Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Bahasa | Fungsi, Struktur, dan Penjelasannya


Dunia-Pendidik.Com - Bahasa ialah kemampuan yang dipunyai manusia guna berkomunikasi dengan insan lainnya memakai tanda, contohnya kata dan gerakan. Dalam kehidupan sehari-hari, anda tentu mengeja bahasa tertentu ketika berbicara, baik tersebut bahasa Indonesia, bahasa wilayah atau bahasa asing.

Kata bahasa berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu kata bhāṣā. Definisi bahasa secara umum dapat ditafsirkan sebagai alat guna berinteraksi dan berkomunikasi, dalam makna alat untuk mengucapkan pikiran, gagasan, konsep atau perasaan. Sedangkan kajian ilmiah bahasa dinamakan sebagai ilmu linguistik.

Dalam studi sosiolinguistik, makna bahasa ialah sebagai suatu sistem lambang, berupa bunyi, mempunyai sifat arbitrer, produktif, dinamis, pelbagai dan manusiawi. Perkiraan jumlah bahasa di dunia ketika ini beragam, yait antara 6.000 hingga 7.000 bahasa.

Bahasa alami ialah bicara atau bahasa isyarat, tetapi masing-masing bahasa bisa disandikan ke dalam media kedua memakai stimulus audio, visual, atau taktil, sebagai contohnya, artikel grafis, braille, atau siulan. 

 

Pengertian Bahasa | Fungsi, Struktur, dan Penjelasannya

Pengertian Bahasa Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan Secara Umum

Pengertian Bahasa

Berikut ini akan dibicarakan apa saja definisi dan pengertian bahasa, baik menurut keterangan dari KBBI, secara umum, dan menurut keterangan dari pendapat semua ahli.


Definisi Bahasa Secara Umum

Definisi bahasa pun dapat ditafsirkan sebagai suatu alat guna berinteraksi dan berkomunikasi, dalam makna alat untuk mengucapkan pikiran, gagasan, konsep atau perasaan. Bahasa bermanfaat sebagai sarana komunikasi serta sebagai sarana integrasi dan adaptasi.

Bahasa pun adalah alat komunikasi yang berupa sistem emblem bunyi yang didapatkan alat ucap manusia. Bahasa terdiri atas ucapan-ucapan atau kelompok kata. Tiap kata mempunyai makna, yang kemudian dibentuk secara alfabetis, atau menurut keterangan dari urutan huruf, disertai penjelasan dengan kata lain dan lantas dibukukan menjadi suatu kamus.

Pada ketika kita berkata atau menulis, ucapan-ucapan yang kita sampaikan atau anda tulis tidak tersusun begitu saja, tetapi mengikuti aturan yang ada. Bagi mengungkapkan gagasan, benak atau perasaan, anda harus memilih ucapan-ucapan yang tepat dan merangkai kata-kata tersebut sesuai dengan aturan bahasa.

Seperangkat aturan yang mendasari pemakaian bahasa, atau yang kita pakai sebagai pedoman berbahasa berikut yang dinamakan dengan tata bahasa. Jadi bahasa dicocokkan kepada sekian banyak  kaidah tertentu baik gramatik, fonemik, dan fonetik.

Bahasa tidak bebas dan terbelenggu kepada sekian banyak  kaidah tertentu. Hal ini disebabkan bahasa ialah sistem. Bahasa pada dasarnya merupakan bahasa lisan, adapun mencatat merupakan format bahasa kedua. Tulisan tersebut merupakan emblem bahasa dan bahasa itu ialah ucapan.


Pengertian Bahasa Berdasarkan keterangan dari Para Ahli
 

Bagi lebih jelasnya, sebagai berikut adalahpengertian bahasa menurut keterangan dari para berpengalaman secara lengkap,

Berdasarkan keterangan dari Bill Adams

Bahasa ialah sebuah sistem pengembangan psikologi pribadi dalam suatu konteks inter-subjektif

Berdasarkan keterangan dari Wittgenstein

Definisi bahasa adalah suatu format pemikiran yang bisa dipahami, bersangkutan dengan realitas, dan memiliki format dan struktur yang logis

Berdasarkan keterangan dari Ferdinand De Saussure

Bahasa ialah ciri pembeda yang sangat menonjol sebab dengan bahasa setiap kumpulan sosial merasa dirinya sebagai kesatuan yang bertolak belakang dari kumpulan yang lain

Berdasarkan keterangan dari Bloch & Trager

Pengertian bahasa ialah sebuah sistem simbol yang mempunyai sifat manasuka dan dengan sistem tersebut suatu kumpulan sosial bekerja sama.

Berdasarkan keterangan dari Carrol

Bahasa ialah sebuah sistem berstruktural tentang bunyi dan urutan bunyi bahasa yang sifatnya manasuka, yang digunakan, atau yang dapat dipakai dalam komunikasi antar pribadi oleh sekelompok insan.

