Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Komet Beserta Bagian-Bagian dan Karakteristiknya


Dunia-Pendidik.Com - Komet ialah salah satu benda antariksa yang bersinar dan memiliki ekor. Komet pun mengelilingi matahari pada orbitnya, sama dengan planet-planet dalam tata surya. Hanya saja komet bertolak belakang dengan planet atau bintang. Ada ciri-ciri dan ciri khas komet yang khas, baik dari bagian-bagian, sifat, orbit atau kriteria lainnya.

Pengertian komet secara umum ialah benda langit yang mengelilingi matahari dengan garis edar yang berbentuk lonjong, parabolis, atau hiperbolis. Komet mempunyai orbit tau lintasan yang berbentuk elips, lebih lonjong dan panjang daripada orbit planet.

Komet tercipta dari es dan debu yang membeku ketika tidak di bawah sinar matahari. Bahan-bahan penyusun komet terdiri dari karbondioksida, metana dan air. Namun ketika mendekati matahari, beberapa materi komet menguap untuk menyusun kepala dan ekor komet.

Komet mempunyai sejumlah ciri khas khusus. Yang sangat dikenal ialah komet mempunyai ekor. Hal ini cocok dengan julukan komet yakni bintang berekor, walau pada prakteknya komet bukan tergolong bintang sebab tidak dapat menghasilkan cahaya sendiri.

 

Ciri-Ciri Komet Beserta Bagian-Bagian dan Karakteristiknya

Ciri-Ciri Komet

Berikut adalah ciri-ciri komet secara umum menurut karakteristik, struktur, bagian-bagian, dan lintasan orbitnya.

1. Komet bukan tergolong bintang

Ciri kesatu komet ialah komet bukan tergolong bintang. Karena itulah, komet tidak dapat memancarkan cahaya sendiri. Cahaya yang dipancarkan olehnya bukanlah cahaya yang didapatkan dari gesekan antara bahan komet dan atmosfer bumi.

2. Komet adalah gas pijar
 

Karena berupa gas pijar, maka komet pun sangat gampang terbakar, khususnya pada unsur ekor komet. Bagian komet tersusun dari inti komet, koma, lapisan hidrogen, dan ekor.

3. Komet terbentuk dari es dan debu

Struktur komet terbentuk dari es dan debu yang terdiri dari kelompok debu dan gas yang membeku pada ketika berada jauh dari matahari. Pada ketika mendekati matahari, beberapa bahan penyusun komet menguap dan menyusun kepala gas serta ekor.

4. Komet mempunyai ekor

Ciri komet yang sangat khas ialah mempunyai ekor. Komet mempunyai ekor yang paling panjang, yang panjangnya dapat menjangkau jutaan kilometer. Ekor komet menjadi lebih panjang ketika mendekati matahari sebab bagian dari komponen komet sudah menguap untuk menyusun kepala dan ekor gas, menciptakan ekor komet terlihat membujur.

5. Komet mengorbit pada matahari

Komet adalah benda langit yang mengorbit atau mengelilingi matahari, sama laksana planet. Hal ini menciptakan komet pun termasuk dalam sistem tata surya. Namun masa-masa yang diperlukan komet guna mengorbit pada matahari ingin lebih lama dari masa-masa orbit planet, dapat memerlukan ribuan tahun.

6. Orbit komet berbentuk lonjong dan elips

Komet mengelilingi matahari pada orbitnya masing-masing. Bentuk orbit tiap komet berbeda-beda satu sama lain. Orbit komet lebih lonjong dan lebih panjang dari orbit planet pada umumnya.

6. Komet bisa terlihat saat masih jauh dari matahari

Ciri-ciri komet berikutnya ialah komet tetap bisa terlihat saat posisinya masih jauh dari matahari. Bagian kesatu yang tampak dari suatu komet ialah inti dari komet tersebut. Selanjutnya bakal terlihat bagian-bagian komet lainnya cocok posisi orbitnya.

7. Komet serupa dengan asteroid

Komet ingin serupa dengan benda langit lainnya, yaitu asteroid. Keduanya mempunyai ciri jasmani dan struktur yang lumayan identik. Hanya saja, nyaris seluruh unsur komet terbentuk dari gas (karbon dioksida, metana, air) serta debu yang membeku.

8. Komet dijuluki bintang berekor

Meski bukan tergolong bintang yang dapat memancarkan cahaya sendiri, tetapi komet sering pun dijuluki sebagai bintang berekor. Hal ini sebab komet bercahaya dan bercahaya, walau cahaya yang didapatkan berasal dari gesekan-gesekan atom di udara.

Nah itulah pembahasan tentang ciri-ciri komet beserta bagian-bagian dan karakteristiknya secara lengkap. Semoga dapat menambah wawasan tentang astronomi dan benda-benda langit.

Posting Komentar untuk "Ciri-Ciri Komet Beserta Bagian-Bagian dan Karakteristiknya "