Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Observasi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan Secara Umum


Dunia-Pendidik.Com -  Cara observasi yang sangat efektif ialah melengkapinya dengan pedoman pemantauan seperti bentuk atau blangko pengamatan, yang dibentuk mengandung item-item mengenai kejadian atau tingkah laku yang dicerminkan akan terjadi.
 

Adapun orang yang mengerjakan pengamatan dinamakan pengamat. Tujuan observasi dilakukan ialah untuk menemukan data dan informasi yang diperlukan dalam suatu penelitian.

Pengertian Observasi


Definisi Observasi Secara Umum

Pengertian observasi secara umum ialah sebuah pemantauan atau kegiatan yang dilaksanakan untuk memahami sesuatu dari sebuah gejala yang didasari pada pengetahuan dan usulan yang bertujuan untuk mendapat  informasi-informasi berhubungan dengan suatu gejala atau peristiwa yang telah atau sedang terjadi dilingkungan.

Proses dalam menemukan informasi-informasi tadi mestilah objektif, nyata serta bisa dipertanggung jawabkan. Observasi pun didefinisikan sebagai suatu proses pemantauan dan pendaftaran secara sistematis tentang gejala-gejala yang diteliti.

 

Pengertian Observasi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan Secara Umum

 

Dengan demikian definisi observasi secara etimologi ialah proses untuk menyaksikan dan menyimak suatu objek tertentu guna mendapat data dan informasi yang dibutuhkan.


Arti Observasi Berdasarkan keterangan dari KBBI


Pengertian observasi menurut keterangan dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah sebagai berikut:

  •     Observasi – peninjauan secara cermat.
  •     Mengobservasi – memantau dengan teliti, mengamati.


Pengertian Observasi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Selain definisi secara umum, para berpengalaman dan pakar mempunyai pandangan dan pendapat yang berbeda-beda dalam mendefinisikan apa tersebut observasi. Berikut ini adalah pengertian observasi menurut keterangan dari para berpengalaman secara lengkap.


Berdasarkan keterangan dari Hanna Djumhana

Definisi observasi ialah suatu cara ilmiah yang sampai waktu ini masih menjadi lokasi utama dalam ilmu pengetahuan pengalaman serta masih mendapat pernyataan dari dunia riset karya ilmiah sebagai cara yang sering dipakai dalam mengerjakan pengumpulan data.

Berdasarkan keterangan dari Patton

Observasi ialah sebuah cara yang akurat dan spesifik dalam mengerjakan pengumpulan data serta mempunyai tujuan menggali informasi tentang segala pekerjaan yang sedang dilangsungkan untuk dijadikan objek kajian dalam suatu penelitian.

Berdasarkan keterangan dari Sudjana

Arti observasi ialah metode evaluasi yang sering dipakai untuk mengukur sebuah proses dan tindakan pribadi dalam suatu peristiwa yang sedang diamati.


Berdasarkan keterangan dari Arifin (2011)

Pengertian observasi ialah suatu proses pemantauan dan pendaftaran secara sistematis, logis, objektif dan rasional mengenai sekian banyak  fenomena, baik dalam kondisi yang sebetulnya maupun dalam situasi produksi untuk menjangkau tujuan tertentu.

Berdasarkan keterangan dari Basrowi (2012)

Observasi didefinisikan sebagai sebuah teknik yang dilaksanakan dengan teknik mengadakan pemantauan secara dianalisis serta pendaftaran secara sistematis.

Berdasarkan keterangan dari Sevilla (1993)

Observas atau pemantauan dalam istilah sederhana ialah proses dimana peneliti atau pengamat menyaksikan situasi penelitian. Metode ini paling sesuai dipakai dalam riset yang mencakup pengamatan situasi atau interaksi belajar mengajar, tingkah laku bermain anak-anak dan interaksi kelompok.

Berdasarkan keterangan dari Nurkancana (1986)

Pengertian observasi ialah suatu teknik untuk menyelenggarakan penilaian dengan jalan menyelenggarakan pengamatan secara langsung dan sistematis. Data-data yang didapatkan dalam observasi itu disalin dalam suatu daftar observasi. Kegiatan pendaftaran dalam urusan ini ialah adalahbagian daripada pekerjaan pengamatan.

Berdasarkan keterangan dari Burhan

Pengertian observasi merupakan keterampilan seseorang dalam melakukan pekerjaan pengamatan melewati hasil kerja dari di antara panca indra yakni mata serta ditolong oleh panca indra lainnya.

Berdasarkan keterangan dari Karl Welck

Definisi observasi adalahpencatatan, pemilihan, penyusunan, penandaan, penggantian dari serangkaian proses tingkah laku dan keadaan yang mempunyai hubungan dengan organisasi tertentu.

