Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Data | Definisi, Fungsi, Jenis-Jenis, dan Sumbernya

Dunia-Pendidik.Com - Data ialah sesuatu berupa daftar dari kenyataan yang nyata. Secara umum, pengertian data ialah kumpulan penjelasan atau pemaparan dasar dari sebuah hal yang didapatkan dari hasil pemantauan dan dapat diubah menjadi informasi atau format yang lebih kompleks, guna bahan pemungutan keputusan.

Pengertian Data | Definisi, Fungsi, Jenis-Jenis, dan Sumbernya

Di era modern, kita barangkali sering mendengar istilah data yang tidak jarang diucapkan. Data ada di dekat kita, sebab segala sesuatu yang faktual dari hasil pemantauan termasuk dalam data. Daftar data bisa memberi tidak sedikit informasi yang belum diketahui sebelumnya.

Namun data yang masih ‘mentah’ tidak bakal memiliki tidak sedikit manfaat. Bagi itu, data yang ada mesti diubah terlebih dahulu, sampai-sampai menghasilkan informasi dan benang merah yang bermanfaat. Ada tidak sedikit fungsi data, salah satunya guna bahan pemungutan keputusan.

Pengertian Data

Di bawah ini akan diterangkan pengertian data, baik pengertian secara umum maupun definisi menurut keterangan dari para ahli.

Definisi Data Secara Umum

Pengertian data secara umum ialah sekumpulan penjelasan atau kenyataan mentah berupa simbol, angka, kata-kata, atau citra, yang diperoleh melalui proses pemantauan atau penelusuran ke sumber-sumber tertentu.

Berdasarkan keterangan dari bahasa, kata data berasal dari bahasa latin, yakni datum yang berarti sesuatu yang diberikan. Data juga dapat diartikan sebagai hasil pengukuran atau pemantauan suatu variabel yang bentuknya bisa berupa simbol, warna, kata-kata, angka, atau citra.

Arti Data Berdasarkan keterangan dari KBBI

Pengertian data menurut keterangan dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah sebagai berikut.
  • Keterangan yang benar dan nyata.
  • Keterangan atau bahan nyata yang bisa dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan).

Pengertian Data Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Berikut akan dibicarakan apa saja pengertian data menurut keterangan dari pendapat semua ahli, dari domestik dan luar negeri.

Berdasarkan keterangan dari Mills (1984)

Pengertian data menurut keterangan dari Mills (1984) ialah sebuah kenyataan mentah, observasi atau kejadian dalam format angka dalam format angka atau simbol khusus.


Berdasarkan keterangan dari Robert N. Antony dan John Dearden

Definisi data ditafsirkan sebagai sebuah format jamak dari data item atau format tunggal datum.

Berdasarkan keterangan dari Arikunto Suharsimi (2002)

Berdasarkan keterangan dari Arikunto Suharsimi, definisi data ialah semua kenyataan dan angka-angka yang bisa dijadikan bahan untuk merangkai sebuah informasi.

Berdasarkan keterangan dari Siyoto dan Sodik (2015)
Pengertian data ialah sesuatu yang dikoleksi oleh peneliti berupa fakta pengalaman yang dipakai untuk memecahkan masalah atau membalas pertanyaan penelitian.

Berdasarkan keterangan dari Nuzulla Agustina

Definisi data ialah keterangan tentang suatu urusan yang sudah tidak jarang terjadi dan berupa himpunan fakta, angka, grafik tabel, gambar, lambang, kata, huruf, yang mengaku sesuatu pemikiran, objek, serta situasi dan situasi.

Berdasarkan keterangan dari Anhar

Arti data menurut keterangan dari Anhar ialah sesuatu yang diketahui atau dirasakan oleh orang yang mengamatinya.


Berdasarkan keterangan dari H.J. Sriyanto

Berdasarkan keterangan dari pendapat H.J. Sriyanto, definisi data ialah suatu penjelasan atau informasi mengenai objek penelitian.


Berdasarkan keterangan dari Kuswadi dan E. Mutiara
Pengertian data ialah sekumpulan penjelasan yang didapatkan dari suatu pemantauan yang bisa berupa angka, lambang, atau sifat.

Berdasarkan keterangan dari Kumorotomo dan Margono (2010)
Arti data ialah fakta yang tidak sedang dipakai pada proses keputusan, seringkali dicatat dan diarsipkan tanpa maksud guna segera dipungut kembali untuk pemungutan keputusan.

Berdasarkan keterangan dari Slamet Riyadi

Arti data menurut keterangan dari Slamet Riyadi ialah kumpulan penjelasan yang didapatkan dari pemantauan dimana data dapat berupa angka-angka atau lambang-lambang.

