Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian-Bagian Otak dan Fungsinya Beserta Penjelasan


Dunia-Pendidik.Com - Otak adalah salah satu unsur yang urgen dalam tubuh manusia. Otak menjadi pusat kontrol dan saraf untuk manusia sehingga dapat beraktivitas secara normal. Tentu benak bisa bermanfaat karena adanya bagian-bagian dan komponen yang terus bekerja menjalankan faedah masing-masing.

Secara umum, sejumlah fungsi benak yang sangat esensial ialah sebagai struktur pusat penataan saraf serta menata proses beranggapan dan bergerak manusia. Otak pun penting dalam menata hal-hal emosional laksana perasaan, ingatan, emosi, logika sampai persepsi.

Meski tampak simple, tetapi otak adalah bagian tubuh yang paling kompleks dengan teknik kerja yang tidak sederhana. Cara kerja benak pun dipecah menjadi sejumlah komponen yang ada. Tiap unsur pada benak mempunyai struktur dan faedah masing-masing yang berbeda.

 

Bagian-Bagian Otak dan Fungsinya Beserta Penjelasan

Bagian-Bagian Otak

Berikut akan dibicarakan apa saja bagian-bagian benak pada insan beserta fungsi, struktur, dan penjelasannya lengkap.


1. Otak Besar (Cerebrum)

Otak besar adalah bagian benak yang sangat besar ukurannya. Nama lainnya ialah cerebrum. Permukaan luar benak besar dinamakan korteks serebri. Otak besar dipecah menjadi dua bagian, yakni benak kiri dan benak kanan. Kedua bagian dinamakan sebagai hemisfer sebelah kiri dan kanan.

Tiap bagian menata bagian tubuh yang berlawanan, belahan kiri menata tubuh unsur kanan dan sebaliknya. Bagian hemisfer ini dipecah lagi menjadi unsur yang dinamakan sebagai lobus.

  • Lobus frontalis (bagian depan), bermanfaat mengendalikan gerakan dan memori, proses berpikir, solusi masalah, pemungutan keputusan, dan mengontrol emosi.
  • Lobus parietal (bagian atas), bermanfaat mengendalikan sentuhan dan desakan serta mengendalikan orientasi spasial atau pemahaman mengenai ukuran, bentuk, dan arah.
  • Lobus temporal (bagian samping), bermanfaat mengendalikan indra pendengaran, ingatan, dan emosi serta dalam faedah bicara.
  • Lobus oksipital (bagian belakang), bermanfaat mengendalikan faedah penglihatan.


2. Otak Kecil (Cerebellum)

Otak kecil disebut pun sebagai cerebellum. Letaknya terdapat di unsur belakang, tepatnya di bawah lobus oksipital. Fungsi benak kecil urgen untuk mengontrol keseimbangan, pergerakan, dan koordinasi tubuh serta untuk keterampilan motorik dan koordinasi anggota tubuh.

Secara umum, bagian benak kecil dipecah menjadi 3 (tiga) unsur yaitui:

  • Spinoserebelum, bermanfaat untuk mengendalikan keterampilan otot dan gerakan tubuh.
  • Vestibuloserebelum, bermanfaat untuk mengendalikan dan menjaga ekuilibrium pergerakan mata.
  • Sereberoserebelum, bermanfaat menyimpan memori, mengerjakan perencanaan, dan menginisiasi gerakan yang disadari.


3. Batang Otak

Batang benak adalah bagian benak yang ada di depan benak kecil. Bagian ini menyambung ke rangkaian saraf di tulang belakang. Batang benak disebut pun sebagai brainsteam.

Batang benak memiliki faedah yang penting, sebab ia bertugas guna menyebarkan informasi dari benak ke semua tubuh. Batang benak kemudian dipecah lagi menjadi 3 (tiga) unsur utama, yaitu:

  • Otak tengah, bermanfaat untuk menata pergerakan mata memproses informasi visual dan suara yang diterima oleh otak.
  • Pons, bermanfaat menghubungkan sekian banyak  bagian otak, pergerakan wajah dan mengirimkan informasi sensori ke otak.
  • Medulla oblongata, bermanfaat sebagai pusat pengaturan faedah jantung dan paru-paru.


4. Sistem Limbik

Sistem limbik adalah bagian benak yang bersangkutan dengan perasaan atau emosi manusia. Letaknya terdapat di bawah bagian benak besar. Dalam unsur ini, terdiri dari sejumlah komponen, di antaranya ialah talamus, hipotalamus, amigdala, dan hippocampus.

  • Talamus, bermanfaat sebagai terminal transit guna memproses dan mengalihkan informasi tentang pergerakan sensor di otak.
  • Hipotalamus, bermanfaat mengontrol rasa lapar dan haus, menata suhu tubuh dan desakan darah, serta mengontrol siklus tidur.
  • Amigdala, bermanfaat untuk mengubah ingatan, pemungutan keputusan, dan reaksi emosi.
  • Hippocampus, bermanfaat membentuk kenangan spasial dan navigasi serta membentuk memori baru yang bersangkutan dengan peristiwa yang sudah dialami.


4. Ganglia basalis

Ganglia basalis adalah bagian benak yang berupa sekelompok struktur yang mengelilingi beberapa dari talamus di otak. Fungsinya urgen untuk menata pergerakan serta guna mengelola pesan untuk dikatakan atau diantarkan antara sejumlah bagian otak.

Bagian ganglia basal ini pun dihubungkan ke benak bagian tengah oleh dua komponen yang disebut red nuclei atau sel saraf berwarna merah, serta substantia nigra.

Di samping bagian-bagian di atas, terdapat juga sejumlah bagian benak lain yang memiliki faedah masing-masing, yaitu sebagai berikut:

  • Cairan serebrospinal, bermanfaat menghilangkan produk limbah atau saldo metabolisme dari benak serta mengayomi otak dan saraf tulang belakang.
  • Meninges, bermanfaat sebagai penutup dan pelindung benak serta saraf tulang belakang.
  • Corpus callosum, bermanfaat menghubungkan atau mengkomunikasikan antara kedua belahan benak kanan dan benak kiri.
  • Kelenjar pituitari, bermanfaat menghasilkan hormon untuk menata dan memicu kelenjar beda di tubuh guna bekerja.
  • Kelenjar pineal, bermanfaat dalam pertumbuhan seksual serta memproduksi hormon melatonin guna pola tidur.
  • Ventrikel, bermanfaat untuk menghasilkan cairan serebrospinal dan terdiri dari 4 (empat) ventrikel.
  • Saraf kranial, bermanfaat dalam indra penglihatan, pendengaran, penciuman, perasa, ekspresi wajah, keseimbangan, dan mengendalikan otot-otot organ internal.


Nah itulah referensi bagian-bagian benak beserta faedah dan penjelasannya. Otak insan memiliki sekian banyak  komponen yang mempunyai struktur dan faedah masing-masing dalam proses berpikir, menalar, bergerak, keseimbangan, dan lain-lain.                       

Posting Komentar untuk "Bagian-Bagian Otak dan Fungsinya Beserta Penjelasan "