Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Deklarasi Bangkok | Hasil, Isi, Sejarah, Tokoh dan Penandatanganan


Dunia-Pendidik.Com - Dalam pernyataan tersebut ditetapkan pendirian perhimpunan di area Asia Tenggara (ASEAN). Perhimpunan ini didirikan dengan pertimbangan bahwa negara-negara di Asia Tenggara memiliki tanggung jawab guna memperkuat stabilitas ekonomi dan sosial, memastikan adanya perdamaian dan laju pembangunan nasional serta meyakinkan adanya stabilitas ketenteraman dari campur tangan luar dengan segala format manifestasinya.

Deklarasi Bangkok ialah sebuah landasan kesepakatan untuk menyelenggarakan kerja sama regional dalam bidang ekonomi, sosial dan kebudayaan di area Asia Tenggara. Selain tersebut ada 7 poin isi Deklarasi Bangkok yang pun dikenal sebagai destinasi ASEAN.

Deklarasi Bangkok | Hasil, Isi, Sejarah, Tokoh dan Penandatanganan Deklarasi Bangkok | Hasil, Isi, Sejarah, Tokoh dan Penandatanganan

Deklarasi Bangkok

Penandatanganan Deklarasi Bangkok

Deklarasi ini pun menjadi mula dari berdirinya organisasi ASEAN, yakni organisasi negara-negara di Asia Tenggara. Tak heran bila pernyataan ini pun sering dinamakan sebagai Deklarasi ASEAN.


Tokoh Deklarasi Bangkok
 

Berikut nama perwakilan negara yang sekarang dikenal sebagai figur pendiri ASEAN yang turut menandatangani Deklarasi Bangkok:

  •     Adam Malik (menteri luar negeri Indonesia)
  •     Tun Abdul Razak (wakil perdana menteri Malaysia)
  •     S. Rajaratnam (menteri luar negeri Singapura)
  •     Narciso Ramos (menteri luar negeri Filipina)
  •     Thanat Khoman (menteri luar negeri Thailand)


Isi Deklarasi Bangkok

Berikut isi dan hasil Deklarasi Bangkok. Tujuh poin berikut pun dikenal sebagai destinasi berdirinya ASEAN pada negara-negara di area Asia Tenggara.

  • Bekerja sama lebih efektif untuk menjangkau daya guna lebih banyak dalam bidang pertanian, industri dan perkembangan perniagaan termasuk studi dalam hal perniagaan komoditi internasional, perbaikan pengangkutan dan kemudahan komunikasi serta menambah taraf hidup rakyat.
  • Meningkatkan studi mengenai masalah-masalah di Asia Tenggara.
  • Memelihara kerja sama yang erat dan berfungsi dengan sekian banyak  organisasi internasional dan regional beda yang memiliki tujuan sama serta mencari peluang untuk menggerakkan kerja sama dengan mereka.


Deklarasi ini pun menyetujui didirikannya ASEAN atau Association of South East Asian Nations yakni perkumpulan organisasi antar negara-negara yang berada di area Asia Tenggara (Southeast Asia).

Pada mula deklarasi ada 5 anggota yang menjadi negara pendiri ASEAN yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand. Setelah itu sejumlah negara beda bergabung bareng ASEAN contohnya seperti negara Brunei Darussalam (bergabung tahun 1984), Vietnam (bergabung tahun 1995), Laos & Myanmar (bergabung tahun 1997) dan pun Kamboja (bergabung tahun 1999).

Pembentukan ASEAN paling didasari atas kemauan kerjasama, khususnya dalam bidang ekonomi. ASEAN adalahorganisasi kerjasama negara-negara Asia Tenggara yang mempunyai sifat non politik dan non militer. Adanya Deklarasi ASEAN di Bangkok pun menjadi mula kerjasama antar negara-negara Asia Tenggara.                        

Posting Komentar untuk "Deklarasi Bangkok | Hasil, Isi, Sejarah, Tokoh dan Penandatanganan "