Pengertian Norma | Definisi, Fungsi, Macam-Macam, dan Ciri-Cirinya

Dunia-Pendidik.Com - Norma ialah sebuah aturan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat sampai-sampai mengandung perintah atau larangan. Aturan ini bertujuan untuk menjangkau kehidupan masyarakat yang aman, tertib dan damai. Fungsi norma sangat urgen untuk menata tatanan sosial dalam lingkungan masyarakat.

Pengertian Norma | Definisi, Fungsi, Macam-Macam, dan Ciri-Cirinya

Pengertian norma dapat juga ditafsirkan sebagai sebuah tatanan dan pedoman perilaku yang dibuat manusia sebagai makhluk sosial guna dapat menggelar kehidupan bersama-sama dalam suatu kumpulan masyarakat.

Norma adalah suatu tuntunan atau pun patokan perilaku yang benar dan pantas dilaksanakan saat berinteraksi sosial dalam sebuah masyarakat. Mudahnya, norma ialah sekumpulan aturan informal yang menata interaksi manusia.

Dalam sosiologi, norma ialah aturan tidak tertulis yang menata perilaku pribadi di dalam kehidupan sosial dan telah memprovokasi bagaimana seseorang berperilaku.

Pengertian Norma Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan Secara Umum

Pengertian Norma

Berikut akan dibicarakan kumpulan pengertian dan definisi norma secara umum, menurut keterangan dari etimologi, menurut keterangan dari KBBI, dan menurut keterangan dari pendapat semua ahli.

Pengertian Norma Secara Umum

Pengertian norma secara umum ialah kaidah, ketentuan, aturan, kriteria, atau kriteria yang berisi nilai tertentu yang mesti dipatuhi masyarakat dalam berbuat, bertingkah laku dan berinteraksi antar insan sehingga terbentuk masyarakat yang tertib, tertata dan aman.

Norma juga dapat didefinisikan sebagai pedoman, peraturan dan acuan yang menjadi keharusan untuk para anggota masyarakat dan segala objek yang menjadi kepunyaan masyarakat itu untuk mengekor dan mematuhi serta mengakui dan sekaligus memberi sanksi untuk yang tidak mengikuti, mematuhi dan mengakui pedoman tersebut.

Definisi Norma Secara Etimologi

Dalam Kamus Hukum Umum, kata norma atau norm diserahkan pengertian sebagai kaidah yang menjadi petunjuk, pedoman untuk seseorang untuk melakukan atau tidak berbuat, dan bertingkah laku dalam lingkungan masyarakatnya, contohnya norma kesopanan, norma agama, dan norma hukum.

Arti Norma Berdasarkan keterangan dari KBBI

Pengertian norma menurut keterangan dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah sebagai berikut,
1. Aturan atau peraturan yang mengikat warga kumpulan di masyarakat, digunakan sebagai panduan, tatanan, dan kendalian tingkah laku, yang cocok dan berterima.

2. Aturan, ukuran, atau kaidah yang digunakan sebagai tolok ukur guna menilai atau memperbandingkan sesuatu.
  • agama – aturan yang mengatur tindakan insan dalam pergaulan dengan sesamanya yang bersumber pada doktrin agamanya;
  • sosial – aturan yang mengatur tindakan insan dalam pergaulan dengan sesamanya;
  • susila – aturan yang mengatur tindakan insan dalam pergaulan sosial sehari-hari, laksana pergaulan antara lelaki dan wanita

Pengertian Norma Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Selain definisi secara umum, para berpengalaman dan pakar mempunyai pandangan dan pendapat yang berbeda-beda dalam mendefinisikan apa yang dimaksud dengan norma. Berikut ini sejumlah pengertian norma menurut keterangan dari para berpengalaman selengkapnya.

Berdasarkan keterangan dari J. Macionis

Pengertian norma menurut keterangan dari J. Macionis ialah suatu aturan dan kelompok harapan masyarakat supaya dapat beri panduan tindakan atau perilaku semua anggotanya.

