Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karakteristik Benua Eropa | Ciri-Ciri, Letak, Kawasan, Bentang Alam, Iklim


Dunia-Pendidik.Com - Benua Eropa adalah salah satu nama benua di dunia. Eropa terletak di sebelah barat benua Asia dan di sebelah unsur utara benua Afrika. Benua Eropa pun memiliki tidak sedikit bentang alam dan suasana iklim yang pelbagai pada tiap-tiap kawasannya.

Luas distrik Eropa adalah yang terkecil kedua sesudah luas benua Australia. Secara geografis, benua Eropa diceraikan menjadi lima kawasan, yaitu Eropa Utara, Eropa Barat, Eropa Tengah, Eropa Selatan, dan Eropa Timur. Terdapat sejumlah semenanjung di Eropa laksana Semenanjung Iberia atau Semenanung Balkan.

Benua Eropa dikenal sebagai benua sangat maju, baik dari sisi ekonomi, infrastruktur sampai standar hidup warganya. Ada tidak sedikit contoh negara maju di benua Eropa laksana Jerman, Inggris, Spanyol, Italia, dan Prancis. Keadaan sosial-ekonomi warga Eropa pun ada di atas rata-rata.

Banyak kenampakan alam yang familiar di Eropa, laksana Pegunungan Alpen, Gunung Elbrus, Sungai Thames, Pegunungan Ural, Gunung Etna, dan beda sebagainya. Eropa memang mempunyai bentang alam yang bervariasi, baik dataran tinggi atau pegunungan sampai kenampakan perairan laksana sungai atau danau.

 

Karakteristik Benua Eropa | Ciri-Ciri, Letak, Kawasan, Bentang Alam, Iklim

Karakteristik Benua Eropa

Di bawah ini akan dibicarakan apa saja ciri-ciri dan ciri khas benua Eropa mencakup luas wilayah, populasi, letak, kawasan, batas wilayah, suasana alam, dan iklim.


Ciri-Ciri Benua Eropa

Berikut adalah ciri-ciri benua Eropa secara umum dan mendasar.

1. Luas Wilayah Benua Eropa

Luas distrik benua Eropa sebesar 10.180.000 km2, menjadikannya di antara benua terkecil di dunia menurut total luas permukaannya.

2. Populasi Penduduk

Populasi jumlah warga benua Eropa diduga mencapai 750 juta jiwa dan menjadi benua dengan kepadatan warga terpadat kedua di dunia.

3. Jumlah Negara

Saat ini, ada total 50 negara di benua Eropa yang independen dan tergabung dengan PBB serta 6 negara yang masih dalam dengan pernyataan terbatas.

4. Zona Waktu

Zona masa-masa di benua Eropa sangat pelbagai pada tiap-tiap kawasannya. Total ada lebih dari 4 zona masa-masa di benua Eropa, yang terbentang dari UTC -1 hingga UTC +5.


Letak Benua Eropa

Berikut adalah penjelasan tentang letak benua Eropa secara geografis, secara astronomis, dan secara geologis.

1. Letak Geografis Benua Eropa

Letak geografis benua Eropa terletak salah satu belahan bumi unsur barat dan timur, sementara posisinya sedang di bumi bagian unsur utara atau di bagian unsur utara garis khatulistiwa. Eropa menyatu dengan benua Asia yang dinamakan sebagai dataran Eurasia.

2. Letak Astronomis Benua Eropa
 

Posisi ini didasarkan pada letak garis lintang dan garis bujur benua Eropa pada peta.

3. Letak Geologis Benua Eropa

Letak geologis benua Eropa menyatu dengan benua Asia yang dinamakan sebagai dataran Eurasia. Benua ini mulai dari Pegunungan Ural di negara Rusia, yang mencerminkan batasan unsur timur Eropa dengan Asia.


Batas Wilayah Benua Eropa

Berikut adalah batas distrik benua Eropa di sebelah utara, timur, barat, dan selatan, baik batas daratan maupun batas lautan.

  •     Sebelah unsur utara : Samudera Arktik
  •     Sebelah unsur timur : Benua Asia, Pegunungan Ural, Laut Hitam
  •     Sebelah barat : Samudera Atlantik
  •     Sebelah unsur selatan : Laut Tengah, Benua Afrika, Laut Hitam


Kawasan Benua Eropa

Secara umum, area di benua Eropa dipisahkan menjadi 5 kawasan, yaitu Eropa Utara, Eropa Barat, Eropa Selatan, Eropa Tengah, dan Eropa Timur.

