Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Patung | Fungsi, Teknik & Macam-Macam Seni Patung


Dunia-Pendidik.Com - Patung adalah salah satu hasil kesenian dari cabang seni rupa. Patung adalahwujud seni rupa 3 dimensi yang dapat dilihat dan diraba secara visual. Dalam ilmu seni rupa, terdapat sejumlah macam-macam patung yang dapat dibedakan menurut bentuk, jenis atau fungsinya.

Berdasarkan keterangan dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), makna patung ialah tiruan format orang, hewan, dan sebagainya diciptakan (dipahat dan sebagainya) dari batu, kayu, dan sebagainya. Patung termasuk di antara hasil cabang seni rupa 3 dimensi yang mempunyai dimensi tinggi, lebar, dan panjang.

Untuk menciptakan patung bukanlah urusan mudah. Seorang seniman sejati mempunyai teknik menciptakan patung yang rumit dan khas. Yang sangat umum digunakan ialah teknik pahat, namun dapat juga menciptakan patung dengan kiat lain laksana teknik merakit, kiat butsir atau kiat cor.

Patung pun mempunyai klasifikasi jenis-jenis tersendiri, baik menurut keterangan dari bentuknya, menurut keterangan dari jenisnya atau menurut keterangan dari fungsinya. Misalnya andai diklasifikasikan menurut fungsinya, ada sejumlah jenis patung laksana patung monumen, patung dekorasi, patung kerajinan atau patung religi.

Jenis-Jenis Patung | Fungsi, Teknik & Macam-Macam Seni Patung

Jenis-Jenis Patung

Berikut akan dibicarakan apa saja macam-macam patung menurut bentuk, jenis, dan kegunaannya lengkap.


Jenis Patung Berdasarkan Bentuknya

Terdapat 2 (dua) jenis patung menurut bentuknya, yaitu patung figuratif dan patung non-figuratif.

1. Figuratif


jenis-jenis patung figuratif

Patung figuratif adalah jenis patung yang disusun dengan meniru format yang terdapat dalam kehidupan nyata. Patung jenis ini disusun dengan mengerjakan peniruan dari format yang sedang di kehidupan nyata, contohnya patung yang menyerupai format manusia, hewan, sampai tumbuhan.

2. Non-Figuratif

Patung non-figuratif adalahjenis patung yang bentuknya tidak menyerupai format dalam kehidupan nyata. Biasanya patung non-figuratif ini hanyalah memperlihatkan garis, lekukan atau unsur tertentu dari sebuah objek sampai-sampai tidak menyerupai format asli dalam kehidupan nyata.


Jenis Patung Berdasarkan Jenisnya

Terdapat 2 (dua) jenis patung menurut jenisnya, yaitu patung zonde bosse dan patung relief.

1. Zonde Bosse

Patung zonde bosse ialah salah satu jenis patung yang berdiri sendiri dan tidak menempel pada satu sisi. Artinya patung ini tidak menempel pada objek apa juga dan kanan kirinya lepas dengan objek lain.

2. Relief

Patung relief ialah salah satu jenis patung yang menempel pada permukaan dinding. Biasanya patung jenis relief ini mengisahkan adegan urgen yang ada dalam suatu kisah di zaman dahulu.


Jenis Patung Berdasarkan Fungsinya

Terdapat 6 (enam) jenis patung menurut jenisnya, yaitu patung dekorasi, patung monumen, patung kerajinan, patung arsitektur, patung seni dan patung religi.

1. Patung Dekorasi

Patung dekorasi ialah jenis patung yang diciptakan dengan destinasi untuk menghias atau mendekorasi bangunan atau lingkungan taman. Jenis patung ini akan menyerahkan kesan estetis dari sebuah ruangan atau lingkungan eksterior.

2. Patung Monumen

Patung monumen ialah jenis patung yang diciptakan untuk mengenang suatu peristiwa bersejarah di masa lampau. Patung ini pun penting dan dapat digunakan guna mengapresiasi dan memperingati jasa figur atau pahlawan.

3. Patung Kerajinan

Patung kerajinan ialah jenis patung yang dirancang guna memenuhi keperluan pasar. Nantinya jenis patung ini bakal menghasilkan nilai jual untuk sekian banyak  kebutuhan yang secara umum tidak spesifik.

4. Patung Arsitektur

Patung arsitektur ialah jenis patung yang disusun untuk kebutuhan konstruksi bangunan dalam ilmu arsitektur. Patung ini urgen untuk menunjang dan melengkapi suatu kontruksi bangunan sampai-sampai lebih terpadu dan harmonis dengan adanya desain arsitektur yang dirancang.

5. Patung Seni

Patung seni ialah jenis patung yang diciptakan hanya guna kepentingan indah saja. Jenis patung ini tergolong seni murni yang indah dan dapat menjadi eskperimental dari bentuknya, serta tidak mempunyai nilai untuk yang pasti.

6. Patung Religi

Patung religi ialah jenis patung yang diciptakan untuk kebutuhan agama dan religi. Hal ini tidak sedikit dijumpai pada keyakinan zaman dahulu yang sehubungan erat dengan patung yang dirasakan mempunyai kekuatan mistis.


Teknik Pembuatan Patung

Terdapat sejumlah teknik seni patung untuk dapat membuat patung cocok yang diinginkan. Berikut adalah6 teknik penciptaan patung secara umum.


1. Teknik Pahat

Teknik pahat ialah salah satu teknik menciptakan patung dengan diaplikasikan pada bahan dengan tekstur keras, laksana kayu, batu, tanah liat, tulang, yang dipahat untuk meminimalisir dan membuat format patung yang diinginkan.


2. Teknik Merakit

Teknik merakit adalahteknik menciptakan patung yang serupa teknik merangkai puzzle, yakni dengan teknik merakit bahan, lantas menyusunnya menjadi satu unsur utuh berbentuk patung yang diinginkan.


3. Teknik Membentuk

Teknik menyusun patung dilaksanakan secara bertahap satu per satu hingga patung selesai. Teknik ini membutuhkan kecermatan yang baik dari seniman, sampai-sampai hasil kualitas patung ini sangatlah tinggi.

4. Teknik Modeling

Teknik modeling pada penciptaan patung dilaksanakan dengan teknik membuat model terlebih dahulu, andai sudah selesai, maka setelah tersebut akan disusun patung sebetulnya sesuai model tersebut.

5. Teknik Cor

Teknik cor pada penciptaan patung dilaksanakan dengan teknik mencairkan bahan, lantas dituangkan ke dalam perangkat cetak dan dirindukan sampai mengeras kembali. Teknik ini lumayan sering dipakai dalam menciptakan patung.

Nah itulah referensi jenis-jenis patung menurut bentuk, jenis, dan kegunaannya beserta misalnya lengkap. Ada tidak sedikit bentuk-bentuk patung, dimana tiap jenisnya mempunyai teknik penciptaan seni patung yang berbeda-beda pula.                        

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Patung | Fungsi, Teknik & Macam-Macam Seni Patung"