Sejarah Candi Prambanan Beserta Asal Usul & Kisah Ceritanya

Dunia-Pendidik.Com - Candi Prambanan adalah sebuah perumahan candi bercorak Hindu yang terletak di Sleman, Yogyakarta. Candi ini disebut pun dengan nama Candi Roro Jonggrang. Candi Prambanan menjadi perumahan candi Hindu terbesar di Indonesia. Sejarah candi ini kesatu kali di bina pada abad ke-9 Masehi pada masa Kerajaan Mataram atau Medang.

Sejarah Candi Prambanan Beserta Asal Usul & Kisah Ceritanya

Berdasarkan keterangan dari prasati Siwagrha, nama pribumi candi ini ialah Candi Siwagrha, yang dalam bahasa Sansakerta berarti Rumah Siwa. Candi ini di bina sebagai persembahan pada Trimurti, yaitu 3 dewa utama Hindu yakni Brahma, Wishnu, dan Siwa. Namun memang dewa Siwa lebih dikhususkan dalam candi ini.

Letak Candi Prambanan terletak di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta dan Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Candi ini terletak salah satu 2 kecamtan dari 2 provinsi yang berbeda. Artinya candi ini sedang di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Candi Prambanan tergolong Situs Warisan Dunia yang dibentengi oleh UNESCO. Candi ini dianggap sebagai candi Hindu terbesar di Indonesia dan di antara candi terindah di Asia Tenggara.

Sejarah Candi Prambanan

Berikut akan diterangkan secara menyeluruh mengenai sejarah Candi Prambanan, mulai dari asal usul dan latar belakang candi, proses pembangunan, cerita legenda yang berkembang di masyarakat serta penemuan pulang dan pemugaran bangunan candi yang telah rusak.

Asal Usul Candi Prambanan

Sejarah candi Prambanan ini dibuka pada ketika Nusantara masih pada era Kerajaan Hindu-Budha. Pembangunan candi ini diprakarsai oleh Rakai Pikatan. Ia berupaya untuk membina candi bercorak Hindu yang megah guna menandingi Candi Borobudur yang bercorak Budha yang telah dibangun sebelumnya.

Pembangunan candi Prambanan juga diperkirakan bertujuan guna menandai pulang berkuasanya family Sanjaya di tanah Jawa. Memang terdapat kompetisi antara wangsa Sanjaya yang pengikut Hindu dan wangsa Sailenda yang pengikut Budha berhubungan kekuasannya di tanah Jawa.

Pembangunan candi menjadi pergantian dari corak Budha mengarah ke ke Hindu pada Kerajaan Mataram atau Medang. Candi Prambanan pun dibangun untuk menghormati dewa Siwa. Nama pribumi bangunan ini dalam bahasa Sansakerta ialah candi Siwagrha atau candi Siwalaya.

Proses Pembangunan Candi Prambanan

Bangunan candi kesatu kali di bina sekitar tahun 850 Masehi oleh Rakai Pikatan. Kemudian proses pembangunan dilanjutkan oleh raja-raja selanjutnya laksana Raja Lokapala dan Raja Balitung Mah Sambu. Proses pembangunan candi pun diiringi dengan evolusi tata air dan wilayah-wilayah di dekat candi supaya candi lebih terjaga.

Kompleks bangunan candi di bina secara rutin dan dilanjutkan raja lain laksana Raja Daksa dan Raja Tulodong. Dibangun pun ratusan candi tambahan di dekat bangunan candi utama sebagai candi pendamping.

Setelah itu, terbentuklah bangunan candi yang paling megah. Kemegahan candi Prambanan juga mendapat sambutan luas dari masyarakat di era itu.

Di dalam candi Siwa sebagai candi utama, ada arca Siwa yang terdapat di garbhagriha atau ruang utama. Arkeolog berasumsi bahwa arca tersebut adalaharca perwujudan Raja Balitung.

Kemegahan candi ini menciptakan Prambanan dijadikan sebagai candi agung dari Kerajaan Mataram. Candi Prambanan bermanfaat menjadi lokasi pertemuan, ritual, dan upacara urgen kerajaan.

Kisah Legenda Candi Prambanan

Candi Prambanan sempat ditelantarkan selama tahun 930 Masehi. Hal ini bisa jadi besar disebabkan oleh letusan hebat Gunung Merapi di unsur utara candi Prambanan. Ibu kota kerajaan Mataram pun dialihkan ke Jawa Timur oleh Mpu Sindok, yang lantas mendirikan Wangsa Isyana.

Kemungkinan beda penyebab dipindahkannya ibukota adaalah adanya pertempuran atau perebutan kekuasaan. Akibatnya, candi Prambanan menjadi terbengkalai dan tidak terawat. Bangunan candi juga mulai bobrok dan runtuh. Setelah terjadi gempa bumi pada abad ke-16, candi Prambanan jadi semakin bobrok parah.

Setelah friksi Kesultanan Mataram pada tahun 1755 Masehi, reruntuhan candi ini menjadi wilayah pembatas antara Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta. Saat itu, warga lokal tidak sedikit yang tahu eksistensi candi ini, tetapi tidak tahu bagaimana sejarah dan asal usulnya.

Saat itulah, berkembang mitos dan dongeng mengenai asal mula eksistensi candi. Dongeng itu bercerita cerita mengenai ribuan candi yang di bina dalam 1 malam dengan pertolongan makhluk halus sebab permintaan putri Rara Jonggrang, namun lantas putri itu dikutuk menjadi arca karena melakukan curang.

Kisah itu jadi terkenal sampai-sampai candi tersebut pun disebut sebagai Candi Roro Jonggrang. Saat ini pun cerita pembangunan candi dalam 1 malam itu masih tidak sedikit diceritakan sebagai unsur dari kisah legenda masyarakat.

Penemuan dan Pemugaran Candi Prambanan

Candi Prambanan lantas ditemukan oleh CA. Lons asal Belanda pada tahun 1733. Candi ini pun unik perhatian tidak sedikit kalangan pada masa pendudukan Inggris atas Jawa. Gubernur Jenderal Sir Thomas Stamford Raffles lantas memerintahkan investigasi reruntuhan candi ini lebih lanjut.

Kemudian selama tahun 1855, dilaksanakan pembongkaran besar-besaran untuk mencairkan bangunan candi. Meski begitu tidak sedikit arca dan batu candi yang dipungut sembarangan oleh penduduk sekitar. Pemugaran candi Prambanan secara serius baru dibuka pada tahun 1930an.

Renovasi candi dilaksanakan oleh semua arkeolog Belanda dan lantas dilanjutkan oleh warga asli asli Indonesia. Upaya restorasi terus menerus dilaksanakan bahkan sampai kini. Pemugaran candi Siwa yakni candi utama perumahan ini dirampungkan pada tahun 1953 dan diresmikan oleh Presiden Soekarno.

Pada tahun 1991, Candi Prambanan sah masuk dalam Situs Warisan Dunia yang dibentengi oleh UNESCO. Beberapa unsur candi pun terus diasuh dan direstorasi, terutama sesudah adanya gempa Yogyakarta pada tahun 2006 yang sempat merusak sejumlah patung dan bangunan candi.

Nah itulah penjelasan tentang sejarah candi Prambanan singkat dan asal usul candi Prambanan secara lengkap. Saat ini candi Prambanan pun jadi di antara tempat wisata yang tidak sedikit dikunjungi oleh turis lokal dan asing. Sekian referensi sejarah candi Prambanan kali ini.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Candi Prambanan Beserta Asal Usul & Kisah Ceritanya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel