Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Media Sosial | Definisi, Ciri-Ciri, Fungsi, Jenis-Jenis, Contoh


Dunia-Pendidik.Com - Media sosial ialah sebuah media daring atau online yang dapat menghubungkan semua pemakainya dari semua dunia guna saling berkomunikasi dan bertukar file dalam satu forum atau dnia virtual. Di era modern, peran dan faedah media sosial sangat urgen untuk format ekspresi diri, media komunikasi, dan berdiskusi satu sama lain.

Media sosial dapat memperluas interaksi sosial dengan memanfaatkan teknologi internet dan website. Di samping itu, adanya sosial media pun berperan meciptakan komunikasi antar tidak sedikit orang dalam suatu forum. Sosial media memang memiliki tidak sedikit manfaat, tapi mesti disikapi dengan kritis sebab ada juga akibat negatif yang ditimbulkan.

Faktanya ada sejumlah jenis media sosial. Beberapa misal media sosial yang populer contohnya Instagram, Facebook, YouTube, Twitter, dan beda sebagainya. Klasifikasi media sosial pun paling beragam, bahkan game online yang tidak jarang kita mainkan pun termasuk media sosial loh, sebab kita dapat berinteraksi dengan pemain beda dari semua belahan dunia.

Pengertian Media Sosial | Definisi, Ciri-Ciri, Fungsi, Jenis-Jenis, Contoh

Pengertian Media Sosial

Berikut akan diterangkan apa saja definisi dan pengertian media sosial, baik secara umum maupun menurut keterangan dari para ahli.


Definisi Media Sosial Secara Umum

Pengertian media sosial secara umum ialah sebuah media daring dimana semua pemakainya dapat dengan gampang berpartisipasi, berbagi, dan membuat isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.

Media sosial pun sering dinamakan sebagai sosial media, biasa pun disingkat sebagai medsos (media sosial) atau sosmed (sosial media). Istilah beda media sosial ialah jejaring sosial, dipungut dari bahasa Inggris social network. Apapun istilahnya, tetap saja merujuk pada satu pengertian yang sama.

Sosial media juga dapat diartikan sebagai suatu media guna bersosialisasi satu sama beda dan dilaksanakan secara online yang memungkinkan insan untuk saling berinteraksi tanpa diberi batas ruang dan waktu.


Pengertian Media Sosial Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Berikut merupakan sejumlah pengertian dan pengertian media sosial menurut keterangan dari pendapat semua ahli.

Berdasarkan keterangan dari Philip Kotler dan Kevin Keller

Pengertian media sosial ialah sebuah sarana untuk konsumen untuk sekian banyak  informasi teks, gambar, video, dan audio dengan satu sama beda dan dengan perusahaan dan sebaliknya.

Berdasarkan keterangan dari Lisa Buyer

Berdasarkan keterangan dari Lisa Buyer, media sosial ditafsirkan sebagai sebuah format hubungan masyarakat (public relation) yang sangat transparan, unik dan interaktif pada ketika ini.

Berdasarkan keterangan dari Antony Mayfield

Media sosial ialah tentang menjadi manusia. Orang biasa yang berbagi ide, bekerjasama, dan bekerjasama untuk membuat kreasi, pemikiran, berdebat, mengejar orang yang dapat menjadi rekan baik, mengejar pasangan dan membina sebuah komunitas.

Berdasarkan keterangan dari M. Terry

Arti media sosial menurut keterangan dari M. Terry ialah suatu media komunikasi dimana pemakai dapat memenuhi kontennya secara bareng dan memakai teknologi penyiaran berbasis internet yang bertolak belakang dari media cetak dan media siaran tradisional.

Ciri-Ciri Media Sosial

Berikut ini merupakan sejumlah ciri-ciri dan ciri khas khas media sosial secara umum.

  •     Pesan yang dikatakan tidak melulu untuk satu orang namun lebih luas jangkauannya.
  •     Pesan yang dikatakan bebas atau tanpa mesti melewati suatu gatekeeper.
  •     Pesan yang disampaikan ingin lebih cepat dibanding media lainnya.
  •     Penerima pesan yang menilai masa-masa interaksi.


Jenis-Jenis dan Contoh Media Sosial

Ada sejumlah jenis dan macam-macam media sosial disaksikan dari faedah dan teknik kerjanya. Berikut merupakan sejumlah jenis media sosial beserta misal dan keterangan lengkapnya.

1. Social Networks

Social networks atau jejaring sosial ialah jenis media sosial guna bersosialisasi dan berinteraksi satu sama beda antar pemakainya. Contoh social networks ialah Facebook, MySpace, Bebo, Linkedin, dan sebagainya.

2. Forum Online


Forum online ialah jenis media sosial yang memfasilitasi sekelompok orang untuk mengerjakan obrolan dan diskusi.


3. Situs Blog

Situs blog ialah jenis media sosial yang memungkinkan seseorang dapat memposting tulisan atau informasi tertentu untuk pembacanya. Contoh website blog ialah zonareferensi.com.

4. Social Bookmark

Social bookmark ialah jenis media sosial yang menjadi wadah untuk para pemakai internet guna menyimpan alamat situs yang mereka sukai. Contoh social bookmark ialah Reddit, Diigo, StumbleUpon, dan sebagainya.

5. Share

Share media sosial ialah jenis media sosial yang memfasilitasi kita guna saling berbagi file, video, music, dan file lainnya. Contoh share media sosial ialah YouTube, Instagram, Pinterest, Flickr, dan sebagainya.

6. Microblog

Microblog ialah jenis media sosial yang memungkinkan pemakai lebih bebas dalam mengekspresikan sesuatu. Contoh microblog ialah Twitter, Plurk, Pownce, dan sebagainya.

7. Virtual Game World

Virtual game world ialah jenis media sosial berupa dunia permainan virtual dimana pemakai dapat muncul dalam format avatar-avatar yang diharapkan dan bisa berinteraksi dengan orang beda selayaknya di dunia nyata. Contoh virtual game world ialah WarCraft, Clash of Clans, PUBG, dan sebagainya.

Nah itulah pembahasan tentang pengertian media sosial beserta definisi, jenis-jenis, fungsi, ciri-ciri, dan contohnya. Media sosial memang tak dapat dipisahkan dari kehidupan insan sekarang. Untuk tersebut kita mesti manfaatkan sesuai keperluan masing-masing.                        

Posting Komentar untuk "Pengertian Media Sosial | Definisi, Ciri-Ciri, Fungsi, Jenis-Jenis, Contoh"