Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Integrasi Nasional di Indonesia Beserta Faktor dan Contohnya


Dunia-Pendidik.Com - Integrasi nasional ialah proses membulatkan perbedaan yang terdapat pada sebuah negara sampai-sampai tercipta keutuhan secara nasional. Untuk dapat mewujudkan terciptanya integrasi nasional, terdapat sejumlah faktor dan kriteria-syarat yang mesti dipenuhi, tergolong adanya kesadaran dari semua elemen masyarakat.

Adapun pengertian dan definisi integrasi nasional secara umum ialah suatu usaha atau proses untuk membulatkan perbedaan yang terdapat pada sebuah negara sampai-sampai terciptanya keserasian dan keselarasan secara nasional. Integrasi nasional urgen dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan di suatu negara.

Di Indonesia, konsep integrasi nasional pun telah dijalankan dari dulu. Apalagi menyaksikan latar belakang kependudukan Indonesia yang begitu pelbagai suku dan budayanya, yang menciptakan pewujudan integrasi nasional menjadi urgen dan mutlak untuk membuat kerukunan.

Namun integrasi nasional tidak gampang untuk diwujudkan. Dibutuhkan partisipasi dan kontribusi dari semua lapisan masyarakat untuk dapat mewujudkannya. Hal ini pun jadi di antara syarat terwujudnya integrasi nasional, di samping adanya aturan serta nilai dan norma yang disepakati.

Syarat Integrasi Nasional di Indonesia Beserta Faktor dan Contohnya

Syarat Integrasi Nasional

Berikut adalah kriteria utama terwujudnya proses integrasi nasional di Indonesia beserta hal pembentuk, hal penghambat, dan penjelasannya.

1. Adanya kesadaran masyarakat

Syarat utama terciptanya integrasi nasional ialah adanya kesadaran anggota masyarakat bahwa diperlukan hubungan satu dengan yang lain supaya dapat memenuhi keperluan mereka. Integrasi nasional memang hanya dapat diwujudkan dengan kontribusi seluruh elemen masyarakat.

2. Kesepakatan tentang aturan dan pedoman

Syarat selanjutnya ialah terciptanya kesepakatan antar masyarakat tentang norma-norma dan nilai-nilai sosial yang dilestarikan dan dijadikan menjadi sebuah pedoman. Setiap masyarakat mesti setuju dengan aturan-aturan yang telah diciptakan sebagai pedoman kehidupan.

3. Adanya nilai dan norma yang berlaku

Integrasi nasional pun dapat terwujud dengan adanya norma-norma dan nilai-nilai sosial yang dijadikan aturan yang baku dalam menggelar proses integrasi sosial. Nilai dan norma ini menjadi urgen sebagai aturan yang berlaku dalam masyarakat.


Faktor Pembentuk Integrasi Nasional

  • Timbulnya perasaan senasib dan seperjuangan sebagai sebuah bangsa guna menjangkau suatu tujuan
  • Keinginan yang powerful dari masyarakat guna bersatu dalam motivasi perjuangan yang sama
  • Timbulnya kebiasaan gotong royong di kalangan masyarakat
  • Sebagai wujud pemaknaan dari ideologi nasional yang sudah disepakati bersama-sama
  • Adanya rasa cinta tanah air dan bangsa
  • Mengantisipasi potensi ancaman dari luar yang barangkali datang


Faktor Pembentuk Integrasi Nasional

  •     Kondisi masyarakat Indonesia yang paling beranekaragam suku, agama, ras, dan budayanya
  •     Wilayah geografis Indonesia yang luas dan terpisah pulau-pulau
  •     Kurang meratanya pembangunan di sekian banyak  daerah pelosok
  •     Kuatnya paham etnosentrisme yang hanya ekstrem terhadap suku bangsanya masing-masing
  •     Budaya pribumi yang makin tergerus sebab masuknya kebiasaan asing
  •     Masuknya ancaman asing dari luar yang dapat mengakibatkan terjadinya disintegrasi nasional


Nah itulah referensi kriteria-syarat integrasi nasional beserta faktor-faktor dan penjelasannya. Integrasi nasional memang dapat diwujudkan andai ada kesadaran dari tiap masyarakat serta adanya nilai dan norma yang berlaku dan disepakati semua pihak.                        

Posting Komentar untuk "Syarat Integrasi Nasional di Indonesia Beserta Faktor dan Contohnya"