Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor Penyebab Konflik di Masyarakat dan Penjelasannya


Dunia-Pendidik.Com - Konfik ialah suatu bentrokan atau pertentangan antar pribadi atau kelompok. Konflik dirasakan sebagai urusan yang negatif sebab mengarah pada permusuhan yang lebih tidak sedikit menimbulkan akibat negatif. Tentu ada sejumlah faktor-faktor tertentu yang mengakibatkan terjadinya konflik sosial di lingkungan masyarakat.

Adapun secara umum definisi konflik ialah proses sosial pribadi atau kumpulan manusia berjuang memenuhi tujuannya dengan jalan menantang pihak lawan yang disertai ancaman dan/atau kekerasan. Konflik ialah sebuah pertentangan atau bentrokan yang terjadi antar pribadi atau kelompok sebab sebab-sebab tertentu.

Konflik dapat terjadi berupa konflik antar pribadi atau konflik antar kelompok. Bahkan dalam skala besar, dapat pula terjadi konflik antar negara. Adanya konflik menimbulkan tidak sedikit dampak negatif, sebab dapat memunculkan kerugian materiil yang besar, tergantung laksana apa jenis konfliknya.

Umumnya konflik dapat terjadi sebab adanya perbedaan, baik tersebut perbedaan pendapat dan argumen atau perbedaan ideologi. Latar belakang kebudayaan yang bertolak belakang juga turut menyulut konflik. Secara teori, memang terdapat faktor-faktor tertentu yang mengakibatkan terjadinya konflik sosial di masyarakat.

Faktor Penyebab Konflik di Masyarakat dan Penjelasannya

Faktor Penyebab Konflik

Di bawah ini akan dibicarakan apa saja faktor-faktor penyebab terjadinya konflik beserta penjelasannya.

1. Perbedaan Individu 

Tiap manusia ialah individu yang unik, sampai-sampai tiap insan mempunyai perbedaan pendirian dan perasaan. Adanya perbedaan ini dapat menyebabkan terjadi konflik sebab tiap orang tidak tidak jarang kali sepakat bakal suatu suasana atau permasalahan.

2. Perbedaan Kebudayaan

Tiap orang pasti akan terpengaruh dengan pola pemikiran dan pendirian kumpulan kebudayaannya. Kebudayaan ialah warisan yang diwariskan secara turun-temurun. Latar belakang pemikiran dan pendirian yang bertolak belakang itu pada akhirnya bakal menghasilkan perbedaan pribadi yang dapat merangsang konflik.

3. Perbedaan Kepentingan

Tiap pribadi atau kumpulan tentu mempunyai kepentingan yang berbeda-beda, baik dalam urusan politik, ekonomi, sosial dan budaya. Adanya perbedaan kepentingan dapat menjadi timbulnya konflik sosial. Karena kepentingan tersebut sifatnya esensial untuk kelangsungan hidup tersebut sendiri.

4. Perubahan Sosial yang Terlalu Cepat

Adanya evolusi sosial yang terlampau cepat pun jadi hal pendorong terjadinya konflik. Perubahan itu dapat mengakibatkan disorganisasi dan perbedaan pendirian tentang reorganisasi dari sistem nilai yang baru. Perubahan yang terjadi secara cepat dan seketika akan menciptakan terjadinya keguncangan proses-proses sosial di dalam masyarakat.

5. Perbedaan Ras, Etnis atau Agama

Konflik sosial juga dapat disebabkan adanya perbedaan ras, etnis atau agama. Banyak misal konflik antar ras atau konflik antar agama yang terjadi. Perbedaan latar belakang dan kepercayaan nyatanya dapat membuat kumpulan masyarakat terpecah dan saling ribut satu sama lain.

6. Kurangnya Keharmonisan

Kurangnya keharmonisan dalam urusan interaksi sosial juga dapat menyebabkan terjadinya konflik. Hal ini dapat dipengaruhi sejumlah hal, laksana adanya kesenjangan sosial sampai sifat temperamen seseorang, sampai-sampai interaksi sosial antar pribadi atau antar kumpulan menjadi tidak harmonis.

Nah itulah referensi tentang faktor-faktor penyebab konflik sosial beserta unsur-unsur dan penjelasannya. Ada sejumlah hal yang mendorong terjadinya konflik di lingkungan masyarakat, yang dilandasi adanya perbedaan dalam sekian banyak  sektor.                        

Posting Komentar untuk "Faktor Penyebab Konflik di Masyarakat dan Penjelasannya"