Berdasarkan keterangan dari Kartono

Arti observasi ialah proses studi terhadap sesuatu yang digarap dengan sadar dan sistematis yang membicarakan mengenai gejala atau kejadian sosial dan psikis melewati pengamatan dan pencatatan.

Berdasarkan keterangan dari Sugiyono

Observasi dalam makna sempit ialah suatu proses riset dengan meneliti situasi serta situasi dari bahan pengamatan. Teknik observasi laksana ini sangat sesuai digunakan untuk mengerjakan penelitian tentang proses pembelajaran, sikap dan perilaku, dan lainnya.

Berdasarkan keterangan dari Gibson, R.L dan Mitchell. M.H

Observasi ialah teknik yang dapat dipergunakan guna menyeleksi derajat dalam menilai keputusan dan konklusi terhadap orang beda yang diamati. Pengamatan laksana ini tidak dapat dilakukan sendiri, mesti ditolong dengan metode riset yang lainnya.

Berdasarkan keterangan dari Gall dkk

Pengertian observasi ialah sebuah metode pendataan data dan informasi yang dilaksanakan melalui pemantauan lingkungan dan tingkah laku baik secara individu maupun umum.

Berdasarkan keterangan dari Supriyati (2011)

Pengertian observasi ialah suatu teknik untuk mengoleksi data riset dengan memiliki sifat dasar naturalistik yang dilangsungkan dalam konteks natural, pelakunya berpartisipasi secara lumrah dalam interaksi.

Berdasarkan keterangan dari Riduwan (2004)

Pengertian observasi adalahteknik pendataan data, dimana peneliti mengerjakan pengamatan secara langsung ke objek riset untuk menyaksikan dari dekat pekerjaan yang dilakukan.


Berdasarkan keterangan dari Alwasih

Arti observasi ialah sebuah riset atau pemantauan sistematis dan terencana yang diniati guna perolehan data yang dikontrol validitas dan realibitasnya.

Berdasarkan keterangan dari Bungin

Pengertian observasi menurut keterangan dari Bungin ialah metode pendataan data yang dipakai untuk menghimpun data penelitian melewati pengamatan dan pengindraan.

Berdasarkan keterangan dari Nasution

Observasi ialah dasar seluruh ilmu pengetahuan. Para ilmuwan melulu dapat bekerja menurut data, yaitu kenyataan mengenai dunia fakta yang didapatkan melalui observasi.

Berdasarkan keterangan dari Syaodih

Arti observasi ialah teknik yang dipakai atau teknik yang dipakai untuk mengoleksi data dengan jalan menyelenggarakan pengamatan terhadap pekerjaan yang telah berlangsung.
Jenis-Jenis Observasi

Ada sejumlah macam-macam observasi laksana yang diterangkan oleh Marie Jahoda. Berikut ini adalah jenis-jenis observasi secara umum.

1. Observasi Sistematik

Observasi sistematik adalahjenis observasi yang dilaksanakan dengan teknik menyiapkan kerangka terlebih dahulu. Observasi jenis ini disebut pun sebagai observasi berkerangka.

2. Observasi Eksperimental

Observasi eksperimental adalahjenis observasi yang diselenggarakan dengan teknik uji coba, sampai-sampai situasi sengaja diciptakan menyerupai situasi asli sampai-sampai observasi tidak diketahui maksudnya.


Kelebihan dan Kekurangan Observasi

Suatu pemantauan atau observasi mempunyai sejumlah keunggulan dan kelemahan tertentu. Berikut ini adalahpenjelasan mengenai apa saja keunggulan dan kelemahan observasi.
Kelebihan Observasi

  • Dapat menulis hal-hal, perilaku pertumbuhan, dan sebagainya pada masa-masa kejadian itu dilangsungkan atau sewaktu perilaku tersebut terjadi.
  • Dapat mendapat  data dari subjek secara langsung, baik yang bisa berkomunikasi secara verbal ataupun tidak.


Kelemahan Observasi

  • Diperlukan masa-masa yang lama untuk mendapat  hasil dari sebuah kejadian.
  • Pengamatan terhadap suatu gejala yang dilangsungkan lama, tidak dapat dilaksanakan secara langsung.
  • Adanya kegiatan-kegiatan yang tidak barangkali diamati, contohnya kegiatan-kegiatan yang sehubungan dengan hal-hal yang sifatnya individu dan personal.


Demikianlah pembahasan tentang pengertian observasi menurut keterangan dari para berpengalaman dan definisinya secara umum beserta jenis-jenis, keunggulan dan kekurangannya. Semoga dapat menjadi referensi dan meningkatkan wawasan pengetahuan.                       

Posting Komentar untuk "Pengertian Observasi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli dan Secara Umum "