Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor Pendorong Globalisasi Beserta Contoh dan Pengaruhnya


Dunia-Pendidik.Com - Globalisasi ialah proses mendunia atau lengkap dimana masing-masing orang tidak mengenal atau terbelenggu oleh batas-batas distrik negara. Proses globalisasi juga terjadi di semua dunia tanpa terkecuali, termasuk pun di Indonesia. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi jadi salah satu misal globalisasi ketika ini.

Globalisasi juga tidak melulu memberi pengaruh pada tiap individu, tapi pun pada suatu negara dalam lingkup nasional. Kebijakan ekonomi dan politik negara pun bakal terpengaruh juga. Pengaruh dan akibat globalisasi juga berefek pada masing-masing aspek kehidupan, baik akibat positif maupun negatif.

Terdapat sejumlah ciri-ciri globalisasi, di antaranya ialah adanya keterbukaan di segala aspek, pertukaran informasi yang cepat serta peradaban teknologi di sekian banyak  bidang. Selain tersebut ekonomi antar negara pun saling bergantung satu sama beda sebagai imbas adanya globalisasi.

Terjadinya globalisasi juga diprovokasi oleh sejumlah faktor. Beberapa hal pendorong globalisasi melibatkan adanya peradaban di bidang IPTEK sampai sistem ekonomi negara-negara di dunia yang makin terbuka. Di samping itu, pola pikir masyarakat yang lebih maju pun turut mengakibatkan proses globalisasi menjadi mendunia.

 

Faktor Pendorong Globalisasi Beserta Contoh dan Pengaruhnya

Faktor Pendorong Globalisasi

Berikut ini merupakan sejumlah faktor penyebab terjadinya globalisasi ketika ini disertai keterangan lengkap.

1. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat
 

Karena itulah, akses informasi dan komunikasi pun semakin gampang dan cepat. Berkembangnya teknologi merubah hidup ke arah digital dan mengakibatkan terjadinya globalisasi.

2. Sistem ekonomi yang terbuka

Faktor ekonomi pun turut menjadi pendorong terjadinya globalisasi. Di era sekarang, sistem ekonomi menjadi lebih terbuka. Hal ini mendorong tiap negara untuk berkolaborasi dengan negara beda dalam bidang ekonomi, lewat pekerjaan ekspor-impor atau perniagaan bebas.

3. Adanya kemerdekaan pers dan media

Kebebasa pers dan media pun turut mengakibatkan terciptanya globalisasi. Pers dan media menjadi sumber informasi yang gampang didapat, baik media cetak atau media online.


4. Meningkatnya peran lembaga-lembaga internasional

Peran lembaga internasional yang bertambah jadi di antara indikator globalisasi. Lembaga internasional laksana PBB, IMF, Palang Merah Dunia atau ASEAN membuka peluang untuk setiap negara guna duduk bareng membahas masalah-masalah negara maupun pertumbuhan internasional.

5. Kemajuan di bidang transportasi

Globalisasi juga dapat terwujud sebab kemajuan di bidang transportasi. Di zaman dulu, orang-orang bepergian dengan hewa laksana kuda atau unta, sehingga perlu waktu lama guna bepergian. Kini transportasi makin maju dan canggih, bahkan dapat menempuh lintas negara dalam masa-masa singkat.

6. Terwujudnya perniagaan bebas

Hadirnya kepandaian perdagangan bebas membuat suasana ekonomi global menjadi lebih terkoneksi lagi. Hal ini menciptakan tiap orang dapat melakukan transaksi jual beli dengan siapa saja, tanpa terdapat batas negara. Pasar bebas ini pun harus disikapi secara positif oleh setiap negara.

7. Pola pikir masyarakat yang lebih maju

Seiring pertumbuhan zaman, pola pikir masyarakat menjadi lebih terbuka. Hal ini diprovokasi masuknya kebudayaan asing dan fasilitas akses informasi. Sistem edukasi yang makin maju pun turut merubah pola pikir masyarakat supaya lebih berkembang.

8. Maraknya kerjasama internasional antar negara

Perubahan teknologi dan ekonomi pun mendorong terciptanya kerjasama internasional antar negara-negara di dunia. Kerjasama yang tercipta dapat berbasis geografis atau kepentingan tertentu. Hubungan internasional antar negara-negara dunia juga jadi lebih gampang dibentuk.

9. Kemudahan dalam migrasi

Saat ini semakin tidak sedikit orang yang bermigrasi atau beralih dari satu negara ke negara beda dengan sekian banyak  macam tujuan, baik guna bekerja, melanjutkan studi atau berwisata. fasilitas dalam migrasi menciptakan seluruh dunia seolah terkoneksi sebab orang dapat bebas beralih tempat.

Nah itulah pembahasan tentang 9 hal pendorong globalisasi yang mengakibatkan terjadinya pertumbuhan globalisasi di era kini ini. Hadirnya globalisasi memang tak dapat dihindari sampai-sampai harus dapat disikapi dengan baik dan bijak.                        

Posting Komentar untuk " Faktor Pendorong Globalisasi Beserta Contoh dan Pengaruhnya"