangan.
  • Terdapat tidak sedikit kekayaan tambang di Australia yang urgen untuk sektor industri.

Nah itulah referensi letak benua Australia secara geografis beserta situasi geografis, batas-batas, luas wilayah, dan pengaruhnya. Semoga dapat menambah referensi dan wawasan tentang letak geografis.                       

Belum ada Komentar untuk "Letak Geografis Benua Australia Beserta Kondisi dan Pengaruhnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel