Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Belajar Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan Secara Umum


Dunia-Pendidik.Com - Apa itu pengertian belajar? Kita barangkali tidak asing dengan kata belajar, bahkan barangkali kita tidak jarang melakukan kegiatan belajar dalam kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan keterangan dari situs Wikipedia, belajar ditafsirkan sebagai sebuah evolusi yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari sebuah empiris atau pelajaran yang diperkuat. Belajar merupakan dampak adanya interaksi antara stimulus dan respon.

Seseorang dirasakan telah belajar sesuatu andai dia dapat mengindikasikan perubahan perilakunya. 



Dengan kata lain, pengertian belajar secara singkat ialah upaya dan berjuang untuk memperoleh kecerdikan atau ilmu, berlatih, berubah tingkah laku atau tanggapan yang diakibatkan oleh pengalaman. Kegiatan belajar dapat dilakukan di mana saja, contohnya di sekolah, di rumah, dan di lokasi lain laksana di museum, di laboratorium, di hutan dan lain-lain.

Pengertian Belajar Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan Secara Umum

Pengertian Belajar Berdasarkan keterangan dari Para Ahli, KBBI dan Secara Umum

Pengertian Belajar

Di bawah ini akan diterangkan apa saja makna dan pengertian belajar, secara umum, menurut keterangan dari KBBI, dan menurut keterangan dari para ahli.


Arti belajar yang lainnya yang lebih singkat ialah suatu proses di dalam jati diri manusia, dimana evolusi tersebut ditempatkan dalam format peningkatan kualitas dan kuantitas.

Belajar merupakan pekerjaan berproses dan adalahunsur yang sangat mendasar dalam masing-masing jenjang pendidikan. Dalam borongan proses pendidikan, pekerjaan belajar merupakan pekerjaan yang sangat pokok dan urgen dalam borongan proses pendidikan.


Pengertian Belajar Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Berikut ini akan dibicarakan pengertian dan pengertian belajar menurut keterangan dari pendapat para berpengalaman selengkapnya.


Berdasarkan keterangan dari Ernest R. Hilgard (1984)

Belajar ditafsirkan sebagai proses tindakan yang dilaksanakan dengan sengaja, yang lantas menimbulkan perubahan, yang keadaannya bertolak belakang dari evolusi yang dimunculkan oleh lainnya.

Sifat perubahannya relatif permanen, tidak bakal kembali kepada suasana semula.

Berdasarkan keterangan dari Gagne (1977)

Definisi belajar menurut keterangan dari Gagne adalahsejenis evolusi yang ditunjukkan dalam evolusi tingkah laku, yang keadaaannya bertolak belakang dari sebelum pribadi berada dalam kondisi belajar dan sesudah mengerjakan tindakan yang serupa itu.

Perubahan terjadi dampak adanya suatu empiris atau latihan. Berbeda dengan evolusi serta-merta dampak refleks atau perilaku yang hanya mempunyai sifat naluriah.


Berdasarkan keterangan dari Notoatmodjo

Arti belajar menurut keterangan dari pendapat Notoatmodjo ialah usaha guna menguasai segala sesuatu yang bermanfaat untuk hidup.

Berdasarkan keterangan dari Djamarah

Belajar ialah serangkaian pekerjaan jiwa raga untuk mendapat  suatu evolusi tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman pribadi dalam interaksi dengan lingkungannya yang mencantol kognitif, afektif, dan psikomotor.

Berdasarkan keterangan dari Bell-Gredler (2008)

Pengertian belajar ialah proses yang dilaksanakan oleh insan untuk mendapatkan ragam ragam keterampilan (competencies), kemampuan (skills), dan sikap (attitude), yang didapatkan secara bertahap dan berkelanjutan mulai dari masa bayi hingga masa tua melewati rangkaian proses belajar sepanjang hayat.

Berdasarkan keterangan dari Ahmadi A.

Berdasarkan keterangan dari Ahmadi, definisi belajar secara singkat ialah sebuah proses evolusi dalam diri manusia.

Berdasarkan keterangan dari Oemar H.

Pengertian belajar ialah bentuk perkembangan atau evolusi dalam diri seseorang yang ditetapkan dalam cara-cara berprilaku yang baru berkat empiris dan latihan.

Berdasarkan keterangan dari Neohi Nasution

Belajar ialah suatu proses yang memungkinkan munculnya atau berubahnya sebuah tingkah laku sebagai hasil terbentuknya respon utama, dengan kriteria utama bahwa evolusi atau timbulnya prilaku baru tersebut bukan diakibatkan oleh adanya kematangan atau adanya evolusi sementara.

Berdasarkan keterangan dari Snelbecker

Belajar ialah proses yang mesti merangkum tingkah laku dari tingkat yang sangat sederhana hingga yang perumahan dimana proses evolusi tersebut mesti dapat dikontrol sendiri atau dikontrol oleh faktor-faktor eksternal.