1. Eropa Utara

Kawasan Eropa Utara terdiri dari 8 negara, yaitu Denmark, Estonia, Finlandia, Islandia, Latvia, Lithuania, Norwegia, dan Swedia.

2. Eropa Barat

Kawasan Eropa Barat terdiri dari 10 negara, yaitu Andorra, Belanda, Belgia, Inggris, Irlandia, Luksemburg, Monako, Portugal, Prancis, dan Spanyol.

3. Eropa Tengah

Kawasan Eropa Tengah terdiri dari 9 negara, yaitu Austria, Hungaria, Jerman, Liechtenstein, Polandia, Republik Ceko, Slovakia, Slovenia, dan Swiss.

4. Eropa Selatan

Kawasan Eropa Utara terdiri dari 13 negara, yaitu Albania, Bosnia & Herzegovina, Italia, Kosovo, Kroasia, Makedonia Utara, Malta, Montenegro, Serbia, Siprus, Turki, Vatican City, dan Yunani.

5. Eropa Timur

Kawasan Eropa Timur terdiri dari 10 negara, yaitu Armenia, Azerbaijan, Belarusia, Bulgaria, Georgia, Moldova, Kazakhstan, Rumania, Rusia, dan Ukraina.


Bentang Alam Benua Eropa

Berikut adalah pembahasan tentang bentang alam di benua Eropa, mencakup pegunungan, dataran tinggi, sungai, danau, dan beda sebagainya.

Pegunungan dan Dataran Tinggi

Benua Eropa mempunyai wilayah dataran tinggi di bagian unsur utara dan barat. Terdapat dataran tinggi di unsur barat laut Eropa yang menghampar dari Britania di Perancis Barat sampai Samudra Atlantik. Wilayah ini mencakup plato, bebatuan, dan lembah.

Selain tersebut juga ada wilayah pegunungan, contohnya pada Pegunungan Alpen yang terbentang dari Spanyol sampai Kaukasus, mencakup Gunung Vesuvius dan Etna di Italia. Adapun titik tertinggi di Eropa ialah Gunung Elbrus di Rusia dengan elevasi 5.642 m di atas permukaan laut.

Sungai dan Danau

Benua Eropa pun mempunyai sungai-sungai panjang yang terkenal laksana sungai Thames (Inggris) dan sungai Volga (Rusia) sebagai sungai terpanjang di Eropa. Adapun sungai-sungai familiar di Eropa lainnya ialah sungai Donau (Jerman), sungai Rhone (Swiss-Prancis), dan sungai Elbe (Ceko).

Di Eropa pun ada Laut Kaspia yang menjadi telaga terbesar dan terluas di dunia. Letak Laut Kaspia berada pada perbatasan benua Eropa dan benua Asia. Sementara danau-danau familiar di Eropa lainnya contohnya seperti telaga Onega, telaga Ladoga, dan telaga Rybinsk.


Iklim Benua Eropa

Benua Eropa memiliki sejumlah macam iklim, tergantung pada kawasannya masing-masing. Berikut iklim-iklim yang terdapat di benua Eropa.

1. Iklim Laut

Iklim laut di benua Eropa ada pada area Eropa unsur barat yang diprovokasi oleh arus teluk yang terjadi di Samudera Atlantik.

2. Iklim Sedang

Iklim kutub atau dingin di benua Eropa ada pada area Eropa unsur utara sebab letaknya yang dekat dengan Samudra Arktik

3. Iklim Sedang

Iklim berada di benua Eropa ada pada area Eropa unsur tengah sebab letaknya yang sedang di tengah-tengah daratan Eropa.

4. Iklim Kontinental

Iklim kontinental di benua Eropa ada pada area Eropa bagian unsur timur dimana ketika musim dingin bakal terjadi suhu yang ekstrem.

5. Iklim Mediterania

Iklim mediterania di benua Eropa ada pada area Eropa bagian unsur selatan yang diprovokasi letaknya yang berdampingan dengan Laut Tengah atau Laut Mediterania.

Nah itulah referensi mengenai ciri khas benua Eropa beserta ciri-ciri, luas, letak, kawasan, batas wilayah, bentang alam, dan iklimnya lengkap. Benua Eropa juga memiliki suasana alam dan iklim yang pelbagai di tiap-tiap kawasannya.                        

Posting Komentar untuk "Karakteristik Benua Eropa | Ciri-Ciri, Letak, Kawasan, Bentang Alam, Iklim"