Sejarah Akuntansi di Indonesia dan Dunia Beserta Penjelasannya

Dunia-Pendidik.Com - Beberapa faedah dan destinasi akuntansi antara lain ialah memberi informasi finansial dalam format laporan, menolong mengambil keputusan untuk perusahaan, menjadi bahan penilaian keuangan, sebagai perangkat pengendali finansial perusahaan, dan masih tidak sedikit lagi guna akuntansi yang didapatkan.

Studi akuntansi bisa diterapkan pada tidak sedikit bidang dan sektor. Beberapa bidang-bidang akuntansi antara lain ialah akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi pemeriksaan, akuntansi perpajakan, akuntansi pemerintahan, dan beda sebagainya. Karena itu, ilmu akuntansi menjadi sangat urgen dalam sektor keuangan.

Sejarah Akuntansi di Indonesia dan Dunia Beserta Penjelasannya

Ilmu akuntansi juga mempunyai sejarah panjang dari mula dipelajari sampai berkembang di era ekonomi canggih saat ini. Sementara pertumbuhan akuntansi di Indonesia kesatu masuk ketika masa penjajahan Belanda. Kini akuntansi pun tidak sedikit dipelajari dan jadi di antara prospek kerja yang sangat diperlukan pada perusahaan dari sekian banyak  sektor dan bidang.

Sejarah Akuntansi

Berikut akan dijabarkan sejarah akuntansi di dunia dan pun perkembangan mula masuk ke Indonesia beserta keterangan lengkapnya.

Sejarah Akuntansi Dunia

Akuntansi diduga sudah ada semenjak dulu. Munculnya ilmu akuntansi dipelopori oleh kitab berjudul Summa de Aritmatica, Geometrica Proortioni et Propotionallia karangan Luca Pacioli asal Italia pada tahun 1494. Dalam kitab tersebut, ada subjudul yang mengajarkan sistem pembukuan berpasangan, yang lantas menjadi cikal akan munculnya akuntansi.

Setahu sesudah publishnya kitab tersebut, ilmu akuntansi tidak sedikit diterapkan di negara Italia. Sedangkan kitab berbahasa Inggris kesatu diketahui dipublikasikan di London oleh John Gouge atau Gough pada tahun 1543. Ilmu akuntansi juga mendunia dan tidak sedikit diterapkan di sejumlah negara di semua dunia.

Pada mula abad ke-18, jasa akuntan yang berpusat di London, Inggris dipakai oleh direktur perusahaan South Sea Company guna memperdagangkan bursa perusahaan tersebut. Laporan dari perusahaan itu diuraikan dalam kitab Sawbridge and Company oleh Charles Snell, yang lantas memuat konsep dan destinasi akuntansi.

Ilmu akuntansi juga mulai dinyatakan sebagai disiplin ilmu tersendiri. Usai Perang Dunia II selesai di tahun 1945, akuntansi makin terasa dan kian diperlukan dalam dunia barat. Akuntansi tiap negara pun ditata dengan regulasi yang cocok yang profesional dan berlandaskan hukum setiap negara.

Selanjutnya, sistem akuntansi diberi nama cocok dengan nama orang yang mengembangkannya atau dari nama negara masing-masing, contohnya seperti sistem Anglo Saxon di Amerika Serikat dan Inggris serta sistem Kontinental di Belanda. Sistem Anglo Axon menjadi sistem akuntansi yang paling tidak sedikit digunakan hingga sekarang sebab dapat mencatat sekian banyak  transaksi dengan gampang dan efisien.

Sejarah Akuntansi di Indonesia

Bagaimana dengan sejarah mula akuntansi di Indonesia? Akuntansi masuk ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda di abad ke-16. Sementara dalam daftar sejarah, praktik akuntansi di Indonesia pun ditemukan pada tahun 1747 berupa pembukuan oleh Amphioen Societeit yang berpusat di kota Jakarta.

Pada masa penjajahan Belanda ini, tadinya sistem akuntansi yang digunakan ialah sistem Kontinental cocok dengan praktek dari Lucas Paciolo. Namun pada akhirnya, sistem akuntansi yang dipakai di Indonesia juga berganti dari sistem Kontinental yang ditinggalkan Belanda menjadi ke sistem Anglo Saxon.

Perubahan ini diakibatkan sejumlah hal, misalnya sebab peristiwa konfrontasi Irian Barat pada tahun 1957, yang mengakibatkan seluruh pelajar Indonesia di Belanda ditarik dan dialihkan ke sejumlah negara lain, tergolong ke Amerika Serikat. Akibatnya pelajar-pelajar Indonesia mempelajari kiat akuntansi Anglo Saxon yang dipakai Amerika.

Adanya Penanaman Modal Asing (PMA) pun memberikan akibat positif terhadap pertumbuhan akuntansi, terutama sistem akuntansi Anglo Saxon.

Nah itulah referensi tentang sejarah akuntansi dunia dan pertumbuhan akuntansi di Indonesia dari dulu hingga sekarang. Kini akuntansi dipelajari sebagai di antara bidang ilmu pengetahuan yang urgen dan diperlukan dalam ekonomi modern.                       

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Akuntansi di Indonesia dan Dunia Beserta Penjelasannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel