Batas Wilayah Benua Eropa di Sebelah Utara, Timur, Barat, dan Selatan

Dunia-Pendidik.Com - Benua Eropa adalah salah satu nama benua yang terletak di atas garis khatulistiwa. Total luas lokasi benua Eropa sebesar 10.180.000 km persegi, dengan populasi menjangkau 780 juta jiwa penduduk. Saat ini terdapat 50 negara yang terdapat di area Eropa, tersebar di Eropa Utara, Eropa Barat, Eropa Tengah, Eropa Selatan, Eropa Tenggara, dan Eropa Timur.

Batas Wilayah Benua Eropa di Sebelah Utara, Timur, Barat, dan Selatan

Berdasarkan posisinya di peta, letak geografis benua Eropa menyatu dengan benua Asia yang dinamakan sebagai Eurasia. Wilayah benua Eropa terdiri dari dataran utama benua Eropa, pulau Britania Raya dan sekitarnya, pulau-pulau kecil di Italia dan pulau lain di dekat dataran Eropa.

Sementara menurut posisinya menurut keterangan dari garis bujur dan garis lintang, letak astronomis benua Eropa terletak pada 35°LU–71°LU dan 10°BB–66°BT. Benua Eropa menghampar dari bumi unsur barat hingga bumi bagian unsur timur serta borongan wilayahnya terletak di bumi unsur utara.

Benua Eropa pun memiliki wilayah perbatasan dengan distrik di sekitarnya, baik di sebelah utara, timur, barat, dan selatan. Secara singkat berikut batas distrik benua Eropa :
  •     Sebelah unsur utara : Samudera Arktik
  •     Sebelah unsur timur : Benua Asia, Pegunungan Ural, Laut Hitam
  •     Sebelah barat : Samudera Atlantik
  •     Sebelah unsur selatan : Laut Tengah, Benua Afrika, Laut Hitam

Batas Wilayah Benua Eropa

Berikut akan dibicarakan lebih detail tentang batas-batas distrik benua Eropa, baik batas daratan maupun batas perairan di sebelah utara, timur, barat, dan selatan.

Sebelah Utara

Di sebelah utara, benua Eropa berbatasan dengan distrik perairan Samudera Arktik. Letak Samudera Arktik terdapat di bagian unsur utara negara Rusia dan area Eropa Utara.

Sebelah Timur

Di sebelah timur, benua Eropa berbatasan dengan distrik Benua Asia. Batas antara Eropa dan Asia diceraikan oleh Pegunungan Ural. Eropa pun berbatasan dengan Laut Hitam yang terdapat di sebelah timur area Eropa Tenggara.

Sebelah Barat

Di sebelah barat, benua Eropa berbatasan dengan distrik perairan Samudera Atlantik, yang mengasingkan dataran Eropa dengan benua Amerika.

Sebelah Selatan

Di sebelah selatan, benua Eropa berbatasan dengan Laut Tengah atau Laut Mediterania yang mengasingkan Benua Eropa dengan Benua Afrika. Eropa pun berbatasan dengan Laut Hitam yang terdapat di sebelah selatan area Eropa Timur.

Nah itulah referensi tentang batas-batas distrik benua Eropa di sebelah utara, timur, barat, dan selatan, baik batas distrik daratan maupun batas distrik perairan atau lautan.

Belum ada Komentar untuk "Batas Wilayah Benua Eropa di Sebelah Utara, Timur, Barat, dan Selatan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel