Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karakteristik Benua Asia | Ciri-Ciri, Letak, Kawasan, Bentang Alam, Iklim


Dunia-Pendidik.Com - Benua Asia adalah salah satu nama benua di dunia. Asia ialah benua terluas di dunia serta benua dengan jumlah warga terbanyak di dunia. Benua Asia pun memiliki tidak sedikit bentang alam dan suasana alam yang pelbagai dan bervariasi.

Asia tergolong benua yang mempunyai nilai historis tinggi. Asia dikenal sebagai lahirnya sekian banyak  peradaban, kebudayaan, dan agama. Terdapat sejumlah bangunan bernilai sejarah di Asia, sebut saja laksana Tembok Besar China, Ka’bah di Mekkah Arab Saudi, Taj Mahal di India, dan Candi Borobudur di Indonesia.

Beberapa negara di Asia dikenal memiliki tidak sedikit jumlah penduduk, laksana China dan India yang populasinya lebih dari 1 miliar jiwa. Di benua Asia pun ada negara-negara penghasil minyak bumi terbesar, khususnya negara-negara Timur Tengah di area Jazirah Arab.

Banyak kenampakan alam yang familiar di Asia, laksana Gunung Everest, Gurun Gobi, Gurun Arabian, Pegunungan Himalaya, Sungai Gangga, Laut Kaspia, dan beda sebagainya. Asia memang mempunyai bentang alam yang bervariasi, baik dataran tinggi atau dataran rendah sampai kenampakan perairan laksana sungai atau danau.

 

Karakteristik Benua Asia | Ciri-Ciri, Letak, Kawasan, Bentang Alam, Iklim

Karakteristik Benua Asia

Di bawah ini akan dibicarakan apa saja ciri-ciri dan ciri khas benua Asia mencakup luas wilayah, populasi, letak, kawasan, batas wilayah, suasana alam, dan iklim.


Ciri-Ciri Benua Asia

Berikut adalah ciri-ciri benua Asia secara umum dan mendasar.

1. Luas Wilayah

Luas distrik benua Asia sebesar 44.579.000 km2, menjadikannya benua terluas di dunia menurut total luas permukaannya.

2. Populasi Penduduk

Populasi jumlah warga benua Asia diduga mencapai 4,6 miliar jiwa, menjadikannya benua dengan jumlah warga terbanyak di dunia.

3. Jumlah Negara

Saat ini, ada total 49 negara di benua Asia yang tergabung dengan PBB serta 1 anggota pengawas PBB. Selain tersebut ada 5 distrik lain dengan pernyataan terbatas.

4. Zona Waktu

Zona masa-masa di benua Asia sangat pelbagai pada tiap-tiap kawasannya. Total ada lebih dari 10 zona masa-masa di benua Asia, yang terbentang dari UTC +2 hingga UTC +12.


Letak Benua Asia

Berikut adalah penjelasan tentang letak benua Asia secara geografis, secara astronomis, dan secara geologis.

1. Letak Geografis Benua Asia

Letak geografis benua Asia terletak salah satu benua Eropa dan benua Australia. Benua Asia pun terletak salah satu tiga samudera, yaitu Samudera Hindia, Samudera Pasifik dan Samudera Arktik.

2. Letak Astronomis Benua Asia


Adapun letak astronomis benua Asia terletak pada 77°LU – 26°LS dan 26°BT – 169°BT. Posisi ini didasarkan pada letak garis lintang dan garis bujur benua Asia pada peta.

3. Letak Geologis Benua Asia

Letak geologis benua Asia ada pada daratan yang menyambung dengan benua Eropa, yang tidak jarang disebut sebagai daratan Eurasia.


Batas Wilayah Benua Asia

Berikut adala hbatas distrik benua Asia di sebelah utara, timur, barat, dan selatan, baik batas daratan maupun batas lautan.

  •     Sebelah unsur utara : Samudera Arktik
  •     Sebelah unsur timur : Samudera Pasifik, Selat Bering
  •     Sebelah unsur selatan : Samudera Hindia, Benua Australia


Kawasan Benua Asia

Secara umum, area di benua Asia dipisahkan menjadi 5 kawasan, yaitu Asia Barat, Asia Tengah, Asia Selatan, Asia Timur, dan Asia Tenggara.

1. Asia Barat

Kawasan Asia Barat terdiri dari 14 negara, yaitu Arab Saudi, Bahrain, Irak, Iran, Israel, Kuwait, Lebanon, Oman, Palestina, Qatar, Suriah, Uni Emirat Arab, Yaman, dan Yordania.

2. Asia Tengah

Kawasan Asia Tengah terdiri dari 5 negara, yaitu Kazakhstan, Kirgizstan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

3. Asia Selatan

Kawasan Asia Selatan terdiri dari 8 negara, yaitu Afghanisan, Bangladesh, Bhutan, India, Maladewa, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka.

4. Asia Timur

Kawasan Asia Timur terdiri dari 6 negara, yaitu China, Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, Mongolia, dan Taiwan. Sebagai tambahan pun ada 2 distrik administrasi China, yaitu Hong Kong dan Makau.

5. Asia Tenggara

Kawasan Asia Tenggara terdiri dari 11 negara, yaitu Brunei, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam.

6. Negara Transkontinental Eropa-Asia

Terdapat 7 negara di perbatasan benua Eropa dan Asia, yaitu Armenia, Azerbaijan, Georgia, Mesir, Rusia, Siprus, dan Turki.

Bentang Alam Benua Asia

Berikut adalah pembahasan tentang bentang alam di benua Asia, mencakup pegunungan, dataran tinggi, sungai, danau, gurun pasir, dan beda sebagainya.

Pegunungan dan Dataran Tinggi

Bentang alam benua Asia memiliki tidak sedikit wilayah pegunungan dan dataran tinggi. Di unsur tengah Asia, terdapat barisan pegunungan tertinggi di dunia, mencakup Pegunungan Himalaya, Karakoram, dan Kun Lun, yang melingkupi dataran tinggi Tibet.

Pada Pegunungan Himalaya yang terletak di perbatasan Nepal dan Tibet, pun ada Gunung Everest. Dengan elevasi mencapai 8.848 meter di atas permukaan laut, Gunung Everest ialah titik tertinggi di benua Asia sekaligus titik tertinggi di dunia secara keseluruhan.

Sungai dan Danau

Terdapat tidak sedikit sungai-sungai dengan aliran panjang yang terdapat di benua Asia. Sungai Yangtze ialah sungai terpanjang di benua Asia, yang terletak di China. Sungai-sungai urgen di Asia lainnya ialah sungai Tigris, sungai Eufrat, sungai Gangga, sungai Huang Ho, dan sungai Mekong.

Sementara danau-danau yang familiar di Asia antara lain ialah Laut Kaspia, Danau Aral, Danau Baikal dan Danau Balkash. Laut Kaspia pun menjadi telaga terluas di Asia dan pun di dunia, dengan luas wilayah menjangkau 371 ribu km persegi.

Titik terendah benua Asia ada pada wilayah Laut Mati yang terletak di area Israel-Yordania. Laut Mati ini mempunyai kedalaman 395 meter di bawah permukaan laut, sekaligus menjadikannya sebagai titik terendah di permukaan bumi secara keseluruhan.

Gurun Pasir

Benua Asia dikenal sebagai benua yang memiliki tidak sedikit sekali gurun pasir atau padang pasir. Contohnya yang sangat terkenal ialah Gurun Gobi yang berada di distrik Mongolia dan China, dengan luas yang menjangkau 1,3 juta km persegi.

Di samping Gurun Gobi, ada sejumlah gurun lainnya laksana Gurun Arabia, Gurun Turkistan,  Gurun Thar, Gurun Taklamakan, Gurun Ordos, dan masih tidak sedikit lagi. Banyak gurun pasir yang ada di Jazirah Arab atau area Timur Tengah.


Iklim Benua Asia

Benua Asia memiliki sejumlah macam iklim, tergantung pada kawasannya masing-masing. Berikut iklim-iklim yang terdapat di benua Asia.

1. Iklim Tropis

Iklim tropis di benua Asia ada pada wilayah dekat garis khatulistiwa, yaitu Asia Tenggara dan Asia Selatan, tergolong di Indonesia. Iklim tropis mempunyai 2 musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan.

2. Iklim Subtropis

Iklim subtropis di benua Asia ada pada mayoritas negara di area Asia Timur, contohnya laksana Jepang dan Semenanjung Korea. Iklim ini memiliki kesamaan dengan iklim tropis secara umum.

3. Iklim Sedang

Iklim berada di benua Asia ada pada beberapa kecil negara-negara di area Asia Timur. Iklim sedang mempunyai curah hujan yang lebih rendah dikomparasikan dengan musim panas.

4. Iklim Gurun

Iklim gurun di benua Asia ada pada area Timur Tengah, contohnya laksana negara Arab Saudi. Iklim gurun mempunyai musim panas yang lebih panjang dengan musim yang lainnya.

5. Iklim Dingin

Iklim dingin di benua Asia ada pada wilayah Arktik di area Asia Utara atau Siberia. Iklim dingin atau iklim kutub adalah kebalikan dari iklim gurun, dimana pada musim ini terjadi musim dingin sepanjang tahun.

Nah itulah referensi mengenai ciri khas benua Asia beserta ciri-ciri, luas, letak, kawasan, batas wilayah, bentang alam, dan iklimnya lengkap. Benua Asia juga dikenal sebagai benua dengan suasana alam paling pelbagai di dunia.                        

Posting Komentar untuk "Karakteristik Benua Asia | Ciri-Ciri, Letak, Kawasan, Bentang Alam, Iklim"