Berdasarkan keterangan dari A. Nurdiaman

Definisi norma menurut keterangan dari A. Nurdiaman ialah sebuah format tatanan atau rangkaian hidup yang berisi mengenai aturan-aturan dalam bergaul di tengah masyarakat.

Berdasarkan keterangan dari Hans Kelsen

Pengertian norma menurut keterangan dari pendapat Hans Kelsen adalahsebuah perintah yang secara tidak personal serta anonim.

Berdasarkan keterangan dari Aulia, Tia Oktaviani Sumarna, dan Arya Hadi Dharmawan

Berdasarkan keterangan dari mereka, pengertian norma ialah sebuah standar-standar tingkah laku yang ada di dalam suatu masyarakat.

Berdasarkan keterangan dari Achmad D. Marimba

Norma ialah yang berlaku secara alamiah dalam sebuah masyarakat, dapat berubah menurut keterangan dari kesepakatan dan persetujuan dari sebuah masyarakat pada dimensi ruang dan masa-masa tertentu.

Berdasarkan keterangan dari Isworo Hadi Wiyono

Pengertian norma ialah peraturan atau tuntunan hidup guna menyerahkan panduan dalam beraksi yang mana tersebut boleh untuk dilaksanakan serta perbuatan atau tindakan yang mana mesti dihindari bahkan dilarang.

Berdasarkan keterangan dari Antony Gidden

Arti norma adalahaturan atau prinsip yang konkret yang mana seharusnya bisa untuk dipertahankan serta diacuhkan oleh masyarakat.

Berdasarkan keterangan dari Ariefa Efianingrum
Pengertian norma ialah suatu aturan atau patokan (baik tertulis atau tidak tertulis) yang mempunyai faedah sebagai pedoman beraksi atau pun sebagai tolok ukur benar atau salahnya sebuah perbuatan.

Berdasarkan keterangan dari Hamid Syahrul Aminuddin
Pengertian norma adalah suatu pola perilaku yang diterima pada suatu lingkungan sosial tertentu.

Berdasarkan keterangan dari Ferdy Roring
Arti norma menurut keterangan dari Ferdy Roring ialah sebuah konvensi sosial yang menata suatu kehidupan manusia.

Berdasarkan keterangan dari Bellebaum

Norma adalah alat supaya dapat menata orang-orang supaya melakukan tindakan yang ditaruh atas dasar kepercayaan serta pada sejumlah sikap tertentu.

Berdasarkan keterangan dari Richard T. Schaefer & Robert P. Lamm
Arti norma didefinisikan sebagai suatu standar perilaku yang telah mapan dan dipelihara oleh masyarakat.

Berdasarkan keterangan dari Craig Calhoun

Norma ialah pedoman atau aturan yang menyatakan tentang bagaimana seseorang supaya beraksi dalam situasi-situasi tertentu.

Berdasarkan keterangan dari Broom & Selznic

Norma merupakan rancangan yang telah ideal tentang perilaku insan yang mana menyerahkan batasan guna anggota-anggota masyarakat untuk mendapatkan destinasi hidupnya.

Berdasarkan keterangan dari Robert M. Lawang

Norma ialah suatu acuan dalam bertingkah laku sehingga menyerahkan kemungkinan untuk seseorang guna menilai apakah perbuatan yang dilakukannya tersebut dinilai orang lain, di mana pun adalahciri untuk orang lain itu untuk menampik atau bahkan menyokong tingkah lakunya.

Berdasarkan keterangan dari Bagja Waluyo
Norma adalahwujud atau format nyata dari nilai yang adalah acuan atau pedoman berisikan tentang kewajiban berperilaku untuk setiap manusia.

Berdasarkan keterangan dari Ahcmad C. Zubair

Pengertian norma ialah ukuran, garis pengarah, aturan atau kaidah untuk pertimbangan dan penilaian.

