Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Komunitas | Definisi, Jenis-Jenis, Manfaat, dan Contohnya


Dunia-Pendidik.Com - Komunitas ialah sebuah kumpulan sosial dari sejumlah organisme yang berbagi lingkungan, lazimnya mempunyai ketertarikan dan habitat yang sama. Komunitas dapat ditafsirkan dalam bidang sosial ataupun biologi, tergantung konteks pembicarannya. Terdapat pula jenis-jenis dan misal komunitas yang ada di dekat kita.

Secara umum, komunitas merupakan kumpulan sosial di sebuah masyarakat yang terdiri dari sejumlah individu yang mana pribadi tersebut saling berinteraksi di lingkungan tertentu dan seringkali mempunyai ketertarikan dan habitat yang sama. Namun komunitas pun memiliki makna lain tergantung konteksnya.

Terdapat sejumlah jenis-jenis komunitas yang dapat dipisahkan menurut lokasi, minat atau komuninya. Komunitas juga mempunyai sejumlah guna dan kegunaan untuk para anggota atau pribadi yang terdapat di dalamnya. Dalam ilmu sosial, misal komunitas yang tidak jarang dijumpai ialah komunitas seni, komunitas petani, komunitas pedagang, dan sebagainya.

Pengertian Komunitas | Definisi, Jenis-Jenis, Manfaat, dan Contohnya

Pengertian Komunitas

Di bawah ini akan diterangkan apa saja definisi komunitas, baik menurut keterangan dari KBBI, pengertian secara umum, dan teori menurut keterangan dari para ahli.


Arti Komunitas Berdasarkan keterangan dari KBBI

Dalam KBBI, komunitas pun dapat ditafsirkan sebagai kumpulan masyarakat atau suatu paguyuban.


Definisi Komunitas Secara Umum

Pengertian komunitas secara umum ditafsirkan sebagai kumpulan sejumlah populasi yang menghuni atau menduduki wilayah tertentu secara bersama-sama. Spesies dari sekian banyak  populasi ini juga tak melulu hidup bersebelahan saja, tetapi pun saling berinteraksi satu sama lainnya.

Contoh komunitas yang tidak jarang dijumpai di dekat kita contohnya komunitas seni atau komunitas gamers. Mereka menyusun komunitas guna saling berdiskusi dan berkomunikasi satu sama beda dengan minat dan kegemaran yang sama.


Pengertian Komunitas Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Berikut akan diulas apa saja pengertian dan definisi komunitas menurut keterangan dari pendapat para berpengalaman selengkapnya.

Berdasarkan keterangan dari Koentjaraningrat (1990)

Pengertian komunitas menurut keterangan dari Koentjaraningrat ialah suatu kesatuan hidup insan yang menduduki suatu distrik nyata dan yang berinteraksi menurut keterangan dari suatu sistem adat-istiadat serta terbelenggu oleh sebuah rasa identitas dalam komunitas.

Berdasarkan keterangan dari Hillery, George Jr. (1955)

Definisi komunitas secara singkat ialah hal yang di bina dengan jasmani atau tempat geografi dan keserupaan dasar akan kesenangan (interest) atau keperluan (needs).

Berdasarkan keterangan dari Spradley (1985)

Berdasarkan keterangan dari Spradley, definisi komunitas adalahsekumpulan orang yang saling bertukar empiris penting dalam hidupnya.

Berdasarkan keterangan dari Paul B. Horton dan Chaster L. Hunt

Arti komunitas menurut keterangan dari Horton dan Hunt ialah suatu kumpulan sosial atau sekumpulan insan yang mempunyai kesadaran bakal keanggotaannya dan saling berinteraksi.

Berdasarkan keterangan dari Sounders (1991)

Definisi komunitas menurut keterangan dari Sounders adalah suatu lokasi atau kelompok orang-orang atau sistem sosial.

Berdasarkan keterangan dari Christensson dan Robinson

Komunitas bisa didefinisikan sebagai orang-orang yang bermukim di wilayah yang terbatas secara geografis, mereka berkomunikasi dengan satu sama beda dan mempunyai ikatan antara orang-orang yang bermukim di wilayah tempat tinggalnya.

Berdasarkan keterangan dari Vanina Delobelle

Komunitas adalah sarana berkumpulnya orang-orang yang mempunyai kepentingan bersama, disusun atas sejumlah faktor seperti kemauan untuk berbagi dan berkomunitasi salah satu anggotanya cocok dengan kepentingan bersama.

Berdasarkan keterangan dari Wahit (2005)

Komunitas adalah sekelompok pribadi yang bermukim pada distrik tertentu, mempunyai nilai-nilai kepercayaan dan minat yang relatif sama, serta adanya interaksi satu sama beda untuk menjangkau tujuan.

Berdasarkan keterangan dari Fairi

Pengertian komunitas menurut keterangan dari Fairi ialah hasil dari pertemuan masyarakat dalam jumlah kecil dan tercebur di lokasi yang ditunjuk.

Jenis-Jenis Komunitas

Komunitas Berdasarkan Lokasi atau Tempat

Wilayah atau tempat suatu komunitas dapat disaksikan sebagai lokasi di mana sekumpulan orang memiliki sesuatu yang sama secara geografis. Dan saling mengenal satu sama lain sampai-sampai tercipta interaksi dan menyerahkan konstribusi untuk lingkungannya.

Komunitas Berdasarkan Minat
 

Komunitas menurut minat mempunyai jumlah sangat besar sebab melingkupi sekian banyak  aspek, contohnya komunitas gamers, komunitas seni, komunitas film, komunitas fotografi, komunitas pedagang, dan beda sebagainya.

Komunitas Berdasarkan Komuni

Komuni bisa berarti gagasan dasar yang dapat menyokong komunitas tersebut sendiri. Dengan kata lain, jenis komunitas menurut komuni ini terbentuk atas dasar kepentingan di dalam organisasi sosial dalam masyarakat.


Manfaat Komunitas

Menjadi anggota komunitas menghadirkan sejumlah manfaat dan kegunaan. Berikut sejumlah manfaat komunitas secara umum.

  •     Sebagai sarana meningkatkan informasi dan wawasan bersangkutan sebuah minat atau bidang.
  •     Bagi menjalin hubungan dan interaksi dengan sesama anggota komunitas yang lainnya.
  •     Saling mendukung sebab adanya keserupaan minat atau ketertarikan pada bidang tertentu


Contoh Komunitas

Terdapat tidak sedikit contoh-contoh komunitas yang dapat anda jumpai di dekat kita dalam kehidupan sehari-hari. Berikut merupakan sejumlah contoh komunitas menurut minat dan bidangnya.

  •     Komunitas seni
  •     Komunitas fotografi
  •     Komunitas film
  •     Komunitas pedagang
  •     Komunitas guru
  •     Komunitas petani
  •     Komunitas gamers


Nah itulah referensi definisi komunitas beserta definisi, jenis-jenis, manfaat, dan misal komunitas di dekat kita. Semoga dapat menjadi ekstra wawasan dan referensi pengetahuan.                        

Posting Komentar untuk " Pengertian Komunitas | Definisi, Jenis-Jenis, Manfaat, dan Contohnya"