Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Toleransi dalam Keberagaman Beserta Fungsi dan Tujuannya


Dunia-Pendidik.Com - Toleransi ialah sikap menghargai dan melepaskan orang beda (kelompok) untuk berasumsi dan mengerjakan hal yang tidak sependapat atau sama dengan anda tanpa mengerjakan intimidasi terhadap orang atau kumpulan tersebut. Toleransi dapat terjadi pada masyarakat dengan perbedaan benak dan latar belakang.

Berbagai misal toleransi dapat anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkungan rumah, sekolah, maupun lingkungan masyarakat. Toleransi beragama dan antar suku pun penting guna diterapkan untuk mewujudkan kerukunan, menambah gotong royong serta menghindari konflik dan friksi antar golongan.

Tujuan toleransi yang utama memang ialah menciptakan kerukunan dan mewujudkan perdamaian, khususnya pada situasi masyarakat dengan latar belakang yang berbeda-beda (suku, agama, budaya, golongan). Di samping itu, toleransi pun menghadirkan guna secara pribadi diri sendiri.

 

Manfaat Toleransi dalam Keberagaman Beserta Fungsi dan Tujuannya

Manfaat Toleransi

1. Mewujudkan kerukunan di Indonesia

Manfaat toleransi sangat urgen untuk membuat kerukunan di negara Indonesia. Toleransi urgen untuk diterapkan sebab kondisi Indonesia yang begitu heterogen. Adanya toleransi menciptakan masyarakat bisa hidup bersebelahan dengan rukun walau berbeda-beda suku dan agamanya.

2. Menciptakan lingkungan yang damai dan tentram

Jika telah tercipta kerukunan, maka akan terbuat lingkungan yang damai dan tentram. Hal ini hanya dapat diwujudkan andai toleransi diterapkan di tiap unsur masyarakat, dari kota ke desa. Masyarakat juga jadi dapat hidup damai dan tentram satu sama lain.

3. Mempererat tali persaudaraan

Toleransi juga berfungsi untuk mempererat tali persaudaraan. Dengan merealisasikan sikap toleransi, kita dapat berinteraksi dengan siapa saja tanpa menyaksikan latar belakang agama dan sukunya sehingga dapat mempererat persaudaraan dengan sesama.

4. Menghindari konflik dan perpecahan

Adanya toleransi sangat urgen untuk menghindari konflik dan perpecahan, khususnya yang melibatkan suku dan agama. Faktanya di masa lalu tidak sedikit terjadi konflik ras dan agama yang menewaskan tidak sedikit orang.

5. Meningkatkan jiwa nasionalisme

Dalam lingkup negara, toleransi sangat urgen untuk menambah jiwa nasionalisme dan motivasi persatuan secara nasional. Hal ini juga sehubungan dengan semboyan negara Bhineka Tunggal Ika, yang berarti berbeda-beda namun tetap satu jua, merujuk pada keberagaman suku dan kebiasaan yang terdapat di Indonesia.

6. Memperkuat tercapainya mufakat

Dalam sebuah musyawarah atau perundingan, tidak jarang terjadi kendala untuk menilai mufakat. Toleransi menjadi urgen untuk memperkuat tercapainya mufakat, dengan sikap saling menghargai pendapat antar anggota dan mengkhususkan kepentingan bareng dibanding kepentingan pribadi.

7. Menghindari sikap diskriminasi

Diskriminasi tidak jarang terjadi pada kumpulan minoritas, baik dalam format cemoohan atau persekusi fisik. Adanya toleransi dapat menghindari terjadinya diskriminasi atau intoleransi, dimana tiap orang mesti lebih memuliakan hak-hak dari kaum minoritas tersebut.

8. Meningkatkan kekuatan dalam iman

Tiap agama yang ada pun mengajarkan guna menjalankan sikap toleransi pada sesama manusia. Tiap insan harus menjalin hubungan baik dengan lingkungannya, tanpa menyaksikan latar belakangnya. Hal ini menjadi bekal untuk menambah kekuatan dalam iman pada setiap agama yang dianut.

9. Melatih diri menjadi lebih baik

Toleransi pun mempunyai manfaat untuk diri sendiri. Dengan menumbuhkan sikap toleransi, akan menciptakan seseorang menjadi lebih baik lagi. Sikap saling menghargai dan menyangga amarah diperlukan dalam merealisasikan toleransi yang pastinya berdampak supaya diri sendiri menjadi lebih baik.

10. Mempercepat pembangunan nasional

Jika telah diterapkan, toleransi bisa berimbas pada terciptanya kerukunan dan kedamaian. Hal ini menjadi kunci terlaksana program pembangunan di sebuah negara. Maka secara tak langsung, toleransi memiliki guna untuk mensukseskan pembangunan nasional di negara Indonesia.

Nah itulah referensi faedah dan destinasi toleransi dalam keberagaman dan kehidupan keseharian di lingkungan masyarakat. Tentu kita pun harus merealisasikan sikap toleransi supaya dapat mewujudkan kerukunan dan manfaat-manfaat yang lainnya.                       

Posting Komentar untuk "Manfaat Toleransi dalam Keberagaman Beserta Fungsi dan Tujuannya"