Fungsi dan Tujuan Norma Untuk Kehidupan Masyarakat

Dunia-Pendidik.Com - Norma ialah suatu  tatanan dan pedoman perilaku yang diciptakan manusia sebagai makhluk sosial. Fungsi norma sangat urgen dalam hubungan insan untuk berinteraksi dalam lingkungan masyarakat sekitar. Adanya norma pun bertujuan untuk membuat situasi dan situasi yang aman, damai, dan tentram.

Secara umum, pengertian dan definisi norma ialah kaidah, ketentuan, aturan, kriteria, atau kriteria yang berisi nilai tertentu yang mesti dipatuhi masyarakat dalam berbuat, bertingkah laku dan berinteraksi antar insan sehingga terbentuk masyarakat yang tertib, tertata dan aman.

Fungsi dan Tujuan Norma Untuk Kehidupan Masyarakat

Sedangkan menurut keterangan dari KBBI, norma ditafsirkan sebagai aturan atau peraturan yang mengikat warga kumpulan di masyarakat, digunakan sebagai panduan, tatanan, dan kendalian tingkah laku, yang cocok dan berterima. Arti norma memang tidak terdapat yang baku, namun tidak cukup lebih didefinisikan laksana itu.

Norma terdiri dari sejumlah macam dan jenis. Contoh macam-macam norma misalnya ialah norma agama, norma kesopanan, norma hukum, dan norma susila. Adanya norma pun memiliki faedah dan destinasi masing-masing untuk ketertiban dan kedamaian sebuah lingkungan masyarakat tertentu.

Tujuan Norma

Tujuan norma yang utama ialah sebagai pedoman, tuntunan dan tata tertib untuk para anggota masyarakat supaya tercipta kehidupan masyarakat yang teratur, tertib, dan tentram. Norma mesti diterapkan dan dilakukan oleh tiap unsur masyarakat tanpa terkecuali.

Norma pun bertujuan untuk menata tingkah laku masyarakat dalam memisahkan mana yang benar dan mana tidak benar. Adanya nilai dan norma bakal mewujudkan lingkungan masyarakat yang nyaman, rukun, damai, adil, makmur, sejahtera, dan tertib.

Fungsi Norma
Aturan-aturan norma pasti mempunyai fungsi untuk masyarakat, yang merupakan format penjabaran dari destinasi norma di atas. Berikut adalah fungsi-fungsi norma untuk masyarakat secara umum.

Sebagai Pedoman dalam Kehidupan Masyarakat

Fungsi norma yang sangat utama utama ialah sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat. Norma menata apa saja yang boleh dilaksanakan serta apa saja yang tidak boleh dilaksanakan dalam lingkup interaksi dengan masyarakat lain.

Mengatur Tingkah Laku Masyarakat

Norma juga bermanfaat untuk menata tingkah laku masyarakat supaya sesuai dengan nilai yang berlaku. Artinya norma juga dapat berbeda-beda dan bergantung pada lokasi atau wilayah tertentu, dan menyesuaikan aturan yang terdapat di wilayah tersebut.

Mewujudkan Ketertiban Masyarakat
Jika norma telah dipatuhi, pasti akan terwujud ketertiban dalam lingkungan masyarakat. Situasi dan situasi dalam lingkungan itu akan menjadi lebih tertib, aman, dan adil, sampai-sampai memberi akibat positif yang dapat langsung dirasakan.

Menciptakan Kerukunan Antar Individu

Fungsi norma pun penting untuk membuat kerukunan dalam lingkungan masyarakat. Jika sudah melakukan dan beraksi sesuai nilai dan norma yang belaku, maka antar pribadi akan hidup bareng secara rukun dan harmonis satu sama lain.

Melindungi Hak-Hak Masyarakat

Norma bermanfaat juga untuk mengayomi hak-hak sipil untuk tiap anggota masyarakat. Adanya norma menciptakan tiap orang tidak dapat sewenang-wenang sehingga mengayomi hak-hak dasar orang beda dalam sebuah lingkungan.

Mewujudkan Ketentraman dan Kemakmuran
Norma dan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat pun mampu mewujudkan ketentraman dan kemakmuran. Jika tiap pribadi sudah beraksi sesuai dengan norma, maka kondisi akan menjadi tentram, makmur, dan sejahtera.

Sebagai Dasar Pemberian Sanksi Untuk yang Melanggar Norma

Norma pun mempunyai sanksi dan konsekuensi untuk orang yang melanggarnya. Adanya norma bermanfaat sebagai dasar guna memberi sanksi untuk yang melanggar norma, dapat berupa sanksi moral, sanksi denda atau bahkan sanksi pidana.

Mencapai Tujuan Bersama Masyarakat

Fungsi norma yang terakhir ialah untuk menjangkau tujuan bareng masyarakat. Tujuan kolektif ini hanya dapat diwujudkan andai semua unsur masyarakat saling bersinergi satu sama lain cocok dengan norma-norma yang terdapat dan berkembang.

Nah itulah referensi faedah dan destinasi norma secara umum untuk kehidupan masyarakat. Norma mesti dijalankan oleh tiap indiviu tanpa terkecuali dan tanpa membedakan ruang belajar sosialnya demi terwujud lingkungan masyarakat yang rukun, aman, tertib, dan tentram.                        

Belum ada Komentar untuk "Fungsi dan Tujuan Norma Untuk Kehidupan Masyarakat "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel