Pengertian Berita | Definisi, Ciri-Ciri, Syarat, Unsur-Unsur, Jenis-Jenis

Dunia-Pendidik.Com - Berita ialah sebuah informasi atau laporan yang didasarkan peristiwa atau kejadian yang benar-benar terjadi (fakta) yang menyebar melewati media tertentu. Kita barangkali sering mendengar kabar berita tiap hari, baik melewati koran, majalah, TV, internet atau menyebar dari mulut ke mulut.

Fungsi berita menjadi urgen sehingga kita dapat mengetahui informasi tentang peristiwa urgen dan unik yang terjadi. Ada tidak sedikit jenis-jenis berita menurut bidangnya, contohnya seperti berita politik, berita ekonomi, berita olahraga, berita entertainment, berita musik, berita dunia, dan lain-lain.

Pengertian Berita | Definisi, Ciri-Ciri, Syarat, Unsur-Unsur, Jenis-Jenis

Dalam paparan berita, pun ada unsur-unsur yang terdapat di dalamnya. Unsur-unsur berita ini mencakup pertanyaan 5W + 1H yaitu what (apa), who (siapa), when (kapan), where (dimana), why (mengapa), dan how (bagaimana), sampai-sampai isi berita menjadi lebih jelas.

Tentu terdapat ciri-ciri dan ciri khas khusus pada suatu berita. Misalnya berita mesti sesuai kenyataan dan mesti mempunyai sifat aktual atau terkini. Syarat berita lain ialah isi berita mesti berimbang, memakai kalimat yang simpel serta unik perhatian khalayak.

Pengertian Berita

Berikut ini bakal dibahas pengertian dan definisi berita, baik secara umum maupun menurut keterangan dari pendapat semua ahli.

Definisi Berita Secara Umum

Berita juga ditafsirkan sebagai suatu laporan mengenai peristiwa teranyar dan urgen yang mesti dikatakan kepada masyarakat secara cepat. Kabar dan peristiwa yang dikabarkan harus menurut kenyataan yang benar-benar terjadi.

Arti Berita Berdasarkan keterangan dari KBBI

Pengertian berita menurut keterangan dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) didefinisikan dalam tiga definisi berikut:


Pengertian Berita Berdasarkan keterangan dari Par Ahli

Berikut merupakan sejumlah pengertian dan pengertian berita menurut keterangan dari pendapat para berpengalaman selengkapnya.

Berdasarkan keterangan dari Robert Tyell

Pengertian berita menurut keterangan dari Robert Tyell ialah informasi yang baru, unik perhatian, memprovokasi orang banyak, dan dapat membangkitkan selera masyarakat guna mengikutinya.

Berdasarkan keterangan dari Dean M. Lyle Spencer
Pengertian berita menurut keterangan dari Spencer adalah sebuah fakta atau gagasan yang benar dan dapat unik perhatian mayoritas pembacanya.

Berdasarkan keterangan dari Mochtar Lubis

Definisi berita menurut keterangan dari sastrawan dan wartawan senior Mochtar Lubis, ditafsirkan sebagai segala sesuatu yang hendak diketahui tidak sedikit orang dan membacanya.

Berdasarkan keterangan dari W.S.J. Purwadarminta
Pengertian berita ialah laporan mengenai satu kejadian yang terbaru. Berita pun dapat didefinisikan sebagai informasi baru mengenai kejadian yang baru, penting, dan bermakna, yang dominan pada semua pendengarnya serta relevan dan pantas dinikmati oleh mereka.

Berdasarkan keterangan dari Charnley

Berita ialah laporan tentang kenyataan atau pendapat orang yang terbelenggu oleh waktu, yang unik dan atau penting untuk sejumlah orang tertentu.

Berdasarkan keterangan dari Gerarld W. Johnson

Arti berita menurut keterangan dari Gerarld W. Johnson dari The Battimore Evening Sun ialah penyebab dari macam-macam peristiwa yang dijadikan pertimbangan utama oleh orang surat kabar untuk mencatat dan mengumumkannya demi mendapat  kepuasan hatinya.

Berdasarkan keterangan dari Douglas Wood Miller

Pengertian berita menurut keterangan dari Miller adalah peristiwa atau pendapat yang bisa menyentuh rasa insani yang tidak jarang kali menjadi unik perhatian tidak sedikit orang.

Berdasarkan keterangan dari Nasution

Berita ialah laporan mengenai peristiwa-peristiwa atau kejadian yang terjadi yang hendak diketahui oleh umum, dengan sifatnya yang aktual, terjadi di lingkungan pembaca, tentang tokoh terkemuka, dampak kejadian tersebut dominan terhadap pembaca.


Berdasarkan keterangan dari James M. Neal

Pengertian berita menurut keterangan dari James M. Neall adalahsuatu kecenderungan, kondisi, kondisi dan interprestasi.

