Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Perubahan Sosial dan Contohnya (Dampak Positif & Negatif)


Dunia-Pendidik.Com - Perubahan sosial ialah proses evolusi tatanan atau struktur dalam masyarakat, yang merangkum pola pikir menjadi lebih inovatif, sikap, dan pun kehidupan sosial sehingga mendapat  penghidupan yang lebih baik dan bermartabat.

Perubahan sosial mempunyai sejumlah ciri dan ciri khas tertentu, di antaranya ialah bersifat imitatif dan berkelanjutan serta mempunyai hubungan kausalitas dan dapat mengakibatkan disorganisasi sementara. Terjadinya evolusi sosial diprovokasi faktor-faktor tertentu.

Perubahan sosial pun memiliki sekian banyak  jenis. Beberapa bentuk-bentuk evolusi sosial dapat dibedakan menurut waktunya (evolusi dan revolusi), menurut arah perkembangannya (progress dan regress) serta menurut pengaruhnya (perubahan sosial besar dan kecil).

Terjadinya evolusi sosial pun menimbulkan dampak untuk masyarakat. Dampak yang ditimbulkan dapat berupa akibat positif maupun akibat negatif. Hal ini memang tidak dapat dihindari khususnya dalam pertumbuhan zaman di era globalisasi laksana sekarang.

 

Dampak Perubahan Sosial dan Contohnya (Dampak Positif & Negatif)

Dampak Positif Perubahan Sosial

Berikut merupakan sejumlah dampak positif terjadinya evolusi sosial di lingkungan masyarakat.
dampak positif evolusi sosial

1. Teknologi berkembang pesat

Salah satu akibat positif evolusi sosial yang sangat menonjol ialah berkembangnya teknologi dan mencapai semua kalangan masyarakat. Akses informasi dan komunikasi pun jadi lebih cepat.

2. Berkembangnya industrialisasi

Sektor industri pun semakin berkembang, sehingga dapat membuka lapangan kerja baru dan menambah produktivitas dengan cepat, didukung perangkat dan teknologi canggih.

3. Munculnya nilai dan norma yang baru

Seiring dengan pertumbuhan zaman, maka akan hadir nilai dan norma yang baru cocok dengan zaman sekarang. Hal ini urgen terutama norma-norma sehubungan dengan teknologi dan dunia digital.

4. Tingginya partisipasi politik

Akses informasi yang terbuka pun meningkatkan partisipasi publik di dunia politik dan pemerintahan. Pemerintah yang tersingkap dan transparan menciptakan masyarakat jadi lebih tertarik dalam dunia politik.

5. Mobilitas sosial jadi lebih mudah

Peluang mobilitas sosial pun menjadi lebih gampang dan terbuka sampai-sampai mempermudah eksodus penduduk. Hal ini didukung dengan sekian banyak  jenis transportasi yang modern dan gampang diakses.

6. Berkembangnya lembaga sosial baru
 

Lembaga-lembaga sosial ini memungkinkan masyarakat guna memenuhi sekian banyak  macam keperluan yang semakin kompleks.

7. Terwujudnya kesetaraan gender

Kesetaraan gender pun lebih terwujud seiring dengan pertumbuhan zaman. Kian tidak sedikit masyarakat yang menyokong terciptanya kesetaraan gender, di antara indikasinya ada tidak sedikit tokoh perempuan di bidang pemerintahan.

8. Pola pikir masyarakat semakin terbuka

Pola pikir masyarakat pun mengalami evolusi sosial menjadi semakin terbuka. Hal ini diprovokasi juga oleh hal globalisasi, sehingga kebiasaan dan pemikiran asing menjadi terserap dan mengakibatkan pola pikir makin terbuka.


Dampak Negatif Perubahan Sosial

Berikut merupakan sejumlah dampak negatif terjadinya evolusi sosial di lingkungan masyarakat.
dampak negatif evolusi sosial

1. Terjadinya guncangan budaya

Perubahan sosial dapat mengakibatkan guncangan kebiasaan atau cultural shock, yang adalahsuatu kondisi saat masyarakat merasakan kaget atau tidak biasa sebab belum siap menerima perubahan.

2. Meningkatkan kebiasaan konsumtif

Seiring pertumbuhan zaman pun membuat masyarakat lebih meningkatkan kebiasaan konsumtif dan sikap konsumerisme, yaitu gaya hidup berlebih-lebihan dan tidak sederhana.

3. Ancaman hilangnya identitas bangsa
 

Untuk tersebut harus dilaksanakan seleksi terhadap kebiasaan asing yang masuk.

4. Terjadinya disorganisasi sosial

Perubahan sosial dapat mengakibatkan terjadinya disorganisasi sosial, yang adalahproses melemahnya nilai dan norma dalam sebuah masyarakat dampak terjadinya perubahan.

5. Maraknya sikap individualisme

Sikap individualisme pun akan semakin marak di zaman canggih seperti sekarang. Adapun sikap individualisme ialah sikap yang melulu mementingkan diri sendiri saja.

6. Berkembangnya konflik sosial

Banyak terjadi bentrokan dan konflik sosial kebiasaan di kalangan masyarakat. Hal ini diakibatkan adanya evolusi yang tidak dapat disikapi dengan baik oleh anggota masyarakat tersebut.

7. Terjadinya kesenjangan budaya

Perubahan sosial pun dapat membuat kesenjangan kebiasaan atau cultural lag, yang adalahketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan dampak terjadinya evolusi serta pergeseran kebudayaan.

Nah itulah referensi mengenai akibat positif dan negatif evolusi sosial di lingkungan masyarakat, disertai keterangan lengkap. Kita juga harus dapat menyikapi terjadinya evolusi sosial supaya bisa mendapat akibat positifnya.                       

Posting Komentar untuk " Dampak Perubahan Sosial dan Contohnya (Dampak Positif & Negatif)"