Berdasarkan keterangan dari Harun Rasyid, Mansyur & Suratno (2009)

Definisi bahasa adalah struktur dan arti yang bebas dari pemakainya, sebagai tanda yang memutuskan suatu tujuan.

Berdasarkan keterangan dari Saussure

Definisi bahasa menurut keterangan dari pendapat Saussure secara singkat ialah suatu objek dari semiologi.

Berdasarkan keterangan dari Walija (1996)

Definisi bahasa adalah sebuah komunikasi yang paling menyeluruh dan efektif untuk mengucapkan ide, pesan, maksud, perasaan dan pendapat untuk orang lain.

Berdasarkan keterangan dari D.P. Tambulan (1994)

Pengertian bahasa menurut keterangan dari Tambulan ialah untuk mengetahui pikiran dan perasaan, serta mengaku pikiran dan perasaan.

Berdasarkan keterangan dari Harimurti Kridalaksana (1985)

Bahasa ditafsirkan sebagai suatu sistem bunyi bermakna yang lantas dipergunakan guna komunikasi oleh kumpulan manusia.

Berdasarkan keterangan dari Fodor

Bahasa adalahsistem tanda serta simbol yang saling bersangkutan dengan mempunyai sifat yang konvensional dimana memiliki sifat ataupun ciri-ciri tertentu yang dimiliki pada kondisi atau benda yang dimaksud tersebut.

Berdasarkan keterangan dari Bolinger

Bahasa adalah sistem fonem yang terbentuk sebab perbedaan bunyi, sintaksis, serta sistem morfem guna dapat mengungkapkan arti yang terdapat hubungannya dengan dunia luar, dunia luar yang dimaksud ialah kenyataan.

Berdasarkan keterangan dari I.G.N. Oka dan Suparno (1994)

Pengertian bahasa adalah sebuah sistem emblem bunyi oral yang arbitrer yang dipakai oleh sekelompok insan (masyarakat) sebagai perangkat komunikasi.

Berdasarkan keterangan dari Kamus Linguistik (2001)

Bahasa ialah sistem emblem bunyi yang arbitrer yang dipakai oleh semua anggota sebuah masyarakat guna kerja sama, berinteraksi dan mengidentifikasikan diri.

Berdasarkan keterangan dari Soejono (1983)

Arti bahasa menurut keterangan dari Soejono ialah suatu sarana perhubungan rohani yang amat urgen dalam hidup bersama.

Berdasarkan keterangan dari Mc. Carthy

Bahasa ditafsirkan sebagai suatu praktik yang sangat tepat untuk dapat mengembangkan keterampilan berpikir

Berdasarkan keterangan dari Santoso (1990)

Definisi bahasa menurut keterangan dari Santoso ialah rangkaian bunyi yang didapatkan oleh perangkat ucap insan secara sadar.

Berdasarkan keterangan dari Pengabean (1981)

Pengertian bahasa menurut keterangan dari Pangabean ialah suatu sistem yang mengutarakan dan mengadukan apa yang terjadi pada sistem saraf.
Pendapat terakhir dari makalah singkat mengenai bahasa ini diutarakan.
Fungsi Bahasa

Bahasa mempunyai sejumlah faedah dan tujuan untuk kehidupan manusia. Berikut merupakan sejumlah fungsi bahasa secara umum.

  • Untuk destinasi praktis, yaitu menyelenggarakan hubungan dalam pergaulan sehari-hari.
  • Untuk destinasi artistik, yaitu insan mengolah dan memakai bahasa dengan seindah-indahnya untuk pemuasan rasa indah manusia.
  • Alat guna menyalurkan makna kepercayaan, norma dan nilai-nilai yang terdapat di masyarakat.
  • Sebagai alat guna berpikir.
  • Untuk destinasi pembelajaran, sebagai media dalam mempelajari sekian banyak  ilmu pengetahuan, baik tersebut yang masih berada pada ruang lingkup bahasa tersebut sendiri, ataupun diluar ruang lingkup bahasa, laksana pengetahuan sejarah dan ilmu pengetahuan yang lainnya.
  • Sebagai perangkat kontrol sosial secara menyeluruh.
  • Sebagai sarana guna dapat mengetahui diri sendiri dan pun memahami orang beda juga.
  • Sebagai sarana untuk dapat berekspresi.
  • Membangun karakter dan kepintaran seseorang.
  • Untuk destinasi filologis, faedah bahasa guna mempelajari sekian banyak  naskah tua untuk menginvestigasi latar belakang dari sejarah manusia, pertumbuhan bahasa tersebut sendiri, dan beda sebagainya.
  • Sebagai pedoman untuk menyaksikan adanya fakta di sebuah masyarakat.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian bahasa secara umum dan para berpengalaman beserta faedah dan penjelasannya. Semoga keterangan di atas berfungsi dan dapat menjadi referensi pengetahuan dalam mengetahui apa tersebut bahasa secara benar.

Posting Komentar untuk "Pengertian Bahasa | Fungsi, Struktur, dan Penjelasannya"