Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Visi dan Misi | Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Penjelasan

Dunia-Pendidik.Com - Visi dan tujuan adalah dua urusan yang sering disamakan, walau sebenarnya dua-duanya mempunyai makna yang berbeda. Visi dan tujuan kerap dipakai dalam suatu organisasi atau perusahaan serta pada ketika kontestasi pemilihan calon kepala negara atau kepala wilayah sebagai visi tujuan pribadi.

Visi ditafsirkan sebagai destinasi perusahaan, organisasi atau lembaga serta apa saja urusan hal yang mesti dilaksanakan untuk menjangkau tujuan itu pada masa yang bakal datang.

Sedangkan definisi misi ialah pernyataan mengenai apa yang mesti digarap oleh perusahaan, organisasi atau lembaga dalam usaha guna mewujudkan sebuah visi yang sudah dibuat. Misi menjadi tujuan, latar belakang dan dalil mengapa perusahaan atau lembaga tersebut dibuat.

Visi dan tujuan memang sering disamakan, padahal dua-duanya memiliki makna dan arti yang paling berbeda. Ada sejumlah hal-hal fundamental yang menjadi hal perbedaan antara visi dan misi, contohnya dari jangka masa-masa atau orientasi visi dan tujuan tersebut.

 

Perbedaan Visi dan Misi | Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Penjelasan

Perbedaan Visi dan Misi


Berikut akan dibicarakan apa saja perbedaan visi dan tujuan menurut definisinya, fungsinya, jangka waktunya, sifatnya, orientasinya serta jumlah kalimatnya.

1. Berdasarkan keterangan dari Definisinya

Definisi visi ialah gambaran besar, destinasi utama dan cita-cita sebuah perusahaan, instansi, individu atau organisasi di masa depan. Sedangkan tujuan didefinisikan sebagai penjabaran atau langkah-langkah yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi tersebut.

2. Berdasarkan keterangan dari Fungsinya

Visi bermanfaat sebagai suatu cerminan dan rencana tentang masa mendatang pada sebuah organisasi. Sedangkan misi bermanfaat sebagai suatu teknik yang mesti dilaksanakan dengan destinasi untuk menjangkau visi.

3. Berdasarkan keterangan dari Jangka Waktunya

Visi mempunyai sifat jangka panjang, yang dengan kata lain baru dapat dicapai dalam masa-masa yang lama. Sedangkan misi mempunyai sifat jangka pendek atau dapat dilaksanakan segera sesudah misi dibuat.

4. Berdasarkan keterangan dari Sifatnya

Visi mempunyai sifat umum, dengan kata lain visi diciptakan dengan hal-hal yang mempunyai sifat mendasar. Hal ini bertolak belakang dengam tujuan yang mempunyai sifat lebih rinci atau khusus, serta memuat poin-poin yang lebih spesifik.

5. Berdasarkan keterangan dari Orientasinya

Visi diciptakan dengan orientasi untuk masa mendatang atau masa yang bakal datang untuk keberlangsungan sebuah perusahaan. Sedangkan misi diciptakan dengan orientasi guna masa sekarang atau suasana yang ada ketika ini juga.

6. Berdasarkan keterangan dari Jumlah Kalimatnya

Visi umumnya melulu terdiri dari satu deret kalimat saja yang padat dan jelas. Hal ini bertolak belakang dengan tujuan yang terdiri dari sebanyak kalimat, poin-poin atau pengakuan yang menjadi penjabaran dari apa yang tertera dalam visi.

Nah itulah referensi tentang perbedaan visi dan tujuan beserta definisi dan penjelasannya lengkap.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Visi dan Misi | Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Penjelasan"