Berdasarkan keterangan dari Whiterington

Arti belajar ialah suatu proses evolusi dalam jati diri sebagaimana dimanifestasikan dalam evolusi penguasaan pola-pola respontingkah laku yang baru nyata dalam evolusi ketrampilan, kebiasaan, kesanggupan, dan sikap.

Berdasarkan keterangan dari James O. Whittaker

Berdasarkan keterangan dari Whittaker, pengertian belajar ditafsirkan sebagai suatu proses dimana tingkah laku ditimbulkan.

Berdasarkan keterangan dari Sardiman A.M. (2005)

Sardiman menyampaikan pendapat bahwa definisi belajar ialah perubahan dalam penampilan sebagai hasil praktek.

Berdasarkan keterangan dari Cronbach

Cronbach berasumsi bahwa proses belajar yang sangat efektif ialah belajar melewati pengalaman.


Berdasarkan keterangan dari Skinner (1985)

Definisi belajar sebuah proses adaptasi perilaku yang mempunyai sifat progresif atau hubungan antara stimulus dan respons yang tercipta melewati proses tingkah laku yang mempunyai sifat progresif.

Berdasarkan keterangan dari Mc. Beach (1956)

Definisi belajar. ialah proses yang membawa perubahan dalam performa dan perubahan tersebut sebagai dampak dari latihan.

Berdasarkan keterangan dari Hilgarde dan Bower (1975)

Definisi belajar bersangkutan dengan evolusi tingkah laku seseorang terhadap sesuatu kondisi tertentu yang diakibatkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam kondisi itu, dimana evolusi tingkah laku tersebut.

Berdasarkan keterangan dari Trianto (2010)

Proses belajar terjadi melalui tidak sedikit cara baik disengaja maupun tidak disengaja dan dilangsungkan sepanjang masa-masa dan mengarah ke pada suatu evolusi pada diri pembelajar.

Berdasarkan keterangan dari Ngalim Purwanto (1992)

Belajar ditafsirkan sebagai setiap evolusi yang relatif menetap dalam tingkah laku, yang terjadi sebagai sebuah hasil dari pelajaran atau pengalaman.

Berdasarkan keterangan dari Hintzman, Douglas L. (1987)

Arti belajar ialah suatu evolusi yang terjadi dalam diri organisme, insan atau hewan, diakibatkan oleh empiris yang dapat memprovokasi tingkah laku organisme tersebut.

Berdasarkan keterangan dari Vernon S. Gerlach dan Donal P. Ely


Belajar ialah perubahan perilaku, sementara perilaku itu ialah tindakan yang bisa diamati. Dengan kata beda perilaku ialah suatu perbuatan yang dapat dicermati atau hasil yang disebabkan oleh perbuatan atau sejumlah tindakan yang bisa diamati.

Berdasarkan keterangan dari Imron (1996)

Definisi belajar ialah sebagai suatu evolusi tingkah laku dalam diri seseorang yang relative menetap sebagai hasil dari suatu pengalaman.

Berdasarkan keterangan dari James Patrick Chaplin (1985)

Pengertian belajar diberi batas dengan dua macam rumusan. Rumusan kesatu Belajar ialah perolehan evolusi tingkah laku yang relatif menetap sebagai dampak latihan dan pengalaman. Rumusan kedua Belajar merupakan proses mendapat  respons-respons sebagai dampak adanya pelajaran khusus.

Berdasarkan keterangan dari Spears

Belajar ialah mengamati, membaca, untuk mengupayakan sesuatu sendiri, mendengarkan, mengekor arahan.

Berdasarkan keterangan dari Thursan Hakim (2005)

Pengertian belajar ialah suatu proses evolusi di dalam jati diri manusia, dan evolusi tersebut ditampakkan dalam format peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti penambahan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir, dan lain-lain kemampuan.

Berdasarkan keterangan dari Bower (1987)

Bower berasumsi bahwa makna belajar ialah ditunjukkan oleh evolusi yang relatif tetap dalam perilaku yang terjadi sebab adanya pelajaran dan pengalaman-pengalaman. Belajar ialah suatu proses kognitif.

Berdasarkan keterangan dari Margaret Gredler (1994)

Definisi belajar ialah proses orang memperoleh sekian banyak  kecakapan, keterampilan, dan sikap, sampai-sampai peserta didik dapat memahami hal-hal yang baru dan dapat menambah pengetahuan yang dimilikinya, mengolah dari tidak tahu menjadi tahu, dari yang salah menjadi benar, dan dari tidak cukup baik menjadi baik.

Demikianlah tulisan tentang definisi belajar menurut keterangan dari para berpengalaman pendidikan dan definisinya secara umum. Semoga dapat menjadi referensi dalam memahami pengertian belajar yang benar.                        

Posting Komentar untuk "Pengertian Belajar Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan Secara Umum"