Berdasarkan keterangan dari Utrecht

Norma ialah segala himpunan tuntunan hidup yang menata tentang sekian banyak  tata tertib di dalam sebuah masyarakat atau bangsa, di mana ketentuan tersebut diharuskan untuk dipatuhi dan ditaati oleh masing-masing masyarakat. Sedemikian sehingga bilamana ada pihak yang melanggar, maka bakal ada suatu tindakan yang dilaksanakan oleh pihak pemerintah.

Berdasarkan keterangan dari Soerjono Soekanto
Pengertian norma menurut keterangan dari Soerjono Soekanto ialah sebuah perlengkapan yang diciptakan untuk menata hubungan di dalam sebuah masyarakat supaya dapat berlangsung sebagaimana yang diharapkan. Di samping itu, seluruh norma yang diciptakan di dalam sebuah masyarakat tentu akan merasakan yang namanya suatu proses, sampai-sampai norma-norma itu dapat diakui, dihargai, dikenal, sampai ditaati oleh penduduk masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan keterangan dari Ridwan Halim

Pengertian norma ialah segala ketentuan yang pada intinya adalahsuatu aturan yang berlaku, baik tertulis maupun tidak, yang berlaku sebagai acuan atau pedoman yang memang mesti dipatuhi dan ditaati oleh setiap pribadi di dalam sebuah masyarakat.

Macam-Macam Norma

Berikut akan diterangkan apa saja macam-macam norma yang terdapat dalam masyarakat beserta pengertiannya.
  • Norma agama, yakni tuntunan hidup yang berasal dari Tuhan yang dikatakan melalui utusan-Nya yang mengandung perintah, larangan dan anjuran-anjuran.
  • Norma kesusilaan, yaitu aturan-aturan yang berjalan cocok dengan kaidah hidup bermasyarakat yang dilaksanakan dari hati yang sangat tulus.
  • Norma kesopanan, yakni ketentuan hidup yang timbul dari hasil pergaulan sekelompok di distrik tertentu.
  • Norma hukum, yaitu aturan sosial yang diciptakan oleh lembaga-lembaga yang berwenang (seperti pemerintah).
  • Norma kebiasaan, yaitu aturan sosial yang terbentuk secara sadar atau terbius dimana terdapat tuntunan perilaku secara terus menerus yang kesudahannya menjadi kebiasaan.

Fungsi Norma

Berikut merupakan sejumlah fungsi dan destinasi norma untuk lingkungan masyarakat secara umum.
  • Mengatur tingkah laku masyarakat cocok nilai yang berlaku.
  • Membantu untuk menjangkau tujuan bareng masyarakat.
  • Menciptakan ketertiban dan keadilan dalam lingkungan masyarakat.
  • Sebagai dasar menyerahkan sanksi untuk masyarakat yang melanggar aturan-aturan yang ada dalam norma.

Ciri-Ciri Norma

Norma pun mempunyai ciri-ciri tertentu. Berikut adalah ciri-ciri dan ciri khas norma secara umum.
  • Pada lazimnya aturan norma tidak tertulis.
  • Merupakan hasil dari kesepakatan.
  • Masyarakat adalahpendukung yang menaatinya.
  • Melanggar norma sosial bakal mendapatkan sanksi atau hukuman.
  • Menyesuaikan dengan evolusi sosial sampai-sampai dapat disebutkan bahwa norma sosial dapat merasakan perubahan.
  • Norma diciptakan secara sadar.

Nah itulah referensi tentang pengertian norma menurut keterangan dari para berpengalaman dan secara umum menyeluruh beserta ciri-ciri, faedah dan macam-macam norma. Semoga dapat menjadi referensi dalam mengetahui apa yang dimaksud dengan norma.                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Norma | Definisi, Fungsi, Macam-Macam, dan Ciri-Cirinya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel