Pengertian Isolasi Secara Umum dalam Berbagai Bidang

Dunia-Pendidik.Com - Isolasi ialah sesuatu yang terpisah dan tidak terhubung ke hal-hal lain. Dalam penjabarannya, kata isolasi memiliki pengertian yang lebih luas lagi, tergantung pada konteksnya, dapat diterapkan pada bidang medis dan kesehatan, bidang sosial, bidang kiat atau bahkan bidang perikanan.

Isolasi adalah sebuah kata yang memiliki pengertian tergantung pada konteks dan bidangnya. Misalnya pada bidang medis dan kesehatan, kata isolasi merujuk pada perbuatan yang dipungut dalam pengendalian infeksi supaya tidak menyebar dari satu pasien ke pasien lain.

Pengertian Isolasi Secara Umum dalam Berbagai Bidang

Untuk tersebut pasien yang terpapar penyakit menular mesti diisolasi atau diceraikan dari pasien lain, supaya tidak menularkan penyakitnya pada orang lain. Langkah ini menjadi penting dibuntuti terutama ketika menghadapi penyakit pandemik dengan tingkat penularan yang tinggi, contohnya yaitu virus Corona atau Convid-19.

Isolasi juga dapat diterapkan pada bidang sosial, yakni format pemisahan atau pengucilan pribadi atau kumpulan dari lingkungan masyarakat sebab satu karena dan beda hal. Isolasi mempunyai sinonim pengasingan, pemencilan atau pengucilan.

Pengertian Isolasi

Berikut akan diberikan apa saja definisi dan pengertian isolasi menurut keterangan dari KBBI ataupun secara umum.

Arti Isolasi Berdasarkan keterangan dari KBBI

Pengertian isolasi menurut keterangan dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah sebagai berikut:
  • Pemisahan sebuah hal dari hal beda atau usaha guna memencilkan insan dari insan lain
  • Pengasingan, pemencilan, atau pengucilan
  • Keadaan terpencilnya satu wilayah sebab jauh dari hubungan kemudian lintas
  • Penyekatan (penghambatan atau penahanan) arus listrik oleh sebuah bahan sampai-sampai arus tersebut tidak bisa mengalir
  • (bidang perikanan) Pemisahan satu kumpulan ikan dari kumpulan ikan lain sampai-sampai perkawinan antarkelompok bisa dihindari

Pengertian Isolasi Secara Umum
Isolasi dapat ditafsirkan sebagai format pemisahan atau pembuangan seseorang atau kelompok sebab adanya sejumlah sebab tertentu yang mengharuskan urusan tersebut dilakukan.

Isolasi Kesehatan

Pada bidang kesehatan, isolasi dilaksanakan jika terdapat seorang pasien infeksi penyakit menular. Tujuan isolasi pada bidang medis dilakukan supaya pasien itu tidak menularkan penyakitnya pada pasien beda atau pada tenaga medis di lokasi tinggal sakit.

Isolasi Sosial

Pada bidang sosial, seseorang diisolasi atau dipisahkan jika dirasakan melanggar norma atau aturan yang berlaku pada lingkungan masyarakat. Isolasi dilaksanakan sebagai format sanksi atau hukuman untuk menyerahkan efek jera.

Isolasi Kimia

Pada bidang kimia, cara isolasi dilaksanakan dengan teknik memisahkan suatu senyawa yang sudah tercampur satu sama lain. Tujuan isolasi di bidang kimia ini dilakukan supaya para peneliti dapat menghasilkan senyawa yang mempunyai sifat tunggal.

Isolasi Fisika
Sementara isolasi di bidang fisika terjadi ketika penyekat (non konduktor) untuk menangkal aliran listrik maupun aliran panas. Isolasi panas ialah bahan yang meminimalisir aliran panas, sementara isolasi listrik ialah bahan penghantar listrik yang buruk.


Isolasi Hukum

Ada pun isolasi di bidang hukum, yaitu pemberian sanksi pada terpidana yang mengerjakan pelanggaran dengan menempatkannya pada penjara khusus. Terpidana itu akan merasa terasingkan sebab terpisah dari dunia luar.

Nah itulah referensi definisi isolasi secara umum serta definisinya menurut keterangan dari KBBI dari sekian banyak  bidang, mulai dari kesehatan, sosial, fisika, kimia, dan hukum. Semoga dapat menjadi referensi dalam mengetahui apa tersebut makna dan makna isolasi.                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Isolasi Secara Umum dalam Berbagai Bidang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel