Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Masyarakat | Definisi, Ciri-Ciri, Unsur-Unsur & Penjelasannya


Dunia-Pendidik.Com - Masyarakat ialah suatu kumpulan manusia yang hidup secara bersama-sama di sebuah wilayah dan menyusun sebuah sistem. Ada sejumlah ciri-ciri masyarakat, di antaranya hidup bareng secara berkelompok, berdiam di sebuah tempat dan mengerjakan interaksi sosial antar individunya.

Sebagai makhluk sosial, tentu insan hidup bersama-sama dengan pribadi lainnya. Saat sekelompok pribadi hidup bareng di sebuah tempat dan mengerjakan interaksi serta mentaati aturan dan norma-norma yang berlaku, maka itulah yang dinamakan sebagai masyarakat.

Terdapat tidak sedikit jenis-jenis masyarakat, laksana masyarakat desa, masyarakat kota, masyarakat madani, dan beda sebagainya. Meski tiap jenis memiliki ciri khas yang berbeda, tetapi hakikat masyarakat tetap sama cocok dengan pengertian pada umumnya. Hal ini diperjelas dengan pendapat para berpengalaman mengenai makna masyarakat secara umum.

Pengertian Masyarakat | Definisi, Ciri-Ciri, Unsur-Unsur & Penjelasannya

Pengertian Masyarakat

Di bawah ini akan dibicarakan apa saja definisi dan pengertian masyarakat, baik menurut keterangan dari KBBI, secara umum maupun menurut keterangan dari pendapat semua ahli.


Arti Masyarakat Berdasarkan keterangan dari KBBI

Pengertian masyarakat menurut keterangan dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah sejumlah insan dalam makna seluas-luasnya dan terbelenggu oleh sebuah kebudayaan yang mereka anggap sama.

Dalam KBBI, ada sejumlah turunan definisi masyarakat menurut jenis-jenisnya, yaitu sebagai berikut:

  • Masyarakat bahasa, yakni kumpulan orang yang merasa mempunyai bahasa bersama, yang merasa tergolong dalam kumpulan itu, atau yang berpegang pada bahasa standar yang sama.
  • Masyarakat desa, yaitu masyarakat yang penduduknya memiliki mata pencaharian utama dalam sektor bercocok tanam, perikanan, peternakan, atau campuran dari kesemuanya itu, dan yang sistem kebiasaan dan sistem sosialnya menyokong mata pencaharian itu.
  • Masyarakat hukum, yaitu masyarakat yang menilai hukumnya sendiri.
  • Masyarakat kota, yaitu masyarakat yang penduduknya memiliki mata pencaharian dalam sektor perniagaan dan industri, atau yang bekerja dalam sektor administrasi pemerintah.
  • Masyarakat majemuk, yaitu masyarakat yang terbagi dalam kumpulan persatuan yang tidak jarang memiliki kebiasaan yang berbeda.
  • Masyarakat modern, yaitu masyarakat yang perekonomiannya menurut pasar secara luas, spesialisasi di bidang industri, dan pemakaian teknologi canggih.
  • Masyarakat primitif, yaitu masyarakat yang memiliki sistem ekonomi sederhana.
  • Masyarakat tradisional, yaitu masyarakat yang lebih tidak sedikit dikuasai oleh adat-istiadat yang lama.


Definisi Masyarakat Secara Umum

Pengertian masyarakat secara umum ialah sekumpulan individu-individu yang hidup bersama. Suatu masyarakat bisa terbentuk sebab setiap insan menggunakan perasaan, pikiran, dan hasratnya guna bereaksi dan berinteraksi terhadap lingkungannya.

Masyarakat ialah sekelompok orang yang menyusun sebuah sistem semi tertutup, yaitu mayoritas interaksi individu-individu yang berada dalam kumpulan tersebut. Istilah masyarakat lazimnya mengacu pada sekelompok orang yang hidup bareng dalam satu komunitas teratur.

Dalam bahasa Arab, istilah masyarakat dikenal dengan kata musyarak yang berarti hubungan, ikut serta atau berpartisipasi. Sedangakan dalam bahasa Inggris dinamakan dengan society yang memiliki makna interaksi sosial, evolusi sosial, dan rasa kebersamaan.


Pengertian Masyarakat Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Berikut akan diberikan apa saja pengertian dan definisi masyarakat menurut keterangan dari pendapat semua ahli.

Berdasarkan keterangan dari Max Weber

Pengertian masyarakat menurut keterangan dari Max Weber ialah suatu struktur atau aksi yang pada pokoknya ditentukan oleh asa dan nilai-nila yang berpengaruh pada warganya sendiri.

Berdasarkan keterangan dari Karl Marx

Pengertian masyarakat menurut keterangan dari Karl Marx adalah sebuah sturktur yang merasakan ketegangan organisasi maupun perkembangan sebab adanya pertentangan antara kelompok-kelompok yang terbelah secara ekonomi.

Berdasarkan keterangan dari Soerjono Soekanto

Berdasarkan keterangan dari Soerjono Soekanto, pengertian masyarakat pada umumnya memiliki ciri-ciri dengan kriteria laksana di bawah ini:

  • Bercampur atau bergaul dalam jangka masa-masa yang lumayan lama, sampai-sampai timbul sistem komunikasi dan ketentuan yang menata hubungan antar manusia.
  • Sadar bahwa mereka adalahsatu kesatuan.
  • Merupakan sebuah sistem hidup bareng yang memunculkan kebudayaan sebab mereka merasa dirinya berhubungan satu sama lain.


Berdasarkan keterangan dari Emile Durkheim

Pengertian masyarakat menurut keterangan dari Durkheim adalah suatu fakta objektif dari individu-individu yang adalahanggotanya.

Berdasarkan keterangan dari Paul B. Horton

Pengertian masyarakat adalah sekumpulan insan yang relatif berdikari dengan hidup bareng dalam jangka waktu lumayan lama, menempati suatu distrik tertentu dengan mempunyai kebudayaan yang sama, dan beberapa besar pekerjaan dalam kumpulan itu.

Berdasarkan keterangan dari Selo Soemardjan

Definisi masyarakat menurut keterangan dari Selo Soemardjan adalah orang-orang yang hidup bareng dan menghasilkan kebudayaan.

Berdasarkan keterangan dari  J. L. Gillin dan J. P. Gillin

Masyarakat ditafsirkan sebagai sebuah kumpulan yang tersebar dengan perasaan persatuan yang sama.

Berdasarkan keterangan dari Richard T. Schaefer dan Robert P. Lamm

Arti masyarakat ialah sejumlah besar orang yang bermukim dalam distrik yang sama, relatif independen dan orang orang di luar distrik itu, dan memiliki kebiasaan yang relatif sama.

Berdasarkan keterangan dari John J. Macionis

Pengertian masyarakat menurut keterangan dari John J. Macionis ialah orang-orang yang berinteraksi dalam suatu wilayah tertentu dan memiliki kebiasaan bersama.

Berdasarkan keterangan dari Koentjaraningrat

Masyarakat adalah satu kesatuan hidup insan yang bersangkutan sesuai dengan sistem adat istiadat tertentu yang bentuknya berkesinambungan dan terhubung oleh sebuah rasa identitas bersama.

Berdasarkan keterangan dari Marion Levy

Ada empat kriteria yang butuh ada supaya suatu kelompok dapat disebut masyarakat, yaitu sebagai berikut.

  •     Kemampuan bertahan yang melebihi masa hidup seorang anggotanya.
  •     Perekrutan semua atau beberapa anggotanya melewati reproduksi atau kelahiran.
  •     Adanya sistem perbuatan utama yang mempunyai sifat swasembada.
  •     Kesetiaan terhadap sebuah sistem perbuatan utama secara bersama-sama.


Berdasarkan keterangan dari Talcott Parsons

Berdasarkan keterangan dari Parsons, ia setuju dengan pendapat Marion Levy tentang kriteria masyarakat. Namun ia menambahkan 1 kriteria lagi, yaitu harus dapat mengerjakan sosialisasi terhadap generasi berikutnya.

Berdasarkan keterangan dari Ralph Linton

Masyarakat ialah sekelompok insan yang telah lumayan lama hidup dan bekerja sama sampai-sampai dapat terbentu organisasi yang menata setiap pribadi dalam masyarakat itu dan menciptakan setiap pribadi dalam masyarakat dapat menata diri sendiri dan beranggapan tentang dirinya sebagai satu kesatuan sosial dengan batasan tertentu.

Berdasarkan keterangan dari Wilkinson

Masyarakat sebagai salah satu kumpulan manusia yang secara bersama-sama hidup dan bermukim di distrik yang sama dengan batasan distrik yang biasa.

Berdasarkan keterangan dari S.R. Steinmentz

Masyarakat didefinisikan sebagai kumpulan manusia yang terbesar mencakup pengelompokan-pengelompokan insan yang lebih kecil yang memiliki perhubungan erat dan teratur.

Berdasarkan keterangan dari Mac Iverl

Masyarakat ialah suatu sistem dari teknik kerja dan prosedur, otoritas dan saling bantu-membantu yang mencakup kelompok-kelompok dan pembagian-pembagian sosial, sistem pemantauan tingkah laku insan dan kebebasan. Sistem yang perumahan dan tidak jarang kali berubah dari relasi sosial.

Berdasarkan keterangan dari Adam Smith

Masyarakat bisa terdiri dari sekian banyak  jenis insan yang berbeda, yang memiliki faedah yang bertolak belakang yang terbentuk dan disaksikan hanya dari sisi fungsi, bukan dari rasa suka maupun cinta dan sejenisnya, dan melulu rasa guna saling menjaga supaya tidak saling menyakiti.

Berdasarkan keterangan dari Abdul Syani

Masyarakat ditafsirkan sebagai sebuah pekerjaan untuk berkumpul, bersama, hidup bareng dan saling bersangkutan serta saling mempengaruhi.

Berdasarkan keterangan dari Thomas Hobber

Masyarakat sebagai suatu komunitas yakni proses alamiah dimana sekelompok orang hidup bareng guna memaksimalkan kepentingan mereka, dan kepentingan diri tiap pribadi dapat diperolah dalam sebuah kumpulan tersebut.

Berdasarkan keterangan dari M. J. Herkovits

Arti masyarakat didefinisikan sebagai sebuah kelompok pribadi yang diorganisasikan dan mengekor suatu teknik hidup tertentu.

Berdasarkan keterangan dari Ensiklopedi Indonesia

Masyarakat dapat ditafsirkan sebagai berikut:

  • Bentuk tertentu dari suatu kumpulan sosial yang menurut rasional yang diterjemahkan sebagai masyarakat patembayan, kemudian adanya kumpulan sosial lainnya yang masih berasaskan ikatan naluri kekeluargaan atau bisa disebutu masyarakat paguyuban.
  • Merupakan borongan masyarakat insan yang di dalamnya mencakup seluruh kehidupan bersama.
  • Menunjukkan tatanan kemasyarakatan dengan mempunyai ciri sendiri atau identitas serta suatu otonomi laksana masyarakat barat, ataupun masyarakat terpencil atau primitif dimana suku itu belum bersangkutan dengan dunia sekitar.

Ciri-Ciri Masyarakat

Masyarakat pun mempunyai ciri-ciri dan ciri khas tertentu, dapat dibilang menjadi kriteria sesuatu dapat disebut sebagai masyarakat. Berikut adalah ciri-ciri masyarakat secara umum.

  • Mendiami sebuah wilayah tertentu
  • Hidup secara berkelompok bersama-sama
  • Terdapat sebuah kebudayaan yang selalu merasakan penyesuaian dan diwariskan secara turun-temurun
  • Mengalami evolusi dari masa-masa ke waktu
  • Terjadi interaksi sosial antar individu
  • Terdapat pemimpin dalam kumpulan masyarakat
  • Terbentuk kelompok dan stratifikasi sosial cocok dengan kemahiran dan keterampilan masing-masing


Unsur-Unsur Masyarakat

Masyarakat terbentuk oleh sejumlah unsur urgen di dalamnya. Adapun unsur-unsur masyarakat ialah sebagai berikut:

  • Sekumpulan orang banyak, yaitu sekelompok orang yang berada di sebuah tempat
  • Golongan, yaitu pengelompokan masyarakat menurut ciri khas yang dimiliki
  • Perkumpulan (asosiasi), yaitu kesatuan tidak sedikit individu dengan destinasi tertentu yang hendak dicapai
  • Kelompok, yakni bagian masyarakat yang lebih kecil dengan struktur dan kaidah tertentu


Nah itulah referensi tentang pengertian masyarakat menurut keterangan dari para berpengalaman dan secara umum beserta definisi, ciri-ciri, dan unsur-unsurnya lengkap. Semoga dapat menjadi ekstra referensi tentang ilmu sosial masyarakat.                        

Posting Komentar untuk "Pengertian Masyarakat | Definisi, Ciri-Ciri, Unsur-Unsur & Penjelasannya"