Berdasarkan keterangan dari Haris Sumadiria (2005)

Berita ialah suatu informasi tercepat tentang gagasan atau usulan yang benar, unik dan yang penting untuk sebagian besar khalayak, melewati media rutin laksana radio, televisi, surat kabar dan media online internet.

Berdasarkan keterangan dari Clarence Hach dan Earl English
Clarence dan Earl menuliskan bahwa asal terdapat fakta, interest dan audience, maka telah ada berita. Berita mengesampingkan kriteria urgen dan aktualitas.

Berdasarkan keterangan dari Dja’far H. Assegaf
Berita adalah laporan tentang kenyataan atau gagasan yang baru, yang dipilih oleh staff redaksi sebuah harian guna disiarkan, yang dapat unik perhatian pembaca, dapat karena luar biasa, dapat karena pentingnya, atau akibatnya, dapat pula sebab ia merangkum segi-segi human interest laksana humor, emosi dan ketegangan.


Berdasarkan keterangan dari Doug Newson dan James A. Wollert
Berita ditafsirkan sebagai apa saja yang hendak dan butuh diketahui seseorang atau lebih luas lagi oleh masyarakat.

Berdasarkan keterangan dari Eric C. Hepwood


Berita ditafsirkan sebagai suatu laporan kesatu dari kejadian urgen dan dapat unik perhatian umum.

Berdasarkan keterangan dari Amak Syarifuddin

Arti berita didefinisikan sebagai sebuah laporan kejadian yang dimunculkan sebagai bahan yang unik perhatian publik media massa.

Berdasarkan keterangan dari Neil McNeil
Definisi berita adalah gabungan kenyataan dan peristiwa-peristiwa yang memunculkan perhatian atau kepentingan untuk para pembaca surat kabar yang memuatnya.

Berdasarkan keterangan dari Romli (2005)

Pengertian berita menurut keterangan dari Romli ialah sajian utama suatu media massa di samping views (opini). Mencari bahan berita kemudian menyusunnya adalahtugas pokok wartawan dan unsur dari redaksi suatu penerbitan pers.

Berdasarkan keterangan dari Adi Negoro

Pengertian berita menurut keterangan dari Adi Negoro ialah sebuah pernyataan salah satu manusia yang saling memberitahukan.

Berdasarkan keterangan dari Suhandang (2004)

Pengertian berita menurut keterangan dari Suhandang ialah pemberitahuan mengenai segala peristiwa aktual yang unik perhatian orang banyak.

Berdasarkan keterangan dari Purnama Kusumaningrat

Berita didefinisikan sebagai sesuatu atau seseorang yang di anggap oleh media sebagai subjek yang pantas untuk dijadikan berita.

Berdasarkan keterangan dari Charles A. Dana

Pengertian berita ialah laporan setiap ketika atau sesuatu yang menarik untuk pembacanya, dimana berita terbaik dinilai kemenarikannya untuk para pembaca.

Berdasarkan keterangan dari Djuraid (2007)

Pengertian berita menurut keterangan dari Djuaraid ialah sebuah laporan atau pemeberitahuan tentang terjadinya suatu peristiwa atau suasana yang mempunyai sifat umum dan baru saja terjadi dan dikatakan oleh wartawan di media massa.

Berdasarkan keterangan dari A.M. Hoeta Soehoet

Berita ialah suatu informasi tentang sebuah kejadian atau isi pengakuan seseorang yang menurutnya butuh diketahui guna mewujudkan filsafat hidupnya.

Berdasarkan keterangan dari Masri (2008)

Berdasarkan keterangan dari Masri, definisi berita ialah sebagai berikut:
  • Peristiwa atau kejadian yang spektakuler atau tidak lazim.
  • Peristiwa yang biasa, namun dilaksanakan atau dirasakan orang yang tidak biasa.
  • Peristiwa yang tampak berlawanan atau paradoksal.
  • Peristiwa yang urgen dan berpengaruh.
  • Tragedi yang menyentuh rasa kemanusiaan.
  • Hal-hal beda yang dirasakan perlu diketahui, yang menarik, dan sehubungan dengan kepentingan pembaca.

Berdasarkan keterangan dari United Press Nation

Definisi berita menurut keterangan dari United Press Nation (perkumpulan pers di Amerika) ialah segala sesuatu dan apa saja yang memunculkan minat bakal kehidupan dan dagangan dalam segala manifestasinya.


Berdasarkan keterangan dari Oxford Paperback Dictionary (1979)

Pengertian berita menurut keterangan dari Oxford Paperback Dictionary (1979) ditafsirkan sebagai peristiwa terbaru.
  • Informasi hangat mengenai sesuatu yang sudah terjadi, atau mengenai sesuatu yang belum diketahui sebelumnya.
  • Informasi yang disajikan oleh media seperti surat kabar, radio dan televisi.
  • Sesuatu atau seseorang yang di anggap oleh media adalahsubjek yang pantas untuk diberitakan.

