Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Toleransi | Definisi, Manfaat, Macam-Macam, dan Contohnya


Dunia-Pendidik.Com - Apa itu makna toleransi? Istilah toleransi tentu tidak jarang kita dengar dan kita pakai dalam pembicaraan sehari-hari, khususnya dalam kaitannya dengan perbedaan agama, ras atau suku.

Dalam bahasa Inggris, kata tolerance berarti membiarkan, mengakui dan menghormati kepercayaan orang beda tanpa persetujuan. Sedangkan dalam bahasa Arab, istilah toleransi merujuk pada kata tasamuh yang berarti saling memperbolehkan atau saling memudahkan.

Berdasarkan keterangan dari bahasa, makna toleransi ialah menahan diri, bersikap sabar, tidak mempedulikan orang berpendapat bertolak belakang dan berhati lapang terhadap orang-orang yang mempunyai pendapat berbeda.

Toleransi terjadi dan berlaku sebab ada perbedaan prinsip, pemikiran, dan memuliakan perbedaan atau prinsip orang beda tanpa mesti mengorbankan prinsip dan pemikiran sendiri. Sikap toleransi ini sangat urgen dan perlu dipunyai oleh tiap pribadi atau kumpulan dalam masyarakat supaya terjalin hubungan sosial yang baik dan mententramkan. Tanpa adanya sikap toleransi, masyarakat akan sulit untuk bersatu dan bakal muncul sekian banyak  masalah dan konflik sosial.

 

Pengertian Toleransi | Definisi, Manfaat, Macam-Macam, dan Contohnya

Pengertian Toleransi

Berikut akan dibicarakan pengertian dan pengertian toleransi baik secara umum, menurut keterangan dari KBBI maupun menurut keterangan dari pendapat semua ahli.


Definisi Toleransi Secara Umum

Pengertian toleransi secara umum ialah suatu sikap saling memuliakan dan menghargai antar kumpulan atau pribadi dalam masyarakat atau dalam lingkup kehidupan lainnya, yaitu sikap guna menghargai dan memuliakan perbedaan yang terdapat antar sesama manusia.

Wujud toleransi dapat dilakukan dengan memberi kemerdekaan kepada pribadi atau kumpulan lain guna menjalankan keyakinannya, menata hidupnya sampai menilai nasibnya masing-masing, asalkan masih dalam koridor yang tidak berlawanan dengan kriteria-syarat terciptanya ketertiban dan kedamaian dalam masyarakat.

Toleransi juga dapat diartikan sebagai sebuah sikap menghargai dan melepaskan orang beda (kelompok) untuk berasumsi dan mengerjakan hal yang tidak sependapat atau sama dengan anda tanpa mengerjakan intimidasi terhadap orang atau kumpulan tersebut.


Arti Toleransi Berdasarkan keterangan dari KBBI

Pengertian toleransi menurut keterangan dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) merupakan:

  •     Sifat atau sikap toleran.
  •     Batas ukur untuk peningkatan atau pengurangan yang masih diperbolehkan.
  •     Penyimpangan yang masih dapat diterima dalam pengukuran kerja.


Sedangkan definisi toleran menurut keterangan dari KBBI ialah bersifat atau bersikap menenggang (menghargai, membiarkan, membolehkan) pendirian (pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan, dan sebagainya) yang bertolak belakang atau berlawanan dengan pendirian sendiri.


Pengertian Toleransi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Selain definisi secara umum, terdapat beberapa berpengalaman dan pakar yang mempunyai definisi bertolak belakang mengenai apa tersebut tolerasi. Berikut ini adalahpengertian toleransi menurut keterangan dari para berpengalaman secara lengkap.

Berdasarkan keterangan dari Dewan Ensiklopedi Indonesia

Arti toleransi dalam aspek sosial, politik, adalahsuatu sikap tidak mempedulikan orang untuk memiliki suatu kepercayaan yang berbeda. Selain tersebut menerima pengakuan ini sebab sebagai pernyataan dan memuliakan hak asasi manusia.

Berdasarkan keterangan dari Ensiklopedi American

Toleransi mempunyai makna paling terbatas. Ia berkonotasi menyangga diri dari pelanggaran dan penganiayaan, meskipun demikian, ia menunjukkan sikap tidak setuju yang tersembunyi dan seringkali merujuk untuk sebuah situasi dimana kemerdekaan yang di perbolehkannya mempunyai sifat terbatas dan bersyarat.

Micheal Wazler (1997)

Arti toleransi menurut keterangan dari pandangan Michael Wazler dapat ditafsirkan sebagai keniscayaanya dalam ruang pribadi dan ruang public sebab salah satu destinasi toleransi ialah membangun hidup damai di antara sekian banyak  perbedaan latar belakang sejarah, kebudayaan dan identitas.

Berdasarkan keterangan dari Djohan Efendy

Definisi toleransi ialah sikap menghargai terhadap kemajemukan. Dengan kata lain, sikap ini tidak hanya untuk mengakui eksitensi dan hah-hak orang lain, bahkan lebih dari itu, tercebur dalam usaha memahami dan mengetahui adanya kemajemukan.


Contoh Toleransi

Contoh sikap toleransi secara umum dapat anda jumpai dalam kehidupan keseharian dan barangkali sering saya dan anda lakukan juga. Berikut merupakan sejumlah contoh toleransi dalam kehidupan sehari-hari.

  • Menghargai perbedaan antar pemeluk agama.
  • Menghargai pendapat dan pemikiran orang atau kumpulan lain yang bertolak belakang dari kita.
  • Membiarkan orang beda menganut kepercayaannya.
  • Ketika terdapat orang salah dalam menggarap sesuatu, tidak anda hina dan caci maki.
  • Saling tolong membantu untuk kemanusiaan tanpa memandang suku, agama atau rasnya.


Manfaat Toleransi

Toleransi memiliki tidak sedikit fungsi dan manfaat untuk kerukunan dan ketentraman masyarakat. Berikut merupakan sejumlah manfaat toleransi untuk masyarakat secara umum.

  •     Menciptakan keharmonisan dalam hidup bermasyarakat.
  •     Menghadirkan rasa kekeluargaan antar sesama..
  •     Menghindari friksi dan konflik sosial yang barangkali terjadi sebab adanya perbedaan.
  •     Mengendalikan ego masing-masing pribadi atau kumpulan tertentu.
  •     Memunculkan rasa kasih sayang satu sama lainnya.
  •     Menciptakan sebuah kedamaian, ketenangan dan rasa aman dalam lingkungan masyarakat.


Macam-Macam Toleransi

Secara umum, toleransi dipisahkan menjadi 3 (tiga) jenis utama, yaitu toleransi agama, toleransi budaya, dan toleransi politik.

  1. Toleransi agama, yaitu sikap toleransi yang saling menghargai antar umat beragama yang bertolak belakang agama dan keyakinan.
  2. Toleransi budaya, yaitu sikap toleransi yang saling menghargai kebiasaan orang beda tanpa memandang rendah kebiasaan tersebut.


Demikianlah referensi definisi toleransi secara umum dan menurut keterangan dari para berpengalaman lengkap beserta manfaat, macam-macam dan contohnya. Semoga dapat menjadi referensi dalam memahami makna toleransi.

Posting Komentar untuk "Pengertian Toleransi | Definisi, Manfaat, Macam-Macam, dan Contohnya"