Berdasarkan keterangan dari Lia Kuswayatno
Pengertian data menurut keterangan dari Lia Kuswayatno adalahsebuah kejadian yang benar-benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan keterangan dari Gordon B. Davies

Data adalahbahan mentah untuk informasi yang dirumuskan sebagai kumpulan lambang-lambang tidak random yang mengindikasikan tindakan-tindakan, hal-hal dan sebagainya.

Berdasarkan keterangan dari Syafrizal Helim Situmorang
Data didefinisikan sebagai sekumpulan informasi atau nilai yang didapatkan dari hasil observasi (pengamatan) sebuah obyek.

Berdasarkan keterangan dari Kristanto

Data ditafsirkan sebagai suatu kenyataan mentah tentang objek yang dapat meminimalisir derajat ketidakpastian mengenai suatu suasana dan kejadian.

Berdasarkan keterangan dari Haer Thalib

Berdasarkan keterangan dari pendapat Haer Thalib, makna data didefinisikan sebagai sekumpulan kenyataan yang tak lain ialah sebuah kejadian atau kenyataan.

Berdasarkan keterangan dari Wahyu Supriyatno dan Ahmad Musin

Definisi data adalah sebuah bahan baku dari informasi atau simbol yang mewakili kuntitas, fakta, perbuatan benda, dan sebagainya.

Fungsi Data

Data memiliki tidak sedikit fungsi dan manfaat untuk manusia, lagipula setelah diubah menjadi suatu informasi yang penting. Berikut merupakan sejumlah fungsi data secara umum.
  • Menambah informasi dan wawasan pengetahuan
  • Sebagai bahan pemungutan keputusan dalam solusi masalah
  • Sebagai dasar atau pedoman dalam perencanaan
  • Sebagai acuan implementasi sebuah kegiatan
  • Sebagai dasar guna melakukan penilaian terhadap suatu pekerjaan yang sudah dilaksanakan

Jenis-Jenis Data

Data memiliki sejumlah jenis dan macam tertentu disaksikan dari kriteria dan hal tertentu. Berikut adalah jenis-jenis data selengkapnya.

Berdasarkan keterangan dari Sumbernya

  • Data internal, yaitu jenis data yang diperoleh dari dalam sebuah organisasi, tentang situasi dan suasana organisasi tersebut.
  • Data eksternal, yaitu jenis data yang diperoleh dari luar organisasi, tentang hal dari luar yang dapat mempengaruhi organisasi tersebut.

Berdasarkan keterangan dari Cara Memperolehnya

  • Data primer, yaitu jenis data yang dikoleksi secara langsung oleh orang yang mengerjakan pengamatan atau penelitian.
  • Data sekunder, yaitu jenis data yang dikoleksi secara tidak langsung dari sekian banyak  sumber yang telah ada sebelumnya.

Berdasarkan keterangan dari Sifatnya

  • Data kualitatif, yaitu jenis data yang ditetapkan dalam format verbal, teks, simbol atau gambar.
  • Data kuantitatif, yaitu jenis data yang ditetapkan dalam format angka, bilangan atau numerik.

Berdasarkan keterangan dari Waktu Pengumpulannya

  • Data cross section, yaitu jenis data yang dikoleksi sewaktu-waktu guna kepentingan pada saat tersebut saja.
  • Data rutin, yaitu jenis data yang dikumpulan secara rutin dari masa-masa ke masa-masa untuk memahami perkembangan sebuah peristiwa pada periode tertentu.

Sumber Data

Yang dimaksud sumber data ialah subjek dari mana data tersebut diperoleh. Sumber data dapat didapatkan dari mana saja yang terdapat di lingkungan selama kita.
  • Person, dimana sumber data diperoleh dari orang lain, dapat melalui wawancara atau lewat kuesioner.
  • Place, dimana sumber data berupa suatu tempat, menyajikan situasi tempat laksana alat, benda, situasi ruangan, dan sebagainya.
  • Process, dimana sumber data berasal dari kegiatan atau kegiatan, menyajikan data berupa tampilan suasana yang bergerak.
  • Paper, dimana sumber data berupa simbol yang menyajikan tanda-tanda laksana angka, huruf, simbol, dan beda sebagainya.

Nah itulah referensi tentang pengertian data menurut keterangan dari para berpengalaman dan definisinya secara umum beserta fungsi, manfaat, jenis-jenis, dan sumber data lengkap. Semoga dapat menjadi ekstra referensi dan meningkatkan wawasan.                       

Posting Komentar untuk "Pengertian Data | Definisi, Fungsi, Jenis-Jenis, dan Sumbernya"