Ciri-Ciri Berita

Sebuah berita pun mempunyai ciri-ciri dan ciri khas tertentu. Berikut merupakan sejumlah ciri-ciri berita selengkapnya.
  •     Informasi cocok dengan peristiwa yang faktual atau benar-benar terjadi.
  •     Berisi informasi yang aktual dan terkini atau baru-baru saja terjadi.
  •     Isi berita dapat unik perhatian masyarakat dan khalayak.
  •     Disampaikan dengan jelas dan cocok fakta.
  •     Menggunakan kalimat dan ucapan-ucapan yang simpel dan gampang dimengerti.
  •     Isi berita dapat diandalkan  kebenarannya (bukan berita palsu).
  •     Mengandung bagian 5W + 1H (what, who, when, where, why, how)

Unsur-Unsur Berita

Sebuah berita mesti mempunyai unsur-unsur tertentu, yang mencakup pertanyaan 5W + 1H, yaitu what, who, when, where, why, dan how. Berikut adalahpenjelasan unsur-unsur berita selengkapnya.

1. What (Apa)

What atau apa, ialah unsur yang menyatakan apa perisitwa atau kejadian yang dikabarkan sesuai kenyataan yang benar-benar terjadi.

2. Who (Siapa)

Who atau siapa, ialah unsur yang menyatakan siapa saja orang-orang atau pihak-pihak yang tercebur dalam peristiwa yang diberitakan.

3. When (Kapan)

When atau kapan, ialah unsur berita yang menyatakan waktu terjadinya suatu peristiwa yang diberitakan.

4. Where (Dimana)

Where atau dimana, ialah unsur yang menjelaskan tempat atau lokasi terjadinya suatu peristiwa yang sedang diberitakan.

5. Why (Mengapa)

Why atau mengapa, ialah unsur yang menyatakan apa dalil dan latar belakang sebuah peristiwa yang dikabarkan itu dapat terjadi.

6. How (Bagaimana)
How atau bagaimana, ialah unsur yang menyatakan bagaimana rinci proses dan kronologis peristiwa yang diberitakan dapat terjadi.

Syarat-Syarat Berita

Sebuah berita pun mempunyai syarat-syarat yang mesti dipenuhi. Berikut merupakan sejumlah syarat-syarat berita selengkapnya.
  • Faktual, dengan kata lain informasi pada berita sesuai kenyataan peristiwa yang benar-benar terjadi.
  • Aktual, dengan kata lain informasi pada berita mempunyai sifat terkini atau baru-baru saja terjadi.
  • Menarik, dengan kata lain berita mesti dapat menarik perhatian khalayak.
  • Akurat, dengan kata lain informasi pada berita mesti tepat dan tidak dibuat-buat.
  • Berimbang, dengan kata lain informasi mempunyai sifat netral dan tidak memihak.
  • Sistematis, dengan kata lain isi berita mesti dibentuk runtut sehingga gampang dipahami.
  • Lengkap, dengan kata lain isi berita mesti menyeluruh dan komplet dan tidak setengah-setengah.

Jenis-Jenis Berita

Ada sejumlah jenis dan macam-macam berita menurut isi dan teknik penyampaiannya. Berikut adalahjenis-jenis berita dan penjelasannya.

1. Straight News

Straight news atau berita langsung ialah jenis berita yang dikatakan secara singkat dan lugas serta langsung pada inti beritanya, seringkali berupa berita yang seketika atau tiba-tiba terjadi.

2. Depth News

Depth news atau berita mendalam ialah jenis berita yang dikembangkan dengan menelaah hal-hal pada informasi dasar sampai-sampai isi berita lebih rinci dan komprehensif.

3. Investigation News
Investigation news atau berita investigasi ialah jenis berita yang merasakan pengembangan menurut hasil investigasi atau riset dari sekian banyak  sumber informasi.

4. Interpretative News

Interpretative news atau berita interpretasi ialah jenis berita yang merasakan pengembangan disertai riset dan interpretasi dari pengarang atau reporter yang membuatnya.

5. Opinion News

Opinion news atau berita opini ialah salah satu jenis berita yang dikatakan menurut pendapat atau opini seseorang yang pantas dijadikan berita.

Nah itulah referensi tentang pengertian berita menurut keterangan dari para berpengalaman dan definisinya secara umum. Dijelaskan pun syarat dan ciri-ciri berita, unsur-unsur berita (5W + 1H), dan macam-macam berita. Semoga dapat menambah referensi pengetahuan.                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Berita | Definisi, Ciri-Ciri, Syarat, Unsur-Unsur, Jenis-Jenis"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel