Tujuan Akuntansi Beserta Fungsi, Manfaat, dan Penjelasannya

Dunia-Pendidik.Com - Akuntansi ialah teori dan praktik perakunan, tergolong tanggung jawab, prinsip, standar, kebiasaan (kebiasaan), dan seluruh kegiatannya (menurut keterangan dari KBBI). Ilmu akuntansi memiliki tidak sedikit fungsi dan guna yang bersangkutan dengan sektor keuangan, di antaranya memberi informasi finansial dan menyajikan laporan finansial perusahaan.

Tujuan Akuntansi Beserta Fungsi, Manfaat, dan Penjelasannya

Secara singkat, definisi akuntansi ialah sebuah proses yang dimulai dengan mencatat, mengelompokkan, mengubah serta menyajikan data, menulis transaksi apapun yang bersangkutan dengan keuangan. Akuntansi pun dapat didefinisikan sebagai seni pendaftaran dan pengikhtisaran transaksi finansial dan penafsiran dampak suatu transaksi terhadap sebuah kesatuan ekonomi.

Ada sejumlah bidang-bidang akuntansi dengan konsentrasi yang beragam, di antaranya ialah akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi biaya, akuntansi perpajakan, akuntansi pemeriksaan, akuntansi pemerintahan, dan beda sebagainya. Tiap jenis akuntansi memiliki konsentrasi dan pekerjaan yang berbeda-beda pula.

Meski begitu, akuntansi memiliki faedah dan destinasi yang sama, asalkan masih sehubungan dengan pekerjaan keuangan perusahaan atau organisasi. Fokus utama akuntansi ialah dalam penciptaan laporan finansial perusahaan yang nanatinya bakal memiliki tidak sedikit manfaat, baik untuk pihak internal atau pihak eksternal juga.

Tujuan Akuntansi

Ada sejumlah fungsi dan destinasi akuntansi, baik untuk masyarakat, untuk perusahaan maupun untuk investor. Berikut merupakan faedah dan destinasi akuntansi secara umum dan khusus.

Tujuan Akuntansi Secara Umum

Tujuan akuntansi secara umum antara lain ialah sebagai berikut:
  • Memberikan informasi tentang keuangan, baik tersebut aktiva maupun passiva perusahaan.
  • Menyediakan informasi tentang perubahan pada sekian banyak  sumber ekonomi perusahaan.
  • Memberikan informasi finansial perusahaan yang dapat menolong dalam pembuatan perkiraan potensi laba perusahaan.
  • Memberikan informasi tentang perubahan pada sekian banyak  sumber ekonomi perusahaan, baik tersebut aset, hutang, serta modal.
  • Menyediakan informasi lainnya berhubungan laporan finansial untuk menolong pemakai laporan tersebut.

Tujuan Akuntansi Secara Khusus

Tujuan akuntansi secara khusus ialah untuk meluangkan informasi dalam format laporan yang memuat posisi keuangan, hasil usaha, dan evolusi posisi finansial lainnya dalam perusahaan. Laporan finansial yang diciptakan harus diciptakan sesuai dengan Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU) atau Generally Accepted Accounting Principles (GAAP).

Manfaat Akuntansi

Berikut ini akan diberikan apa saja manfaat-manfaat akuntansi secara umum beserta keterangan lengkapnya.

Memberikan Informasi Keuangan
Manfaat akuntansi yang utama ialah unuk menyerahkan informasi keuangan. Akuntansi memang bersangkutan dengan sektor keuangan dan finansial perusahaan, sehingga berfungsi untuk memahami informasi di sektor finansial perusahaan secara menyeluruh.

Menyampaikan Laporan Keuangan

Akuntansi juga berfungsi untuk mendapat laporan finansial yang berisi mengenai segala transaksi-transaksi yang dilaksanakan perusahaan pada periode tertentu. Membuat laporan finansial merupakan kegiatan utama dalam akuntansi yang dibuka dari proses pengumpulan, pencatatan, pengelompokkan, dan penyusunan laporan.

Membantu Membuat Anggaran
Adanya informasi finansial dapat dipakai oleh perusahaan untuk menciptakan anggaran. Rancangan perkiraan dapat dibentuk menurut dengan informasi finansial yang didapat dalam periode tertentu, sampai-sampai rancangan perkiraan bisa diciptakan dengan lebih tepat dan cocok dengan keperluan perusahaan.

Sebagai Alat Kontrol dan Pengendali Keuangan

Manfaat akuntansi berikutnya ialah sebagai perangkat kontrol dan pengendali keuangan. Perusahaan menjadi tahu berapa besaran pengeluaran dalam periode tertentu, sehingga dapat dilakukan pengontrolan dan pengendalian berhubungan sektor finansial perusahaan ke depannya.

Sebagai Dasar Alokasi Sumber Daya

Akuntansi juga bermanfaat sebagai dasar alokasi sumber daya. Adanya laporan finansial yang detail menciptakan perusahaan dapat mengerjakan alokasi sumber daya sesuai keperluan tiap sektor dengan lebih tepat guna dan lebih efektif cocok kebutuhan.

Mempermudah Evaluasi Perusahaan

Manfaat akuntansi yang terakhir ialah mempermudah penilaian perusahaan. Adanya informasi rinci mengenai finansial perusahaan sekitar periode tertentu menciptakan evaluasi dapat dilakukan dengan gampang menurut kenyataan dan data yang terdapat pada laporan tersebut.

Nah itulah referensi faedah dan destinasi akuntansi beserta manfaatnya disertai keterangan lengkap. Ada sejumlah tujuan akuntansi yang urgen di antaranya ialah untuk memahami informasi keuangan, menyajikan laporan finansial serta sebagai faedah pengontrolan dan pengendalian finansial perusahaan.                       

Belum ada Komentar untuk "Tujuan Akuntansi Beserta Fungsi, Manfaat, dan Penjelasannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel