Tujuan Dibentuknya BPUPKI Beserta Sejarah dan Latar Belakangnya

Dunia-Pendidik.Com - BPUPKI adalah sebuah badan yang disusun pemerintah pendudukan Jepang guna upaya persiapan kebebasan Indonesia. Dalam bahasa Jepang, BPUPKI dinamakan dengan nama Dokuritsu Junbi Chosakai.

Tujuan Dibentuknya BPUPKI Beserta Sejarah dan Latar Belakangnya

BPUPKI disusun pada tanggal 1 Maret 1945 dan diberitahukan oleh Kumakichi Harada. BPUPKI disusun untuk mengerjakan persiapan kebebasan negara Indonesia.

Pemerintah militer Jepang yang diwakili oleh Komando Angkatan Darat ke-16 dan ke-25 mengamini pembentukan BPUPKI ini. BPUPKI hanya disusun untuk area Jawa (termasuk Madura) dan Sumatera saja, sebab dua komando yang menyerahkan persetujuan melulu berwenang guna dua distrik tersebut.

Sidang BPUPKI secara resmi dilakukan 2 (dua) kali, yaitu pada tanggal 2 Mei hingga 1 Juni 1945 serta pada tanggal 11 Juli hingga 14 Juli 1945. BPUPKI lantas bubar pada tanggal 7 Agustus 1945. Sebagai gantinya, lantas dibentuklah PPKI atau Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia sebagai penerus tugas-tugas BPUPKI.

Tujuan Pembentukan BPUPKI

Tujuan dibentuknya BPUPKI yang sangat utama ialah untuk mengkaji, mendalami, serta menyelidiki format dasar negara Indonesia yang sesuai guna kepentingan sistem pemerintahan Indonesia setelah kebebasan nanti. BPUPKI disusun untuk mempersiapkan proses kebebasan Indonesia.

Latar belakang dibentuknya BPUPKI pun sebagai upaya Jepang guna mendapatkan sokongan dari pihak Indonesia, dimana pihak Jepang menjanjikan akan menolong proses kebebasan Indonesia di lantas hari. Wujud nyatanya ialah dengan pembentukan BPUPKI oleh pemerintah Jepang.

Saat tersebut Jepang memang tercebur dalam Perang Dunia II melawan tentara sekutu sampai-sampai pihak Jepang membutuhkan tidak sedikit dukungan. Oleh karena tersebut dibentuknya BPUPKI oleh Jepang tidak 100% tulus dan murni guna memberi kebebasan pada Indonesia, tapi pun untuk mendapat sokongan dan mengemban politik kolonialnya.

Susunan Keanggotaan BPUPKI

Susunan keanggotaan BPUPKI terdiri dari 67 orang anggota. Ketua BPUPKI ialah Dr. Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T.) Radjiman Wedyodiningrat.

Di luar semua anggota BPUPKI, pun ada Badan Tata Usaha sebagai sekretariat BPUPKI yang terdiri dari 60 orang anggota. Ketua Badan Tata Usaha ini ialah Raden Pandji Soeroso, sementara wakil ketuanya ialah Masuda Toyohiko dari pihak Jepang dan Mr. Abdoel Gafar Pringgodigdo dari pihak Indonesia.

Tugas BPUPKI

Sementara sejumlah tugas BPUPKI yang lebih eksklusif antara lain ialah sebagai berikut:
  • Membahas dan merangkai Dasar Negara Indonesia
  • Membentuk reses sekitar satu bulan
  • Membentuk panitia kecil yang bertugas guna menampung saran-saran dan konsepsi dasar negara dari semua anggota
  • Membantu Panita Sembilan bareng panita kecil

Nah itulah referensi destinasi dibentuknya BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) beserta sejarah dan latar belakang pembentukannya. Di samping itu diterangkan juga tugas-tugas dan rangkaian organisasi BPUPKI selengkapnya.                     

Belum ada Komentar untuk "Tujuan Dibentuknya BPUPKI Beserta Sejarah dan Latar Belakangnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel