Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Populasi | Definisi, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, dan Contohnya


Dunia-Pendidik.Com - Apa tersebut populasi? Istilah populasi memang memiliki sejumlah makna dan definisi, tergantung konteks pembahasan. Populasi mempunyai penjabaran istilah dalam bidang kependudukan, statistik dan penelitian sampai dalam bidang sains dan biologi.

Kita tentu tidak jarang mendengar istilah populasi. Dalam ilmu kependudukan, populasi dipakai untuk mengindikasikan jumlah warga di sebuah wilayah atau negara. Misalnya populasi warga Indonesia tahun 2010 menjangkau lebih dari 200 juta, dan sebagainya.

Namun populasi juga dapat digunakan dalam konteks lain. Dalam ilmu statistika, populasi ditujukan guna mengacu pada borongan obyek riset yang bakal diteliti. Kebalikannya ialah sampel, yang adalah sebagian dari populasi yang karakteristiknya dipakai untuk penelitian.

Ada tidak sedikit definisi populasi tergantung arti dan konteksnya. KBBI dan para berpengalaman juga mempunyai pendapat yang berbeda-beda berhubungan apa yang dimaksud dengan populasi ini. Untuk tersebut dalam tulisan ini akan dijabarkan lengkap definisi populasi dalam sekian banyak  bidang.

Pengertian Populasi | Definisi, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, dan Contohnya

Pengertian Populasi

Di bawah ini akan dijabarkan apa saja definisi populasi, baik menurut keterangan dari KBBI, pengertian secara umum serta menurut keterangan dari para ahli.


Arti Populasi Berdasarkan keterangan dari KBBI

Pengertian populasi menurut keterangan dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dapat diartikan dalam 4 pengertian antara beda yaitu:

  • Seluruh jumlah orang atau warga di sebuah daerah
  • Jumlah orang atau individu yang memiliki ciri-ciri yang sama
  • Jumlah penghuni, baik insan maupun makhluk hidup lainnya pada sebuah satuan ruang tertentu
  • Sekelompok orang, benda, atau urusan yang menjadi sumber pemungutan sampel; suatu kelompok yang mengisi syarat tertentu yang sehubungan dengan masalah penelitian


Definisi Populasi Secara Umum

Pengertian populasi secara umum ialah sekumpulan warga atau jumlah penghuni di sebuah daerah. Hal ini dapat meliputi sekian banyak  bidang konteks dan bidang, laksana ilmu kependudukan, ilmu biologi sampai ilmu statistika guna bahan penelitian.

Pengertian populasi dalam ilmu biologi dapat ditafsirkan sebagai sekumpulan pribadi dengan ciri-ciri yang sama (spesies) yang hidup di lokasi yang sama dan memiliki keterampilan bereproduksi salah satu sesamanya. Definisi ini dipakai dalam bidang sains dan biologi.

Sedangkan definisi populasi dalam ilmu statistika dapat ditafsirkan sebagai jumlah borongan dari satuan-satuan atau individu-individu yang ciri dan karakteristiknya berkeinginan diteliti.

Dalam ilmu kependudukan, populasi ditafsirkan sebagai jumlah insan yang menduduki suatu distrik atau negara. Hal ini sehubungan dengan sensus penduduk, yang tujuannya untuk memahami populasi sebuah negara. Istilah ini lumayan umum diketahui sebab bersingunggan langsung dengan masyarakat.

Jika diringkas secara singkat, maka pengertian populasi yang merangkum semua konteks ialah suatu himpunan objek (manusia, mahluk hidup lainnya, gejala, benda atau peristiwa) yang memiliki ciri khas sama dan berada di lokasi yang sama.


Pengertian Populasi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Berikut akan dibicarakan apa saja definisi dan pengertian populasi menurut keterangan dari pendapat para berpengalaman dan pakar.

Berdasarkan keterangan dari Ismiyanto

Pengertian populasi menurut keterangan dari Ismiyanto ialah keseluruhan subjek atau totalitas subjek riset yang bisa berupa manusia, benda, sebuah hal yang di dalamnya dapat didapatkan dan atau dapat menyerahkan informasi (data) penelitian.

Berdasarkan keterangan dari Margono S. (2004)

Definisi populasi menurut keterangan dari Margono S. adalah seluruh data yang menjadi pusat perhatian seorang peneliti dalam ruang lingkup dan masa-masa yang sudah ditentukan.

Berdasarkan keterangan dari Djarwanto (1994)

Populasi ialah jumlah borongan dari satuan-satuan atau individu-individu yang karakteristiknya berkeinginan diteliti.

Berdasarkan keterangan dari Netra (1976)

Definisi populasi menurut keterangan dari pendapat Netra ditafsirkan sebagai keseluruhan pribadi yang mempunyai sifat general atau umum yang mempunyai ciri khas yang ingin sama.

Berdasarkan keterangan dari Zuriah (2009)

Arti populasi bisa didefinisikan sebagai semua data yang menjadi perhatian peneliti dalam sebuah ruang lingkup dan masa-masa yang sudah ditentukan.

Berdasarkan keterangan dari Sugiyono (2005)

Pengertian populasi menurut keterangan dari Sugiyono ialah suatu distrik yang sifatnya general yang terdiri dari subjek ataupun objek dengan ciri khas tertentu.

Berdasarkan keterangan dari Mohammad Nazir

Definisi populasi menurut keterangan dari Nazir ialah sekumpulan pribadi dengan kualitas dan karakter yang sudah diputuskan oleh peneliti, dimana karakter tersebut disebut sebagai variabel.

Berdasarkan keterangan dari Howel (2011)

Definisi populasi menurut keterangan dari Howel ialah sebagai kelompok dan peristiwa dimana anda tertarik dengan peristiwa tersebut.

Berdasarkan keterangan dari Suharsimi Arikunto (1998)

Arti populasi didefinisikan sebagai borongan subjek riset atau jumlah borongan dari sebuah sampel yang adalah sumber data yang paling penting.

Berdasarkan keterangan dari Widiyanto (2010)

Populasi ditafsirkan oleh Widiyanto sebagai suatu kumpulan atau kelompok objek atau objek yang bakal digeneralisasikan dari hasil penelitian.

Berdasarkan keterangan dari Sabar (2007)

Populasi ialah keseluruhan objek penelitian. Jika seseorang hendak meneliti seluruh elemen yang terdapat dalam distrik penelitian, maka penelitiannya adalahpenelitian populasi atau studi populasi atau studi sensus.

Berdasarkan keterangan dari Nursalam (2003)

Berdasarkan keterangan dari Nursalam, pengertian populasi ditafsirkan sebagai borongan dari varuabel yang mencantol masalah yang diteliti.

Berdasarkan keterangan dari Furchan (2004)

Pengertian populasi adalah suatu objek, borongan anggota sekelompok orang, organisasi, atau kelompok yang sudah dirumuskan oleh peneliti dengan jelas.

Berdasarkan keterangan dari Hartono (2011)
 

 Penelitian melulu dapat dilaksanakan pada populasi yang terhingga saja.

Berdasarkan keterangan dari Husaini Usman (2006)

Populasi ialah semua nilai baik hasil perhitungan maupun pengukuran, baik kualitatif maupun kuantitatif dari ciri khas tertentu mengenai kumpulan objek yang menyeluruh dan jelas.

Berdasarkan keterangan dari Riduan dan Tita Lestari

Populasi bisa juga ditafsirkan sebagai borongan dari ciri khas atau unit hasil pengukuran yang menjadi objek penelitian.

Ciri-Ciri Populasi

Berikut adalah ciri-ciri dan ciri khas populasi dalam ruang lingkup biologi dan statistika.

Lingkup Biologi

  • Terdapat sebuah organisasi dan struktur organisasi yang mempunyai sifat konstan maupun yang ketidaktetapan sesuai waktu.
  • Memiliki sebuah sejarah kehidupan (ontogenetik) mulai dari lahir, tumbuh, berdiferensiasi, menjadi tua, dan mati.
  • Terpengaruh oleh akibat lingkungan dan bisa merespon evolusi lingkungan.
  • Terdapat sebuah hereditas di dalamnya.
  • Terintegrasi pada sekian banyak  faktor genetik dan ekologi (kemampuan adaptasi, reproduksi, dan persistensi).


Lingkup Statistik

  • Kepadatan atau ukuran besarnya sebuah populasi termasuk sekian banyak  parameter utama ini diprovokasi oleh kelahiran dan kematian.
  • Sebaran sebuah populasi diprovokasi oleh persebaran sebuah objek tertentu, situasi iklim dan cuaca, struktur, dan usia objek tersebut.
  • Populasi ini juga diprovokasi oleh komposisi genetik
  • Terdapat dispersi, yaitu sebuah sebaran pribadi intra populasi.

Jenis-Jenis Populasi

Berdasarkan Jumlah Populasi

  • Populasi terbatas, yakni sumber data yang relatif bisa dihitung jumlahnya sebab batasannya jelas secara kuantitatif. Contohnya ialah data ibu hamil di kota Surabaya pada bulan Juli 2018.
  • Populasi tak terbatas, yakni sumber daya yang tidak dapat ditetapkan dalam format jumlah sebab tidak ada jumlah batasan. Contohnya ialah jumlah orang yang terpapar penyakit flu di Indonesia.


Berdasarkan Sifat Populasi

  • Populasi homogen, yakni jenis populasi dimana unsurnya memiliki sifat yang sama sampai-sampai jumlahnya secara kuantitatif tidak butuh dipermasalahkan.
  • Populasi heterogen, yakni jenis populasi dimana unsurnya ada sifat yang bervariasi sampai-sampai harus diputuskan batasan-batasan secara kuantitafif dan kualitatif.


Berdasarkan Perbedaan Lain


  •     Populasi target, yakni jenis populasi yang sudah ditentukan cocok dengan masalah penelitian.
  •     Populasi survei, yakni jenis populasi yang terliput dalam riset yang bakal dilaksanakan.


Perbedaan Populasi dan Sampel

Dalam ilmu statistika, istilah populasi dan sampel tidak jarang digunakan. Keduanya mempunyai perbedaan yang lumayan signifikan yang mesti diacuhkan sebelum mengerjakan penelitian. Berikut definisi populasi dan sampel beserta perbedaan lengkapnya.

Pengertian Populasi dan Sampel
 

Dan satuan-satuan tersebut disebut unit analisis, dan bisa berupa orang-orang, institusi-institusi, benda-benda, dan sebagainya.

Sedangkan sampel ialah sebagian dari populasi yang karakteristiknya berkeinginan diteliti. Sampel yang baik, yang kesimpulannya bisa dikenakan pada populasi, ialah sampel yang mempunyai sifat representatif atau yang bisa menggambarkan ciri khas populasi. Sampel pun disebut sebagai contoh.

Dalam penelitian, tidak barangkali kita menganalisis keseluruhan data populasi. Hal ini sebab akan memakan tidak sedikit waktu, tenaga, dan biaya. Untuk tersebut kita lumayan meneliti sampel dari populasi tersebut, asalkan teknik pemungutan sampelnya tepat dan dapat merepresentasikan borongan populasi.

Kesimpulannya, kita mengerjakan penelitian dengan data sampel, dengan harapan supaya hasil riset tersebut dapat dipakai sebagai generalisasi untuk keseluruhan populasi.

Nah itulah ulasan referensi tentang pengertian populasi beserta ciri-ciri, jenis-jenis, dan contohnya. Dijelaskan pun apa itu pengertian populasi dalam bidang sains dan biologi, kependudukan serta statistika dan penelitian, berhubungan perbedaan populasi dan sampel.

Posting Komentar untuk "Pengertian Populasi | Definisi, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, dan Contohnya"