Ciri-Ciri Virus Secara Umum | Karakteristik, Struktur, Ukuran, Bentuk

Dunia-Pendidik.Com - Virus ialah mikroorganisme yang berukuran kecil dan menjadi penyebab sekian banyak  penyakit. Virus dapat menginfeksi organisme hidup beda dan bereproduksi di dalamnya. Virus memiliki sejumlah ciri-ciri dan ciri khas tertentu, disaksikan dari bentuk, struktur, ukuran, dan definisinya.

Secara umum, definisi virus ialah suatu mikroorganisme patogen yang menginfeksi sel makhluk hidup. Virus melulu dapat bereplikasi di dalam sel organisme atau makhluk hidup sebab virus tidak mempunyai perlengkapan seluler guna bereproduksi sendiri.

Ciri-Ciri Virus Secara Umum | Karakteristik, Struktur, Ukuran, Bentuk

Virus bisa menginfeksi sekian banyak  jenis makhluk hidup, mulai dari hewan, tanaman atau insan sekalipun. Klasifikasi virus juga ada tidak sedikit jenis dan macam-macamnya, umumnya dapat dibedakan menurut jenis genom (DNA atau RNA) atau menurut cara replikasinya.

Ada tidak sedikit contoh virus yang menyerang organisme dan memunculkan penyakit dan fenomena lainnya. Contohnya ialah virus HIV, virus flu burung, virus influenza (flu), virus campak atau virus CONVID-19 atau Coronavirus yang sempat menjadi wabah pandemi global pada tahun 2020 lalu.

Ciri-Ciri Virus


Di bawah ini adalah sejumlah ciri-ciri dan ciri khas virus secara umum beserta penjelasannya lengkap.

Berukuran Sangat Kecil

Ciri-ciri virus yang utama dapat disaksikan dari ukurannya. Virus tergolong parasit yang berukuran paling kecil atau mikroskopik yang tak dapat disaksikan dengan mata biasa. Ukuran virus diduga ada pada kisaran 20 hingga 300 nanometer.

Hanya Dapat Dilihat dengan Mikroskop Elektron

Karena ukurannya yang paling kecil, virus tidak dapat disaksikan dengan mata insan atau bahkan mikroskop biasa sekalipun. Bagi melihat format virus, hanya dapat menggunakan mikroskop elektron. Mikroskop itu memiliki faedah mikroskop dengan tingkat pembesaran yang berlipat-lipat.

Bersifat Parasit

Virus mempunyai sifat parasit. Artinya virus hanya dapat hidup dengan teknik parasit intraselluler obligat atau hanya dapat hidup pada sel hidup.

Bentuk Tubuh Virus Bervariasi

Bentuk tubuh virus paling bervariasi dan beragam. Ada virus yang berbentuk batang, terdapat yang berbentuk oval atau bulat, dan terdapat pula yang berbentuk persegi panjang. Virus pun ada yang berbentuk filame serta berbentuk laksana huruf T.

Tubuh Virus Tidak Berbentuk Sel
Tubuh virus sendiri tidak berbentuk sel laksana layaknya organisme hidup lain. Hal ini menciptakan virus tidak mempunyai inti sel. Virus pun tidak mempunyai organel sel lainnya laksana membran plasma atau sitoplasma laksana makhluk hidup pada umumnya.

Hanya Memiliki 1 Jenis Asam Nukleat

Virus melulu mempunyai 1 jenis asam nukleat yang diselubungi oleh kapsid atau selubung protein. Asam nukleat ini yakni DNA atau RNA.

Merupakan Makhluk Metaorganisme

Virus adalah suatu makhluk metaorganisme. Makhluk metaorganisme adalah suatu format peralihan antara benda mati yang mempunyai sifat bisa dikristalkan denga format sebagai makhluk hidup yang bisa berkembang biak.

Bisa Menular ke Organisme Lain

Karakteristik virus yang terakhir ialah virus bisa menular ke organisme lain. Penyebaran virus dari organisme ke organisme pun beda bervariasi mediumnya dan tingkat kemudahannya. Hal ini membuat tidak sedikit penyakit menular pada manusia dampak virus.

Virus menjadi sebuah parasit yang berukuran paling kecil yang dapat menginfeksi organisme hidup lainnya. Semoga dapat menambah referensi pengetahuan.      

Belum ada Komentar untuk "Ciri-Ciri Virus Secara Umum | Karakteristik, Struktur, Ukuran, Bentuk"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel