Tujuan Pembentukan PPKI Beserta Sejarah dan Latar Belakangnya

Dunia-Pendidik.Com - PPKI adalah sebuah panitia yang mempunyai tugas utama guna mempersiapkan kebebasan Indonesia. Singkatan PPKI ialah Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Dalam bahasa Jepang, PPKI dinamakan dengan nama Dokuritsu Junbi Inkai. PPKI diketuai oleh Ir. Soekarno, sementara wakil ketuanya ialah Mohammad Hatta.

Tujuan Pembentukan PPKI Beserta Sejarah dan Latar Belakangnya

Sebelumnya pada tanggal 7 Agustus 1945, BPUPKI telah diajak bubar oleh Jepang sebab dirasa sudah menuntaskan tugas-tugasnya. PPKI disusun pada tanggal 7 Agustus 1945 usai BPUPKI dibubarkan.

Izin pembentukan PPKI telah diserahkan oleh Hisaichi Terauchi, seorang marsekal Jepang yang sedang di Saigon, Vietnam. Pada tanggal 8 Agustus 1945, semua pimpinan PPKI (Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, dan Radjiman Wedyodiningrat) sudah diundang ke Dalat guna bertemu langsung dengan Hisaichi Terauchi.

Sidang PPKI secara resmi dilakukan 3 (tiga) kali, yaitu pada tanggal 18 Agustus 1945 (sidang kesatu), tanggal 19 Agustus 1945 (sidang kedua), dan tanggal 22 Agustus 1945 (sidang ketiga). Beberapa hasil sidang PPKI yakni mengabsahkan UUD 1945, memutuskan Soekarno dan Mohammad Hatta sebagai presiden dan wakil presiden serta menyusun kementrian dan pemerintahan daerah.

Tujuan Pembentukan PPKI

Berikut akan dibicarakan apa saja destinasi dibentuknya PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) selengkapnya.

1. Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia

Tujuan utama pembentukan PPKI ialah untuk mempersiapkan kebebasan Indonesia, cocok namanya yaitu Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. PPKI bertugas guna mempersiapkan segala aspek dan kebutuhan bersangkutan proklamasi kebebasan Indonesia.

2. Meneruskan Tugas BPUPKI

PPKI disusun sebagai penerus BPUPKI atau Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Dengan kata lain, PPKI meneruskan tugas BPUPKI guna mempersiapkan kebebasan Indonesia, tergolong untuk mengkaji, mendalami, serta menyelidiki format dasar negara Indonesia yang sesuai .

3. Membuat Struktur Ketatanegaraan

Dalam rangka persiapan kemerdekaan, PPKI juga disusun dengan destinasi untuk menciptakan struktur ketatanegaraan yang bakal digunakan. Hal ini meliputi format negara serta memilih presiden dan wakil presiden Indonesia usai proses kemerdekaan.

4. Mengesahkan Undang-Undang

Tujuan pembentukan PPKI lainnya ialah untuk memutuskan dan mengabsahkan rancangan undang-undang yang telah mulai dirancang oleh BPUPKI. Undang-undang ini yang akan bermanfaat sebagai konstitusi hukum untuk negara Indonesia usai kemerdekaan diperoleh kelak.

Susunan Keanggotaan PPKI

Susunan keanggotaan PPKI pada tadinya terdiri dari 21 orang anggota. Anggota mula PPKI mempunyai latar belakang yang beragam, yaitu terdiri dari 12 orang dari Jawa, 3 orang dari Sumatera, 2 orang dari Sulawesi, 1 orang dari Kalimantan, 1 orang dari Nusa Tenggara, 1 orang dari Maluku, dan 1 orang dari kelompok Tionghoa.

Ketua PPKI ialah Ir. Soekarno, sementara wakil ketua PPKI ialah Drs. Mohammad Hatta. Selanjutnya tanpa sepengetahuan pihak Jepang, anggota PPKI meningkat 6 orang lagi, sampai-sampai total ada 27 orang anggota PPKI secara keseluruhan.

Tugas PPKI

Tugas utama PPKI ialah meneruskan tugas BPUPKI guna mempersiapkan kebebasan Indonesia, mulai dari masa-masa dan lokasi pembacaan teks proklamasi, persiapan anggota sampai penyusunan struktur negara sesudah proklamasi kebebasan Indonesia.

Sementara sekian banyak  tugas PPKI yang lebih eksklusif lagi, antara lain ialah sebagai berikut:
  •     Mempersiapkan segala urusan yang sehubungan dengan kebebasan Indonesia
  •     Mengesahkan undang-undang dasar negara
  •     Memilih dan mengusung presiden dan wakil presiden Indonesia
  •     Membentuk komite nasional yang menolong tugas presiden

Nah itulah referensi destinasi pembentukan PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) beserta sejarah dan latar belakang dibentuknya PPKI. Di samping itu diterangkan juga tugas-tugas dan rangkaian organisasi PPKI selengkapnya.                       

Belum ada Komentar untuk "Tujuan Pembentukan PPKI Beserta Sejarah dan Latar Belakangnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel