Struktur Virus Beserta Bentuk Tubuh, Ukuran, dan Ciri-Cirinya

Dunia-Pendidik.Com - Definisi dan definisi virus ialah mikroorganisme patogen yang menginfeksi sel makhluk hidup. Virus dapat ditafsirkan sebagai suatu parasit yang berukuran paling kecil atau mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis beda dan melulu dapat bereplikasi di dalam sel makhluk hidup lain.

Bentuk virus juga bermacam-macam, tergantung jenis virusnya. Virus dapat berbentuk bulat, oval, batang, polihidris atau berbentuk serupa huruf T. Virus dapat menginfeksi sekian banyak  jenis makhluk hidup mulai dari hewan, tumbuhan, bakteri atau insan pula.

Struktur Virus Beserta Bentuk Tubuh, Ukuran, dan Ciri-Cirinya


Virus memiliki ciri khas tertentu. Sejumlah ciri-ciri virus antara lain ialah ukurannya paling kecil, yaitu sekitar 20 hingga 300 nanometer. Selain tersebut virus mempunyai sifat parasit atau hidup pada sel organisme beda serta melulu mempunyai 1 jenis asam nukleat.

Karakteristik virus juga disaksikan dari strukturnya. Tubuh virus tidak berbentuk sel, yang berarti virus tidak mempunyai inti sel, membran plasma atau sitoplasma laksana makhluk hidup lain. Virus pun mempunyai sejumlah komponen atau bagian-bagian yang terdapat di dalamnya.

Struktur Virus

Berikut ini adalah struktur tubuh virus secara umum, terdiri dari kepala virus, isi tubuh virus, dan ekor virus selengkapnya.

Kepala Virus

Bagian-bagian virus yang utama ialah bagian kepala virus. Bagian kepala ini mengandung DNA atau RNA yang menjadi bahan genetik kehidupannya. Selain tersebut kepala virus pun diselebungi oleh kapsid.

Kapsid ialah selubung yang berupa protein dan tersusun dari satu unit protein atau dinamakan sebagai kapsomer. Bentuk kapsid tergantung pada jenis virusnya, dapat berbentuk bulat, heliks atau yang lebih perumahan lagi. Kapsid dapat tersusun dari satu atau tidak sedikit unit kapsomer.

Fungsi kapsid urgen untuk memberi bentuk untuk virus, mengayomi asam nukleat yang dari kehancuran dan meluangkan protein enzim supaya virus dapat menembus membran sel inang saat mengerjakan infeksi.

Isi Tubuh Virus

Isi tubuh virus dinamakan sebagai virion. Bagian ini adalah bahan genetik yang berupa di antara tipe asam nukleat (DNA atau RNA). Tipe asam nukleat yang dipunyai virus bakal mempengaruhi format tubuh virus tersebut sendiri.

Virus dengan isi tubuh berupa RNA biasanya format virusnya serupa kubus, bulat, atau polihedral. Contoh virus seperti tersebut dapat disaksikan pada virus-virus penyebab penyakit polyomyelitis, virus influenza, dan virus radang mulut dan kuku.

Ekor Virus

Ekor virus pun jadi di antara komponen virus yang penting. Fungsi ekor virus ialah sebagai alat guna menempelkan diri atau menancap pada sel inang pada organisme tertentu.

Ekor virus yang melekat di kepala ini lazimnya terdiri atas sejumlah tabung tersumbat yang mengandung benang dan serat halus atau serabut-serabut yang menyebar.
 
Selain tersebut juga ada sejumlah komponen tambahan laksana kapsid yang jadi selubung.

Belum ada Komentar untuk "Struktur Virus Beserta Bentuk Tubuh, Ukuran, dan Ciri-Cirinya "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel