Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya Beserta Gambar & Penjelasannya


Dunia-Pendidik.Com - Mata ialah salah satu unsur tubuh penting untuk manusia. Fungsi mata ialah sebagai perangkat indra penglihatan sampai-sampai manusia dapat melihat. Ada tidak sedikit bagian-bagian mata, baik unsur luar laksana alis dan kelopak atau juga bagian dalam laksana kornea, pupil dan retina.
 

Dengan adanya mata, kita dapat melihat objek beda dengan pertolongan cahaya. Sistem kerja mata lumayan kompleks sebab mengharuskan ketersinambungan dari bagian-bagian mata yang ada.

Secara umum ada sejumlah bagian-bagian mata laksana kornea, iris, pupil, lensa, retina dan sklera. Tiap bagian pasti memiliki teknik kerja dan faedah masing-masing yang saling berhubungan satu sama lain. Apa sajakah bagian-bagian mata dan apa saja fungsinya?

 

Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya Beserta Gambar & Penjelasannya

Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya

Secara umum faedah bagian-bagian mata dipecah menjadi dua yaitu bagian luar mata dan unsur dalam mata. Berikut kami sampaikan semua bagian-bagian mata beserta faedah dan penjelasannya lengkap.

Bagian Luar Mata

Terdapat 4 unsur luar mata yang dapat diamati dari luar, yakni kelopak mata, bulu mata, alis mata dan kelenjar air mata.


1. Kelopak mata

Kelopak mata bermanfaat untuk mengayomi dan memblokir mata. Fungsi kelopak mata mengawal dari masuknya benda asing dari luar mata contohnya seperti debu, pasir, asap atau serpihan lainnya. Kelopak mata pun penting guna menyapu bola mata dengan cairan dan menata jumlah cahaya yang masuk mengarah ke mata.


2. Bulu mata

Bulu mata menjadi di antara bagian luar mata yang mudah diidentifikasi. Fungsi bulu mata antara lain ialah untuk meminimalisir cahaya yang masuk ke dalam mata dan pun mencegah masuknya objek kecil ke dalam mata, sebut saja laksana debu, pasir atau kotoran.


3. Alis mata

Alis mata menjadi di antara bagian luar mata yang lumayan menonjol. Fungsi alis mata ialah berfungsi untuk menyangga keringat dari atas dahi supaya tidak masuk ke dalam unsur dalam mata.


4. Kelenjar air mata

Fungsi kelenjar air mata ialah untuk menghasilkan air mata. Hal ini pentign untuk mengairi mata dan mengawal mata tetap lembab. Selain tersebut kelenjar air mata juga bermanfaat untuk mencuci debu dan membunuh sekian banyak  bibit penyakit di dalam mata.

Bagian Dalam Mata

Terdapat sejumlah bagian dalam mata di antaranya ialah kornea, iris, pupil, retina, lensa, otot mata dan sklera.


5. Kornea

Kornea ialah bagian mata yang terletak di lapisan sangat luar. Bagian kornea berupa selaput jernih dan mempunyai sifat transparan, sampai-sampai memungkinkan cahaya bisa masuk dalam sel-sel penerima cahaya di dalam bola mata. Fungsi korena ialah untuk mengayomi mata dari benda-benda asing dan mengerjakan refraksi di lensa mata.


6. Iris

Iris ialah bagian mata yagn bermanfaat untuk menata besar kecilnya pupil. Iris juga bermanfaat memberi warna pada mata. Ada tidak sedikit ras dengan warna bertolak belakang seperti mata yang berwarna biru, hijau atau cokelat, semuanya dapat terjadi karena faedah iris. Hal ini yang menciptakan iris dikenal sebagai selaput pelangi.


7. Pupil

Pupil adalah bagian mata berupa lubang kecil. Fungsi pupil ialah mengatur jumlah cahaya yang masuk ke bola mata. Besar kecilnya pupil ditata oleh iris. Pupil bakal mengecil andai cahaya yang masuk terlampau terang, sedangkan pupil bakal membesar andai cahaya yang datang terlampau redup.


8. Retina

Retina atau selaput jala adalah bagian mata berupa lapisan tipis sel yang terdapat di unsur belakang bola mata. Fungsi retina ialah untuk menangkap bayang-bayang yang disusun lensa mata guna kemudian diolah menyadi sinyal syaraf. Retina mempunyai dua sel fotoreseptor yakni rods dan cones sampai-sampai termasuk sebagai unsur mata yang paling sensitif terhadap cahaya.


9. Lensa

Fungsi lensa mata ialah untuk menyusun sebuah gambar. Gambar yang disusun lensa mata lantas diteruskan dan diterima retina. Lensa bisa menipis atau menebal cocok dengan jarak mata dengan benda yang dilihatnya. Jika jarak benda terlampau dekat, maka lensa bakal menipis, sementara andai jarak terlampau jauh, maka lensa mata bakal menebal.


10. Koroid

Koroid ialah bagian mata berupa dinding mata. Fungsi koroid ialah untuk menyuplai oksigen dan nutrisi guna bagian-bagian mata yang lain, terutama retina. Biasanya koroid mempunyai warna cokelat kehitaman atau hitam, tujuannya supaya cahaya tidak dipantulkan kembali.


11. Aqueos humor

Bagian mata aqueos humor adalah cairan yang serupa plasma berlendir transparan yang memiliki fokus protein yang rendah. Aqueous humor diproduksi oleh silia tubuh. Fungsi aqueos humor ialah sebagai struktur penyokong lensa.


12. Vitreous humor

Berikutnya ialah bagian vitreous humor. Bagian mata ini pun dikenal sebagai badan vitreous. Bentuk vitreous humor ialah berupa semacam gel. Fungsi vitreous humor ialah berfungsi untuk memenuhi ruang antara retina dan lensa.


13. Saraf optik

Saraf optik atau saraf mata menjadi unsur mata yang lumayan penting. Fungsi saraf optik ialah untuk meneruskan informasi bayang-bayang benda yang diterima retina mengarah ke ke otak. Saraf ini penting supaya kita bisa menilai bagaimana format suatu benda yang anda lihat. Jika syaraf optik ini bobrok dapat menyebabkan kebutaan mata.


14. Bintik kuning

Salah satu unsur mata yang sangat sensitif terhadap cahaya ialah bintik kuning ini. Jika bayang-bayang benda jatuh pada bintik kuning, maka benda bakal terlihat jelas. Sebaliknya, bila bayang-bayang benda jatuh sebelum atau setelah bagian ini, maka benda itu akan tampak kabur atau tidak begitu jelas.


15. Bintik buta

Bintik buta atau pun disebut sebagai blind spot ialah bagian mata yang tidak sensitif terhadap cahaya. Hal ini berbanding terbalik dengan unsur bintik kuning. Jika bayang-bayang benda jatuh pada bintik buta, maka benda tidak bisa terlihat jelas oleh mata.


16. Otot mata

Salah satu unsur mata ialah otot mata. Fungsi otot mata ialah membantu teknik kerjanya lensa mata dalam menciptakan lensa mencembung atau memipih atau yang dikenal sebagai daya akomodasi mata. Otot mata menahan lensa mata dan bentuknya serupa kristal.


17. Sklera

Sklera adalah bagian mata yang berupa dinding putih mata dan dinamakan sebagai selaput putih. Bagian mata sklera ini mempunyai ketebalan rata-rata selama 1 milimeter, dan dapat juga menembal hingga 3 milimeter diakibatkan karena adanya otot irensi. Fungsi sklera ialah untuk mengayomi struktur mata dan menolong mempertahankan format mata.

Nah itulah refereni bagian-bagian mata beserta kegunaannya beserta keterangan lengkapnya. Fungsi mata paling penting untuk manusia sebagai perangkat indra penglihatan. Dengan mata kita dapat melihat objek lain. Untuk tersebut kita mesti mengawal kesehatan mata dan bagian-bagian mata dengan baik dan berkala.
        

Posting Komentar untuk "Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya Beserta Gambar & Penjelasannya"