Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Batas Wilayah Benua Afrika di Sebelah Utara, Timur, Barat, dan Selatan


Dunia-Pendidik.Com - Benua Afrika adalah salah satu nama benua yang adalah benua terluas kedua di dunia. Total luas benua Afrika ialah 30.370.000, dengan jumlah penduduk diduga mencapai 1,3 miliar jiwa. Saat ini terdapat 54 negara yang terdapat di benua Afrika yang tersebar di sejumlah kawasan.


Berdasarkan posisinya di peta, letak geografis benua Afrika dijepit oleh dua benua, yaitu Samudera Atlantik di sebelah barat dan Samudera Hindia di sebelah timur. Ada sejumlah kawasan yang terdapat di benua Afrika, antara lain yaitu Afrika Utara, Afrika Barat, Afrika Tengah, Afrika Timur, dan Afrika Selatan.

Sementara menurut posisinya menurut keterangan dari garis bujur dan garis lintang, letak astronomis benua Afrika terletak pada 35°LU–33°LS dan 18°BT–53°BT. Benua Afrika menghampar dari bumi bagian unsur utara sampai bumi bagian unsur selatan serta borongan wilayahnya terletak di bumi unsur timur.

Benua Afrika pun memiliki wilayah perbatasan dengan distrik di sekitarnya, baik di sebelah utara, timur, barat, dan selatan. Secara singkat berikut batas distrik benua Afrika :

Batas Wilayah Benua Afrika di Sebelah Utara, Timur, Barat, dan Selatan

  •     Sebelah unsur utara : Laut Mediterania, Benua Eropa
  •     Sebelah unsur timur : Samudera Hindia, Laut Merah, Benua Asia
  •     Sebelah barat : Samudera Atlantik
  •     Sebelah unsur selatan : Samudera Hindia, Samudera Antartika


Batas Wilayah Benua Afrika

Berikut akan dibicarakan lebih detail tentang batas-batas distrik benua Afrika, baik batas daratan maupun batas perairan di sebelah utara, timur, barat, dan selatan.


Sebelah Utara

Di sebelah utara, benua Afrika berbatasan dengan distrik Laut Tengah atau disebut pun Laut Mediterania. Perairan Laut Mediterania pun memisahkan Benua Afrika dengan dataran Benua Eropa.


Sebelah Timur

Di sebelah timur, benua Afrika berbatasan dengan distrik perairan Samudera Hindia. Afrika pun berbatasan dengan Benua Asia di sebelah unsur timur yang diceraikan oleh Laut Merah.


Sebelah Barat

Di sebelah barat, benua Afrika berbatasan dengan distrik perairan Samudera Atlantik.


Sebelah Selatan

Di sebelah selatan, benua Afrika berbatasan dengan distrik perairan Samudera Hindia atau Samudera Antartika (Samudera Selatan). Kedua samudera itu memang tidak mempunyai batas perairan yang jelas di unsur selatan, sebab Samudera Antartika adalahpertemuan dari tiga samudera (Pasifik, Atlantik, Hindia).

Nah itulah referensi tentang batas-batas distrik benua Afrika di sebelah utara, timur, barat, dan selatan, baik batas distrik daratan maupun batas distrik perairan atau lautan.                        

Posting Komentar untuk "Batas Wilayah Benua Afrika di Sebelah Utara, Timur, Barat, dan Selatan"