Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Diskriminasi | Definisi, Penyebab, Jenis-Jenis, dan Contohnya


Dunia-Pendidik.Com - Diskriminasi ialah tindakan yang menggambarkan ketidakadilan terhadap pribadi atau kumpulan tertentu yang diakibatkan oleh adanya ciri khas khusus yang dipunyai oleh pribadi atau kumpulan tersebut. Ada sejumlah faktor penyebab diskriminasi yang pastinya didasarkan adanya sebuah perbedaan.

Ketika seseorang diperlakukan bertolak belakang atau secara tidak adil sebab adanya ciri khas suku, antargolongan, jenis kelamin, ras, agama dan kepercayaan, aliran politik, kondisi jasmani atau karateristik beda yang diperkirakan adalah dasar dari perbuatan diskriminasi.

Diskriminasi adalah tindakan negatif yang mesti dihindari. Kita tidak boleh melakukan diskriminasi pada orang lain melulu karena adanya perbedaan ciri khas tertentu. Di Indonesia yang situasi masyarakatnya beragam, sikap diskriminasi mesti dijauhi supaya tercipta persatuan dan kesatuan nasional.

Untuk menghindari sikap diskriminasi, anda harus menyadari bahwa insan tersebut mempunyai status yang sama di hadapan Tuhan. Di samping itu, tiap-tiap insan tu mempunyai keistimewaan tersendiri, sampai-sampai adanya perbedaan sepantasnya tidak perlu dipersoalkan lagi.

Pengertian Diskriminasi | Definisi, Penyebab, Jenis-Jenis, dan Contohnya

Pengertian Diskriminasi

Berikut merupakan sejumlah definisi dan definisi diskriminasi, baik secara umum maupun menurut keterangan dari pendapat semua ahli.


Arti Diskriminasi Secara Umum

Pengertian diskriminasi menurut keterangan dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah pembedaan perlakuan terhadap sesama penduduk negara (menurut warna kulit, golongan, suku, ekonomi, agama, dan sebagainya).

Berdasarkan keterangan dari KBBI, sejumlah jenis diskriminasi ialah sebagai berikut:

  1. Diskriminasi kelamin, yaitu pembedaan sikap dan perlakuan terhadap sesama insan menurut perbedaan jenis kelamin.
  2. Diskriminasi ras, yaitu anggapan segolongan ras tertentu bahwa rasnya itulah yang sangat unggul dikomparasikan dengan kelompok ras lain; rasisme.
  3. Diskriminasi rasial, yaitu pembedaan sikap dan perlakuan terhadap kumpulan masyarakat tertentu sebab perbedaan warna kulit.
  4. Diskriminasi sosial, yaitu pembedaan sikap dan perlakuan terhadap sesama insan menurut status sosialnya.


Definisi diskriminasi pun dapat ditafsirkan sebagai sebuah sikap, perilaku, dan perbuatan yang tidak adil atau tidak sebanding yang dilaksanakan oleh pribadi atau kumpulan terhadap pribadi atau kumpulan lainnya.


Definisi Diskriminasi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Berdasarkan keterangan dari Theodorson & Theodorson (1979)

Definisi diskriminasi ditafsirkan sebagai suatu perlakuan yang tidak sebanding terhadap perorangan atau kumpulan menurut sesuatu, biasanya mempunyai sifat kategorikal atau atribut khas laksana ras, suku, agama atau keanggotaan kelas-kelas sosial.

Berdasarkan keterangan dari Shadily dalam Reslawati (2007),

Diskriminasi didefinisikan sebagai suatu perbedaan yang merugikan untuk kelompok atau kelompok yang terdiskriminasi.

Berdasarkan keterangan dari Sears, Freedman, dan Peplau (1999)

Arti diskriminasi ialah suatu perilaku yang mengindikasikan penolakan terhadap pribadi atau kumpulan semata-mata sebab keanggotaan seseorang di dalam kelompok.

Faktor Penyebab Diskriminasi

Terdapat sejumlah faktor penyebab terjadinya diskriminasi di kalangan masyarakat. Berikut akan dibicarakan apa saja hal penyebab diskriminasi beserta penjelasannya.

1. Mekanisme pertahanan psikologi (projection)

Seseorang memindahkan untuk orang beda ciri-ciri yang tidak digemari tentang dirinya untuk orang lain.

2. Kekecewaan

Setengah orang yang kecewa akan menempatkan kekecewaan mereka untuk ’kambing hitam’.

3. Mengalami rasa tidak selamat dan rendah diri

Mereka yang merasa dalam bahaya dan rendah diri untuk mendinginkan diri maka mereka mengupayakan dengan merendahkan orang atau kelompok lain.

4. Sejarah

Terjadinya sebuah diskriminasi pun dapat dimunculkan karena adanya sejarah yang terjadi pada masa lalu.

5. Persaingan dan eksploitasi

Masyarakat kini ialah lebih materialistik dan hidup dalam persaingan. Individu atau kumpulan berlomba diantara mereka guna mendapatkan kekayaan, kemewahan dan kekuasaan.

6. Corak sosialisasi

Diskriminasi ialah fenomena yang dipelajari dan diturunkan dari satu generasi untuk generasi yang lain melewati proses sosialisasi. Seterusnya terbentuk sebuah pandangan stereotip mengenai peranan suatu bangsa dengan yang beda dalam masyarakat, yaitu berkaitan dengan kelakuan, teknik kehidupan dan sebagainya.


Jenis-Jenis Diskriminasi

Secara umum, ada dua jenis-jenis diskriminasi yang didasarkan pada kelangsungannya, yaitu diskriminasi langsung dan diskriminasi tidak langsung.

  • Diskriminasi langsung, yaitu jenis diskriminasi yang terjadi ketika hukum, ketentuan atau kepandaian jelas-jelas menuliskan ciri khas tertentu, laksana jenis kelamin, ras, dan sebagainya, dan menghambat adanya kesempatan yang sama.
  • Diskriminasi tidak langsung, yaitu jenis diskriminasi yang terjadi saat ketentuan yang mempunyai sifat netral menjadi diskriminatif ketika diterapkan di lapangan.


Contoh Diskriminasi

Berikut merupakan sejumlah contoh-contoh diskriminasi yang dapat dijadikan sumber referensi.

  • Seorang guru yang membeda-bedakan antara siswanya yang pintar dan tidak cukup pintar.
  • Pembedaan jumlah gaji karyawan, sebenarnya jabatan, jam kerja, serta kualitas bekerjanya sama.
  • Adanya perbedaan antara jumlah penerimaan kerja guna wanita dan pria, dimana lelaki lebih tidak sedikit dibutuhkan.
  • Perlakuan yang tidak berimbang dan sama antar umat beragama tertentu.
  • Melakukan perbuatan pilih-pilih teman, laksana memilih rekan yang sekasata, yang  sama warna kulitnya, yang sama kayanya.
  • Adanya pemisahan lokasi tinggal antara orang kaya dan orang miskin.
  • Di Amerika Serikat, terdapat penggolongan antara orang berkulit putih dan orang berkulit hitam.


Nah itulah referensi tentang pengertian diskriminasi beserta arti, definisi, hal penyebab, jenis-jenis, dan misalnya lengkap. Sikap diskriminasi mesti anda hindari sebab pada dasarnya tiap manusia tersebut sama dan jangan dibeda-bedakan satu sama lain.

Posting Komentar untuk "Pengertian Diskriminasi | Definisi, Penyebab, Jenis-Jenis, dan Contohnya"